Seru, 5 Permainan yang Tak Lekang Waktu Ini Masih Memiliki Penggemar

Masih ingatkah Anda dengan 5 permainan seru yang tak lekang waktu ini?

oleh Adinda Tri Wardhani diperbarui 27 Feb 2018, 08:15 WIB
Diterbitkan 27 Feb 2018, 08:15 WIB
catur
Ilustrasi main catur (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang ingat dengan serial TV Stranger Things? Bertema tahun 80an, mini seri ini menjadikan permainan board game sebagai awal mula cerita. Saat ini banyak sekali board game baru yang bermunculan, lebih menantang dan membutuhkan strategi khusus untuk para pemainnya.

Namun perlu kita ketahui, selain untuk mengasah otak, permainan board game juga dapat membantu Anda atau anak-anak istirahat sejenak dari gadget.

Dilansir dari cashbac, berikut beragam permainan yang masih diminati dan banyak penggemarnya dari dulu hingga kini. Penasaran?

1. Catur

Catur adalah salah satu permainan board game tertua dan terpopuler yang pernah ada, bahkan dijadikan sebagai salah satu cabang olahraga. Catur sendiri sudah ada dari abad ke-6 dan pertama kali dikenal di India dengan nama chaturanga, namun baru pada abad ke-19 peraturan catur dibakukan. Saat ini catur sendiri mengalami berbagai modifikasi dan semakin modern, beberapa diantaranya adalah: grand chess yang memiliki 100 kotak, hexagonal chess dengan bentuk papan segi enam, hingga double chess yang memiliki 192 kotak.

2. Monopoli

Permainan yang satu ini tidaklah membutuhkan keahlian khusus dan termasuk mudah untuk dimainkan. Permainan Monopoli sendiri memiliki sejarah yang cukup panjang, dimulai dari tahun 1904 ketika seorang berkebangsaan Amerika membuat sebuah permainan untuk memperlihatkan dampak yang buruk dari sistem monopoli. Namun baru tahun 1910 permainan monopoli diproduksi secara luas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Ular Tangga

Ular tangga
Ilustrasi main ular tangga (iStockphoto)

Ini adalah salah permainan satu board game yang makin seru jika dimainkan beramai-ramai karena satu-satunya hal yang Anda butuhkan untuk permainan ini hanya keberuntungan. Dalam sebuah permainan ular tangga, biasanya akan ada 100 kotak-kotak yang harus dilewati oleh setiap pemain. Ular tangga sendiri diciptakan sejak tahun 1870 di India dan awalnya dimainkan oleh para bangsawan.

 


4. Scrabble

scrabble
Ilustrasi scrabble (iStockphoto)

Scrabble merupakan permainan yang tak hanya membutuhkan strategi, namun juga dapat melatih otak Anda karena dibutuhkan penguasaan kata yang luas. Kata yang dibentuk dengan biji-biji huruf harus ada dalam kamus. Scrabble sendiri awalnya diciptakan di tahun 1938, namun baru 10 tahun kemudian nama Scrabble dipatenkan.

5. Othello

Terlihat sederhana karena hanya ada sebuah papan dan biji-biji berwarna hitam dan putih, namun ternyata othello tidak semudah yang Anda bayangkan. Othello sendiri sebenarnya memiliki sejarah yang cukup panjang, diciptakan pertama kali di tahun 1883 dan dikenal dengan nama riversi, namun baru pada tahun 1971 nama othello diperkenalkan di Jepang.

Saat ini board game klasik sendiri memiliki berbagai penyesuaian. Tidak hanya memiliki bentuk dan peraturan baru, board game klasik juga sudah bisa dimainkan dalam bentuk video game yang lebih interaktif. Namun sensasi bermain langsung dengan papan memang tidak bisa tergantikan. Untuk dapat bermain aneka board game seperti Citadels, Battlestar Galactica, This War of Mine, hingga Cities of Splendor bisa Anda mainkan di Games on Cafe yang berada di daerah Gading Serpong. Serunya, Anda bisa memilih board game favorit yang bisa dimainkan gratis tanpa batasan waktu.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya