2 Kandungan Alami yang Bantu Atasi Rambut Megar

Ekstrak avokad dan minyak biji anggur terbukti menjadi kandungan serum terpenting dalam mengatasi rambut megar.

oleh Liputan6.com diperbarui 03 Nov 2020, 07:02 WIB
Diterbitkan 03 Nov 2020, 07:02 WIB
10 Cara Mengatasi Rambut Kasar dan Megar yang Bisa Dilakukan di Rumah
Atasi Rambut Megar, Dua Kandungan Alami Ini Wajib Ada dalam Serum Rambut Anda (c) Shutterstock

Liputan6.com, Jakarta - Masalah kesehatan rambut sering kali mengganggu penampilan dan aktivitas sehari-sehari. Dari sederet masalah, kondisi rambut megar juga bisa membuat kurang percaya diri saat harus bertemu dengan orang lain atau tampil di depan umum.

Hal ini kerap kali terjadi, terutama saat harus memenuhi kewajiban work from home selama di keadaan pandemi yang ternyata terasa jauh lebih sibuk dibandingkan saat bekerja di kantor. Belum lagi bagi para ibu rumah tangga yang juga harus melakukan pekerjaan rumah dan mengasuh anak.

Kesibukan sehari-hari akhirnya menyebabkan kegiatan merawat diri, termasuk kesehatan rambut pun tak jarang tertunda. Pada akhirnya, masalah rambut yang dialami pun tak kunjung teratasi. Maka, sangat dibutuhkan produk perawatan rambut yang tepat, mudah diaplikasikan, dan tak lupa memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan dan peremajaan rambut.

Masalah rambut megar misalnya, sesungguhnya dapat diatasi dengan mudah apabila menggunakan produk perawatan atau serum yang tepat pula. Ada dua bahan alami yang sebenarnya dapat berfungsi baik untuk mengatasi rambut megar yang sedang Anda hadapi.

Kedua kandungan itu adalah ekstrak buah avokad (avocado) dan minyak biji anggur (grapeseed oil). Keduanya penting bagi pertumbuhan rambut yang lebih lembut, sehat, serta tidak mudah megar, seperti yang ada dalam kandungan Deep Smooting Serum dari produk Biolage.

"Dengan kandungan avocado dan grapeseed oil, serum ini ditujukan untuk semua jenis rambut, dan juga dapat melindungi rambut dari panas catokan atau hair dryer agar rambut tidak kering," jelas Candra Suyatno, Technical Manager Biolage Indonesia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Avokad

Ilustrasi Avokad
Ilustrasi buah Avokad (dok. Pexels/Foodie Factor)

Melansir Healthline.com, Sabtu, 31 Oktober 2020, avokad memiliki sifat yang sangat melembabkan dan menutrisi karena mengandung minyak alami dan asam lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal (lemak baik) di dalamnya. Meskipun minyak ini dapat bermanfaat untuk semua jenis rambut, minyak ini sangat berguna terutama untuk rambut kering dan dehidrasi.

Buah ini juga kaya vitamin yang dapat menutrisi kulit kepala dan membantu rambut tampak sehat, berkilau, dan terhidrasi. Avokad diketahui merupakan salah satu sumber biotin yang baik. Anda mungkin pernah mendengar bahwa kandungan biotin membantu pertumbuhan rambut dan kuku.  

Sebuah studi pada 2015 menemukan bahwa mineral dalam minyak avokad, termasuk kalium dan magnesium, dapat menutup sel kutikula, yang mana membantu rambut terlihat halus dan berkilau serta mencegahnya mudah patah. Meskipun belum ada banyak studi klinis tentang efek avokad pada rambut, minyak nabati telah terbukti membantu melindungi rambut dari kerusakan, dan asam lemak terbukti dapat mengurangi minyak dan meningkatkan kualitas rambut secara keseluruhan.


Minyak Biji Anggur

minyak biji anggur
Minyak biji anggur diekstrak dari biji anggur. Minyak biji anggur pernah menjadi rahasia tersembunyi dari banyak produk kosmetik tradisional

Minyak yang diekstrak dari biji anggur terbukti mengandung asam linoleat, mengutip Healthline.com. Asam lemak khusus ini diperlukan untuk memastikan organ utama kita berfungsi baik. Namun, asam linoleat tidak bisa diproduksi tubuh sendiri sehingga harus diasup dari luar. Jika tidak mendapatkannya dalam jumlah yang cukup, dapat menyebabkan rambut rontok, sekaligus keringnya kulit kepala dan rambut.

Studi menunjukkan bahwa minyak nabati seperti minyak sawit, minyak argan Maroko, minyak kacang, dan minyak biji anggur semuanya mengandung unsur pelembab alami. Beberapa orang menggunakannya untuk membantu mengatasi rambut kusut dan mengunci hidrasi kulit kepala. Selain itu, manfaat tambahannya adalah sebagai salah satu minyak paling ringan, sehingga mampu melembabkan tanpa membebani rambut atau membuatnya berminyak, selebihnya justru membuat rambut tampak lebih berkilau.

Minyak biji anggur juga diklaim mengandung antioksidan yang berguna menetralkan dan menghentikan kerusakan akibat radikal bebas. Dengan begitu, ia bisa melindungi rambut dari berbagai masalah mulai dari kerapuhan dan kerusakan, hingga rambut rontok dan beruban. Kandungannya juga dapat mengatasi ketombe akibat kulit kepala yang mengering. (Brigitta Valencia Bellion)

Banner Infografis 6 Cara Aman Buang Masker Sekali Pakai. (Liputan6.com/Abdillah)
Banner Infografis 6 Cara Aman Buang Masker Sekali Pakai. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya