Dukung UMKM Kuliner Sambut Lebaran, Blue Band Selenggarakan Grand Demo

Blue Band selenggarakan Grand Demo: Inspirasi Blue Band Master dengan tema Cita Rasa Lokal untuk para pelaku UMKM bidang kuliner.

oleh Cahyu pada 07 Mei 2019, 06:00 WIB
Diperbarui 09 Mei 2019, 03:13 WIB
Blue Band
Chef ternama di dunia baking, Yongki Gunawan, dan baker andal Blue Band, Chef Siswanto Wibisono, membekali lebih dari 360 pelaku UMKM kuliner asal Jabodatabek dengan ide-ide resep kue terkini untuk menyambut Lebaran dalam Grand Demo: Inspirasi Blue Band Master bertema Cita Rasa Lokal (19/11/2019).

Liputan6.com, Jakarta Kehadiran Industri Kecil dan Menengah (IKM) di bidang kuliner terus menggeliat di Indonesia. Jumlahnya pun kian bertambah, terutama menjelang Hari Raya Idul Fitri (Lebaran). Dilansir dari kemenperin.go.id, saat menjabat Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian, Euis Saedah, mengatakan bahwa pada 2018, pelaku industri makanan dan minuman mencapai 30 persen dari total empat juta IKM yang ada. Menurutnya, jumlah pelaku industri makanan meningkat 50 persen menjelang Lebaran.

Keberadaan IKM ataupun Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bidang kuliner tersebut perlu mendapat dukungan dari berbagai pihak agar dapat  terus berkembang. Salah satu pihak yang telah menunjukkan dukungan adalah PT Upfield Indonesia yang kini merupakan pemegang merek Blue Band.

Dalam rangka menyambut Lebaran 2019, PT Upfield Indonesia menyelenggarakan Grand Demo: Inspirasi Blue Band Master dengan tema Cita Rasa Lokal, di Hotel Ciputra Jakarta. Para tim baker ahli Blue Band yang dipimpin langsung oleh Chef Siswanto Wibisono, memberikan inspirasi resep kue terkini kepada lebih dari 360 pelaku UMKM kuliner asal Jabodetabek yang hadir.

"Upfield menyelenggarakan Grand Demo sebagai bagian dari komitmen kami dalam membangun UMKM di Indonesia. Kami berupaya untuk terus memperkenalkan beragam inovasi resep bagi pelaku kuliner, terutama mereka yang telah setia menggunakan Blue Band dalam usaha mereka. Kami berharap kegiatan ini dapat mendorong para baker dan pengusaha kuliner untuk terus menawarkan menu-menu kue pilihan berkualitas unggul kepada masyarakat," ujar Marketing Director Upfield, Wilya Suwito, dalam keterangan tertulisnya.

Sebagai puncak acara, Grand Demo menghadirkan bintang tamu baker ternama, Yongki Gunawan. Dari koki yang sudah berpengalaman sebagai ahli resep baking selama hampir 40 tahun ini lah para peserta dapat belajar langsung, antara lain, cara membuat Klepon Coconut Cake dan Onde-Onde Cake. Sepanjang Grand Demo, para pelaku UMKM pun bersemangat bertanya tentang tips mengembangkan usaha kuliner dari kedua chef tersebut.

"Sebagai pelaku UMKM, beranikan untuk masuk ke pasar menengah ke atas dengan menawarkan menu-menu kue premium," ujar Chef Yongki.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Blue Band
Dari 12 menu unggulan Blue Band, Klepon Coconut Cake yang tengah viral di kalangan masyarakat ini diilhami lezatnya Klepon, cemilan “jadul” nan lezat khas Indonesia. (foto: dok. Blue Band)

Chef Yongki juga mendorong para pelaku UMKM untuk memperkenalkan kue-kue khas Indonesia. Menurutnya, banyak camilan dan kue khas Indonesia dari zaman dahulu yang enak dan lezat. Tak ketinggalan, dirinya juga sedikit berbagi tips tentang cara membuat kue “kekinian”, yang diilhami camilan 'jadul' lezat.

"Pada saat memilih bahan, terutama margarin, jangan pernah mengorbankan rasa demi menekan biaya. Bagi saya, karena rasanya yang sudah melekat di Indonesia, Blue Band 'harga mati' untuk membuat kue 'jadul'. Kurang lengkap rasanya jika membuat kue 'jadul' khas Indonesia tanpa Blue Band yang sudah melekat dan akrab di lidah kita," ucap Yongki.

Wilya menambahkan, camilan khas Indonesia seperti onde-onde dapat menarik minat para milenial kalau disajikan secara modern. Misalnya, di-twist jadi berupa cake.

"Kesempurnaan lapisan atas kue berkat Blue Band Master White Cream Fat dan filling kacang hijau khas onde-onde tentu akan menggugah minat para milenial yang selalu ingin mengikuti tren. Milenial merupakan sasaran kami. Mereka lahir dari para ibu yang telah menggunakan produk Blue Band selama hampir delapan dekade keberadaan kami di Indonesia," ujarnya.

Selain kue khas Indonesia, Blue Band juga mendorong para pelaku UMKM untuk menawarkan menu puff pastries. Misalnya, Curry Puff yang memanfaatkan aroma dan kekhasan rasa Blue Band Master Cake Margarine, juga Blue Band White Cream Fat untuk kerenyahan kulit. Atau, Pineapple Strudel yang menggunakan Blue Band Gold Margarine untuk adonannya.

Sementara itu untuk kue kering, Blue Band membagikan resep Double Cheese Cookies dan Cheese Coconut Cookies. Total, terdapat 12 menu unggulan yang diperkenalkan Blue Band dalam Grand Demo, lengkap dengan resep yang memanfaatkan rangkaian produk Blue Band dan produk-produk unggulan Upfield lainnya, seperti Minyak Samin Cap Onta dan minyak goreng semi solid Frytol.

Grand Demo Inspirasi Blue Band Master tahun ini hadir di tiga kota, yaitu Jakarta (22 April), Solo (27 April), dan Makassar (2 Mei). Kegiatan ini menargetkan kehadiran 1.200 pelaku usaha kuliner. Grand Demo ini juga menjadi puncak dari serangkaian kegiatan Baking Demo yang menyasar para baker dan pelaku usaha kuliner di Indonesia.

Pendukung setia pelaku usaha kuliner

Blue Band merupakan merek margarin pertama yang menyelenggarakan program Baking Demo di Indonesia. Berawal pada 1983, kegiatan rutin ini tidak hanya menjangkau pelaku usaha kuliner pengguna setia Blue Band, tetapi juga mereka yang baru dan ingin merasakan khasiat produk pada menu mereka.

Menjelang hari raya, baik Lebaran maupun Natal,  Baking Demo akan sangat bermanfaat bagi para pelaku usaha yang membutuhkan ide untuk menciptakan menu yang mereka pasarkan baik dari mulut ke mulut, media sosial (Facebook dan Instagram), maupun toko-toko, dari yang berskala kecil sampai menengah. Pada 2019 saja, Blue Band mengadakan Baking Demo berupa 100 program berskala kecil bagi 30-50 peserta.

Blue Band
Para peserta Grand Demo dengan antusiasme tinggi berguru tips mengembangkan usaha kuliner dalam kegiatan yang dipersembahkan oleh PT Upfield Indonesia. (foto: dok. Blue Band)

Para pelaku kuliner yang belum berkesempatan ikut Grand Demo atau pun Baking Demo, dapat memanfaatkan media sosial. Blue Band telah meluncurkan akun Instagram @blueband.kitchenmaster yang khusus menyediakan berbagai tips, trik, promo, dan program terkini untuk memantapkan usaha kuliner para anggota komunitas.

Melalui kehadirannya di Indonesia, Blue Band tumbuh bersama para pelaku UMKM kuliner dan berkomitmen untuk berperan aktif dalam mendukung pengembangan usaha mereka, baik dari yang beskala besar, sedang, maupun kecil.

 

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya