Big Bad Wolf Beralih ke Online, Buku Apa yang Paling Laris?

Big Bad Wolf selama ini terkenal dengan image bazar buku yang digelar secara besar-besaran dalam format offline.

oleh Dinny Mutiah diperbarui 24 Jun 2020, 10:05 WIB
Diterbitkan 24 Jun 2020, 10:03 WIB
Bazar Buku Terbesar Big Bad Wolf 2019 di Tangerang
Pegunjung memadati bazar buku Big Bad Wolf 2019 di ICE BSD City, Tangerang, Minggu (3/3). Bazar buku terbesar yang dibuka mulai 1 - 11 Maret menghadirkan 5,5 juta buku terbaru. (merdeka.com/Arie Basuki)

Liputan6.com, Jakarta - Big Bad Wolf, event bazar buku impor yang diklaim terbesar di Indonesia kembali digelar. Lantaran pandemi Covid-19, format gelaran tahun ini beralih ke online, tidak lagi menempati hall besar yang didatangi banyak orang.

Berkolaborasi dengan Tokopedia, bazar buku online tersebut pertama kali dilangsungkan pada 27 April 2020. Program tersebut digelar untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia.

Menurut Indeks Aktivitas Literasi Membaca (Alibaca) yang disusun Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud) pada 2019, rata-rata indeks Alibaca nasional berada di titik 37,3 persen yang tergolong rendah. Riset tersebut juga mengungkap bahwa penyebab rendahnya Alibaca itu salah satunya adalah akses minim terhadap buku.

AVP of Business Tokopedia, Jessica Stephanie Jap, mengatakan kolaborasi ini merupakan momen pertama Big Bad Wolf menggandeng perusahaan teknologi di Indonesia. Ia mengatakan, antuasiasme konsumen untuk berbelanja buku secara online terbilang tinggi selama periode bazar pertama pada 27 April--3 Mei 2020.

Sejumlah temuan menarik didapatkan dari penyelenggaraan bazar pertama, yakni ada tiga jenis buku yang paling laris.

"Buku anak, novel, dan buku hobi jadi kategori buku paling populer selama penjualan," kata Jessica dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Selasa, 23 Juni 2020.

Karena beralih ke online, konsumen yang bisa dijangkau Big Bad Wolf juga lebih luas. Beberapa contoh pembelian dan pengiriman terjauh antara lain ke Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Barat, bahkan Papua.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


Digelar Kembali

Big Bad Wolf Beralih ke Online, Buku Apa yang Paling Laris?
Big Bad Wolf. (dok. Tokopedia/Dinny Mutiah)

Melihat antusiasme yang tinggi, Big Bad Wolf kembali menghadirkan Bazar Buku Online Big Bad Wolf keduanya di Tokopedia mulai dari 24--30 Juni 2020. Tokopedia mengatakan, jumlah buku yang dijual lebih banyak dan punya berbagai nilai tambah lainnya.

Presiden Direktur Big Bad Wolf Indonesia, Uli Silalahi menyatakan, "Kami sangat mengapresiasi kolaborasi eksklusif dengan Tokopedia untuk menghadirkan kembali Bazar Buku Online Big Bad Wolf. Inisiatif ini sejalan dengan misi kami untuk membantu masyarakat Indonesia mendapat akses luas terhadap pilihan bacaan bermutu tanpa harus keluar rumah, sekaligus meningkatkan minat baca."

Bazar Buku Big Bad Wolf menjanjikan diskon menarik hingga 90 persen. Berdasarkan pantauan Liputan6.com, mayoritas buku anak dijual di bawah Rp100 ribu dengan potongan harga rata-rata 60--70 persen. Ada pula sederetan jurnal dengan sampul lucu-lucu.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya