Uncle Roger Kritisi Daftar Negara dengan Makanan Terlezat di Dunia 2022, Heran Makanan Inggris Lebih Enak dari Kuliner Malaysia

Setuju dengan Uncle Roger, tidak sedikit pengguna yang juga memperingatkan peringkat Indonesia dalam daftar negara dengan makanan terlezat di dunia tahun 2022 versi TasteAtlas.

oleh Asnida Riani diperbarui 05 Jan 2023, 19:02 WIB
Diterbitkan 05 Jan 2023, 19:02 WIB
Kuliner Malaysia
Nasi Kandar, kuliner khas Malaysia. (dok. Instagram @a1bistromy/https://www.instagram.com/p/CRvQN_BF2ti/)

Liputan6.com, Jakarta - Pada 30 Desember 2022, TasteAtlas, sebuah panduan perjalanan seputar kuliner berbasis di Kroasia, melansir daftar negara dengan makanan terlezat di dunia pada 2022. Peringkat ini pun dikomentari Nigel Ng Kin-ju alias Uncle Roger, komika Malaysia yang terkenal akan komentar nyelenehnya tentang makanan.

Dalam sebuah kicauan di akun Twitter-nya, Rabu, 4 Januari 2023, ia menulis, "Bagaimana bisa peringkat makanan Inggris di atas Malaysia? Apakah Jamie Oliver (chef asal Inggris) membuat daftar ini?" Cuitan ini kemudian disetujui tidak sedikit banyak warganet, bahkan pengguna asal Indonesia turut membela tanah airnya yang "hanya berada di peringkat ke-16."

Seorang pengguna berkomentar, "Kenapa Indonesia berada di urutan ke-16 ketika kami memiliki rendang, nasi goreng, dan sate yang dinominasikan sebagai makanan terlezat di dunia? Belum lagi mi instan kami adalah yang terbaik!"

Ada juga yang menulis, "Dan mengapa Amerika Serikat berada di peringkat ke-8!? Apa sebenarnya masakan Amerika atau apa sebenarnya yang bisa mereka buat yang tidak bisa dilakukan negara lain dengan lebih baik?" "Masakan AS tidak lain adalah segala sesuatu dari seluruh dunia, tapi berporsi sangat besar," cibir yang lain.

"Kenapa peringkat fish and chips di atas nasi lemak?" yang lain mempertanyakan, sementara yang lain terkejut dengan berkicau, "Fish and chips berperingkat di atas nasi kandar?" Pengguna lain mengutarakan keraguannya bahwa orang yang membuat daftar tersebut pernah mencicipi kuliner Malaysia.

"Sebagai orang asing, mencicipi makanan Malaysia, dan Asia Tenggara secara umum, mengubah palet makan saya sepenuhnya. Saya tidak mau kembali pada mi tanpa bumbu atau kentang dengan hanya satu rasa," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2 Wakil Asia Tenggara

resep
ilustrasi Dumpling Sup/copyright Pexels

Ada juga pengguna yang menyoroti bahwa TasteAtlas bahkan tidak memasukkan masakan Inggris di daftar 50 teratas sajian terlezat di dunia. "Tapi mereka hanya mengenal bakpao dan pangsit untuk masakan Cina HAIYAA," katanya.

Narasi serupa diungkit warganet lain, menulis, "Mengapa Thailand berada di urutan ke-30, tapi kao soi jadi makanan terlezat di urutan pertama????"

Dalam daftar 20 besar negara dengan makanan terlezat di dunia tahun 2022, hanya Indonesia dan Vietnam jadi wakil Asia Tenggara, masing-masing di posisi ke-16 dan ke-20. Melansir situs webnya, peringkat teratas dalam daftar adalah masakan Italia, Yunani, dan Spanyol dengan makanan lezat yang dilindungi secara nasional, seperti parmigiano reggiano, zaitun kalamata, dan jamón ibérico.

Masakan Kanada, Latvia, Maroko, dan Norwegia "secara kontroversial," menurut Hypebeast, berada di urutan terbawah dari daftar 95 entri, meski menawarkan poutine, tajine ayam, dan salmon Norwegia. Menariknya, masakan AS berada di peringkat delapan dalam daftar, mengalahkan masakan Prancis dan China, meski memiliki pandangan kuliner yang luas.

Indonesia mantap memimpin kawasan Asia Tenggara dengan bertengger di peringkat ke-16, mencatat skor 4,37 yang membuatnya seri dengan Jerman di posisi ke-15. TasteAtlas merekomendasikan tidak kurang dari 224 makanan Indonesia dan 412 lokasi kuliner yang tersebar di berbagai wilayah.

 


20 Besar dalam Daftar

Kuliner Jakarta
Soto Lamongan Jaya Agung, kuliner Jakarta. (Liputan6.com/Asnida Riani)

Makanan yang direkomendasikan antara lain satai, sambal, soto, acar, tempe, bakso, dan ayam goreng. Sementara, produk makanannya termasuk durian, kecap manis, lengkuas, bawang goreng, serundeng, geplak, dan kopi gayo Aceh.

Daftar minuman favorit versi TasteAtlas adalah bandrek, bajigur, sekoteng, kopi joss, teh talua, dan kopi terbalik. Soal lokasi kuliner, rekomendasinya antara lain Warung Mak Beng (Sanur, Bali), 1945 Restaurant (Jakarta Pusat), Lapo Marpadotbe (Jakarta Timur), Soto Kadipiro (Bantul), dan Soto Ayam Cak To (Surabaya).

Berikut adalah 20 besar dalam daftar Negara dengan Makanan Terlezat di Dunia 2022 versi TasteAtlas, dengan hanya ada dua wakil Asia Tenggara dalam peringkat tersebut:

1. Italia (4,72)

Rekomendasi makanannya antara lain parmigiano reggiano, prosciutto toscano, nduja, risotto ai funghi porcini, dan pesto genovese.

2. Yunani (4,69)

Sajian dalam skor terbaiknya, termasuk kalamata, fystiki aeginas, rodakina naoussas, saganaki, dan dakos.

3. Spanyol (4,59)

Makanan jagoannya, seperti jamón 100% ibérico de bellota, jamón ibérico de bellota, manchego curado, espetos, dan gambas à la plancha.

4. Jepang (4,59)

Rekomendasi kulinernya antara lain ikura, kobe beef, ramen noodles, karaage, dan bento.

5. India (4,54)

Sajian primadonanya termasuk garam masala, ghee, malai, butter garlic naan, dan keema.

 


6. Meksiko (4,53)

keju sehat
ilustrasi keju dalam kuliner Meksiko. /Photo by Aliona Gumeniuk on Unsplash

Chinantla vanilla, oaxaca cheese, cajeta, carnitas, dan chilaquiles masuk dalam rekomendasi makanannya.

7. Turki (4,52)

Kuliner jagoannya termasuk kaymak, afyon sucuġu, aydın i̇nciri, cağ kebabı, dan bal kaymak.

8. Amerika Serikat (4,51)

Honeycrisp apples, wild alaska salmon, florida oranges, texas brisket sandwich, dan central texas-style barbecue jadi rekomendasi kulinernya. 

9. Prancis (4,51)

Mont d'or, rochebaron, aïoli, steak au poivre, dan crème brûlée termasuk kuliner yang jadi jagoan di Prancis.

10. Peru (4,51)

Rekomendasi kulinernya antara lain cocona, aji amarillo, algarrobina, leche de tigre, dan ceviche mixto.

11. China (4,49)

Lychee, soy sauce, rice vermicelli, guotie, dan cha siu bao merupakan kuliner primadona di China.

12. Brasil (4,49)

Canastra, açaí berries, queijo de coalho, picanha, dan pão de queijo masuk dalam rekomendasi makanannya.

13. Portugal (4,47)

Kuliner jagoannya termasuk queijo serra da estrela, queijo de azeitão, presunto, pastel de belém, dan amêijoas à bulhão pato.

14. Polandia (4,44)

Bundz, kiełbasa myśliwska staropolska, polędwica, sernik, dan kapusta zasmażana ada di antara kuliner rekomendasinya.

15. Jerman (4,37)

Düsseldorfer mostert, beelitzer spargel, spätzle, regensburger wurst, dan käsespätzle adalah sedikit dari ratusan kuliner yang direkomendasikan.

16. Indonesia (4,37)

Rekomendasi sajiannya antara lain lengkuas, bawang goreng, kecap manis, nasi padang, dan ayam goreng.

17. Kroasia (4,33)

Istarsko ekstra djevičansko maslinovo ulje, baranjski kulen, slavonski kulen, viška pogača, dan zapečeni štrukli adalah sedikit rekomendasinya.

18. Argentina (4,33)

Rekomendasinya termasuk Argentine beef, provoleta, centolla fueguina, provoleta, dan parrilla.

19. Korea (4,31)

Gochujang, doenjang, kimchijeon, baechu-kimchi, dan tteokbokki termasuk dalam rekomendasi makanannya.

20. Vietnam (4,31)

Rekomendasi kulinernya antara lain phú quốc fish sauce, dragon fruit from phan thiết, bánh phở, nước chấm, dan bánh mì heo quay.

Infografis 7 Penyebab Sampah Makanan
Infografis 7 Penyebab Sampah Makanan. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya