Mitos Pohon Uang yang Tumbuh di Kebun Raya Cibodas

Pohon uang atau Pachira aquatica Aubl yang tumbuh di Cibodas bisa jadi untuk bahan pembuat roti.

oleh Komarudin diperbarui 26 Nov 2021, 19:56 WIB
Diterbitkan 21 Mei 2021, 06:30 WIB
Pachira atau pohon uang
Pachira atau pohon uang mempunyai mitos tersendiri dan pohon ini bisa ditemukan di Kebun Raya Cibodas (dok.instagram/@lipiindonesia/https://www.instagram.com/p/CNytmMkD9JO/Komarudin)

Liputan6.com, Jakarta - Pernah mendengar nama Pachira atau pohon uang? Bagi yang belum, bisa berkunjung ke Kebun Raya Cibodas sekalian berekreasi.

"Pachira aquatica Aubl. adalah nama latin money tree atau dikenal dengan sebutan “pohon uang”. Di Indonesia pohon ini populer dengan nama pohon pachira," tulis akun Instagram @lipiindonesia, belum lama ini.

Secara fisik, pohon tersebut, terutama pada bagian daunnya, pada usia di bawah satu tahun, mirip tanaman singkong. ⁣ Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan dan bisa tumbuh baik di Kebun Raya Cibodas.

"Pachira disebut pohon uang, karena pohon ini memiliki mitos sebagai pohon pembawa rezeki bagi pemiliknya, juga sebagai simbol kemakmuran dan kesejahteraan," lanjut akun tersebut.

Pachira memiliki kacang yang tumbuh dalam polong kayu yang cukup besar dengan panjang kurang lebih 15 cm, berwarna cokelat muda, bergaris putih sekitar 2--3cm.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Buat Bahan Roti

Pachira atau pohon uang
Pachira atau pohon uang yang bisa jadi bahan roti ini bisa dapat ditemukan di Kebun Raya Cibodas (dok.instagram/@lipiindonesia/https://www.instagram.com/p/CNytmMkD9JO/Komarudin)

Buahnya dapat langsung dimakan mentah atau digoreng terlebih dahulu lalu dinikmati seperti cemilan sambil minum secangkir kopi. Buah dapat digiling seperti tepung sebagai bahan untuk membuat roti.

Pachira banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias dengan batang yang bisa dikepang seperti bonsai. Penanamannya tidak memerlukan biaya besar, sama seperti kita menanam cabai atau bawang merah. Selama masa tanam, tidak memerlukan pemupukan atau penyemprotan insektisida.

Unggahan tersebut menarik perhatian warganet. Ada yang mengaku penasaran dengan perbedaan kualitas tepungnya. "Penasaran beda kualitas tepung yg dihasilkan dari penggilingan buahnya dengan tepung2 roti yg ada," tanya warganet.


Infografis Awas Lonjakan Covid-19 Libur Lebaran

Infografis Awas Lonjakan Covid-19 Libur Lebaran
Infografis Awas Lonjakan Covid-19 Libur Lebaran (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya