Cerita Akhir Pekan: Aktivitas Tak Biasa yang Bisa Dilakukan di Taman

Taman memiliki fungsi sosial, banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di taman. Apa saja aktivitas tersebut?

oleh Komarudin diperbarui 03 Mar 2019, 10:00 WIB
Diterbitkan 03 Mar 2019, 10:00 WIB
20151129-Taman Suropati-Jakarta-Angga Yuniar
Pengunjung menikmati suasana bersama keluarga di Taman Suropati, Jakarta, Minggu (29/11/2015). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Meski makin banyak bermunculan, keberadaan sebuah taman seperti belum diminati banyak orang, termasuk masyarakat perkotaan. Tak sedikit orang yang berusaha melepas lelah atau berekreasi di pusat-pusat perbelanjaan atau mal.

Boleh jadi, banyak orang yang tak mengetahui makna taman. Padahal, keberadaan sebuah taman sangat penting yang bisa digunakan untuk kesenangan dan kegembiraan, baik di taman rumah atau pun taman kota.

Sebagai ruang terbuka hijau, kehadiran taman dapat meningkatkan kenyamanan dan memperindah lingkungan sekitar atau fungsi estetik, sebuah taman mempunyai fungsi sosial.

Fungsi sosial taman tersebut di antaranya, sebagai media komunikasi warga kota, tempat rekreasi, juga sebagai wadah dan objek pendidikan, penelitian, dan pelatihan dalam mempelajari alam.

Berikut sejumlah aktivitas seru yang bisa dilakukan di taman.


Aktivitas Seru

Masuk Dalam Rencana Revitalisasi, Ini Kondisi Taman Puring
Warga beraktivitas di area Taman Puring , Jakarta, Jumat (11/1). Tahun 2019, Pemprov DKI Jakarta berencana merevitalisasi lima taman, salah satunya Taman Puring di Jakarta Selatan. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Olahraga

Taman yang hijau dengan udara yang sejuk ini sangat sebagai tempat olahraga. Di saat kota penuh dengan polusi, taman jadi salah satu tempat yang sejuk yang bisa dilakukan untuk berolahraga bersama keluarga. Beberapa di antaranya lari, bersepeda, senam, dan lain-lain.

Belajar Kelompok

Keberadaan taman juga bisa digunakan sebagai tempat untuk belajar kelompok. Taman bisa menjadi salah satu tempat yang menarik untuk mencari suasana lain saat belajar kelompok. Selain dapat menghirup udara segar, di taman juga bisa jadi tempat untuk mencari inspirasi.

Arisan Keluarga

Tak hanya tempat belajar kelompok, taman juga bisa berfungsi sebagai tempat untuk melakukan kegiatan arisan keluarga. Di taman tersebut bisa lebih santai untuk bertukar pikiran dengan suasana yang sejuk dan pepohonan yang rindang.

Tempat Pernikahan

Keberadaan taman juga bisa Anda dijadikan tempat untuk melangsungkan pernikahan. Beberapa waktu lalu, Taman Langsat di Kebayoran Baru, sempat dijadikan lokasi pernikahan. Kondisi pepohonan yang terawat dan natural membuat suasana pernikahan terasa sangat romantis.

Bermain Musik

Taman juga bisa dijadikan tempat untuk pertunjukkan musik. Jika biasanya bermain musik di ruang ruang tertutup, taman bisa dijadikan alternatif. Beberapa waktu lalu, Mariah Carey sempat manggung di Taman Lumbini, Kompleks Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, awal November 2019.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya