Top 3 Berita Hari Ini: 6 Fakta Menarik Costa Rica, Negara di Amerika Tengah yang Memiliki Kota Penyihir

Top 3 Berita Hari Ini, fakta menarik Costa Rica, restoran Salt Bae sepi pengunjung dan ASEAN jadi episentrum penyelenggara event internasional.

oleh Henry diperbarui 03 Feb 2023, 22:42 WIB
Diterbitkan 03 Feb 2023, 22:05 WIB
Costa Rica
Taman Nasional Volcan Irazu, Provinis Cartago, Costa Rica. (dok. unsplash @alexip718)

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 Berita Hari Ini Costa Rica dikenal dengan nama resmi sebagai Republik Kosta Rika yang menyatakan kemerdekaannya 1821 dengan beberapa negara Amerika Tengah. Pada 1838, Kosta Rika mendapatkan kemerdekaan sepenuhnya usai lepas dari Republik Federal Amerika Tengah.

Costa Rica merdeka dari Spanyol yang telah menjajah sejak 1502, sewaktu pertama ditemukan oleh Christopher Columbus. Di utara, Costa Rica berbatasan dengan negara Nikaragua, sementara di sisi timur laut berbatasan dengan Laut Karibia

Negara berbentuk republik kesatuan multipartai dengan satu lembaga legislatif dengan kepala negaranya adalah seorang presiden. Berita kedua yang paling banyak diminati adalah tentang video yang viral di TikTok setelah memperlihatkan suasana restoran steak milik Salt Bae di New York.

Pria itu pergi ke restoran pada Jumat, 27 Januari 2023, untuk mencoba makanan kreasi koki terkenal itu. Ketika membuka pintu bagian depan, Simon mendapati restoran tersebut sepi pengunjung, hanya dua atau tiga meja yang terisi oleh pelanggan. Kemudian, dia juga merekam menara minuman yang sulit dijangkau untuk kenyamanan.

Setelah membuka buku menu Nusr-Et, dia kaget melihat daftar harga yang mahal. Berita ketiga yang paling banyak menarik perhatian adalah tentang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengajak negara-negara di kawasan ASEAN mendorong penyelenggaraan event skala internasional. Menurutnya, hal ini jadi pemicu kebangkitan ekonomi karena akan menciptakan lapangan kerja.

Hal tersebut diungkap Menparekraf saat meresmikan konferensi internasional Southeast Asia Business Event Forum (SEABEF) 2023 di Yogyakarta, baru-baru ini. SEABEF 2023 akan membahas isu-isu pengembangan Meeting, Incentive, Conference, Exhibition (MICE), khususnya di masa pemulihan pandemi di Asia Tenggara.

Bertajuk "Fostering Southeast Asia Business Event Approaching the Post-Pandemic Era," secara garis besar ada tiga isu utama di SEABEF tahun ini. Simak bahasan ketiga berita dalam Top 3 Berita Hari Ini berikut ini.

6 Fakta Menarik Costa Rica, Negara di Amerika Tengah yang Memiliki Kota Penyihir

 

Costa Rica
Costa Rica menempati posisi ke-10. (Liputan6/CNBC/Getty Images)

Costa Rica dikenal dengan nama resmi sebagai Republik Kosta Rika. Kosta Rika menyatakan kemerdekaannya 1821 dengan beberapa negara Amerika Tengah setelah perang kemerdekaan Meksiko. Pada 1838, Kosta Rika mendapatkan kemerdekaan sepenuhnya usai lepas dari Republik Federal Amerika Tengah.

Mengutip dari Britannica, Jumat (3/2/2023), Costa Rica merdeka dari Spanyol yang telah menjajah sejak 1502, sewaktu pertama ditemukan oleh Christopher Columbus. Di utara, Costa Rica berbatasan dengan negara Nikaragua, sementara di sisi timur laut berbatasan dengan Laut Karibia dan sisi tenggara berbatasan langsung dengan Panama, serta sisi barat daya berbatasan dengan Samudra Pasifik

Selanjutnya…

Restoran Steak Salt Bae Terekam Sepi Pengunjung di Akhir Pekan Meski Populer di Dunia

Salt Bae koki terkenal asal Turki
Salt Bae koki terkenal asal Turki. (Dok: IG Salt Bae)

Sebuah video yang diunggah akun TikTok @simontemin menjadi viral setelah memperlihatkan suasana restoran steak milik Salt Bae di New York. Pria itu pergi ke restoran pada Jumat, 27 Januari 2023, untuk mencoba makanan kreasi koki terkenal itu.

Ketika membuka pintu bagian depan, Simon mendapati restoran tersebut sepi pengunjung, hanya dua atau tiga meja yang terisi oleh pelanggan. Kemudian, dia juga merekam menara minuman yang sulit dijangkau untuk kenyamanan.

Selanjutnya…

Sandiaga Uno Ajak Negara ASEAN Jadi Episentrum Penyelenggara Event Internasional

Menparekraf Sandiaga Uno saat membuka konferensi internasional Southeast Asia Business Event Forum (SEABEF)
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno membuka secara resmi konferensi internasional Southeast Asia Business Event Forum (SEABEF) di Hotel Grand Rohan Yogyakarta, Jumat (3/2/2023). (Dok: Biro Humas Kemenparekraf)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengajak negara-negara di kawasan ASEAN mendorong penyelenggaraan event skala internasional. Menurutnya, hal ini jadi pemicu kebangkitan ekonomi karena akan menciptakan lapangan kerja.

Hal tersebut diungkap Menparekraf saat meresmikan konferensi internasional Southeast Asia Business Event Forum (SEABEF) 2023 di Yogyakarta, baru-baru ini. SEABEF 2023 akan membahas isu-isu pengembangan Meeting, Incentive, Conference, Exhibition (MICE), khususnya di masa pemulihan pandemi di Asia Tenggara.

Selanjutnya…

 

Infografis Destinasi Wisata Urban
Wisata urban adalah wisata yang menjadikan ruang-ruang publik kota dan pengalaman hidup di perkotaan sebagai atraksi utama. (Dok: Liputan6.com/Trisyani)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya