Mengenal Coachella, Festival Musik yang Dimeriahkan BLACKPINK

BLACKPINK dijadwalkan tampil di panggung Coachella 2023 pada Sabtu, 15 April 2023 pukul 21.00 setempat atau Minggu (16/4/2023) pukul 11.00 WIB.

oleh Putu Elmira diperbarui 16 Apr 2023, 11:53 WIB
Diterbitkan 16 Apr 2023, 11:30 WIB
Blackpink
Blackpink saat tampil di Coachella Valley Music and Arts Festival, California (19/4/2019). (AFP/Rich Fury)

Liputan6.com, Jakarta - Girl group BLACKPINK menjadi salah satu penampil yang memeriahkan Coachella 2023. Festival musik ini berlangsung di Indio, California, Amerika Serikat selama dua akhir pekan, yakni 13--15 April 2023 dan 20--22 April 2023.

BLACKPINK dijadwalkan tampil di panggung Coachella 2023, tepatnya Coachella Stage, pada Sabtu, 15 April 2023 pukul 21.00 setempat atau Minggu (16/4/2023) pukul 11.00 WIB. Coachella Stage juga disemarakkan oleh penampilan dari Calvin Harris, Charli XCX, Marc Rebillet, hingga Rosalia.

Dikutip dari Good Morning America, Minggu (16/4/2023), headliner untuk festival tahun ini termasuk The Weeknd, Beyoncé, dan Eminem, yang akan tampil di kedua akhir pekan masing-masing pada Jumat, Sabtu dan Minggu. Penampil lainnya termasuk SZA dan St. Vincent (Jumat), Haim dan Post Malone (Sabtu) dan Portugal. the Man dan Cardi B (Minggu). Jadwal lengkap dapat ditemukan di situs web Coachella.

Setelah gerbang dibuka pada pukul 11 ​​pagi waktu setempat, pertunjukan akan berlangsung di beberapa panggung sepanjang festival sepanjang hari. Namun, penonton juga dapat menikmati instalasi seni berskala besar, bianglala, dan makanan dari beberapa restoran paling terkenal di negara ini.

Dikutip dari Britannica, Coachella, atau secara lengkap Coachella Valley Music and Arts Festival, festival musik tahunan yang diadakan di Empire Polo Club di Indio, California, menampilkan musik di berbagai panggung. Coachella Valley Music and Arts Festival dimulai pada Oktober 1999 sebagai festival dua hari.

Beck dan Rage Against the Machine menjadi penampil utama. Lebih dari 25.000 orang hadir, tetapi festival tersebut gagal menghasilkan uang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tentang Coachella

Poster Coachella 2023. (Coachella via Soompi)
Poster Coachella 2023. (Coachella via Soompi)

Festival musik ini diadakan hanya beberapa bulan setelah bencana Woodstock '99. Tidak jelas apakah promotor dapat menghasilkan keuntungan dari acara multistage selama akhir pekan.

Penyelenggara Coachella mengambil absen setahun dan kemudian mengembalikan festival sebagai acara satu hari pada April 2001. Perubahan bulan juga merupakan upaya untuk menghindari suhu tinggi di panas gurun.

Coachella kembali ke format dua hari pada April dan diperluas ke hari ketiga di 2010. Dua tahun kemudian acara ini menjadi acara enam hari, tersebar di dua akhir pekan berturut-turut.

Meskipun musik elektronik cenderung terwakili dengan lebih baik di Coachella daripada di festival lain, lineup telah memasukkan nama-nama teratas dalam rock, pop, dan hip-hop, dengan perpaduan antara artis pendatang baru dan established performers. Penyelenggara tetap berkomitmen untuk menjaga agar festival tetap segar, dan sangat sedikit aksi yang tampil berulang kali. Artis utama termasuk Madonna, Jay-Z, Portishead, Paul McCartney, Beyoncé, Harry Styles, Megan Thee Stallion, dan Bad Bunny.


Dihadiri Ratusan Ribu Orang

Rose Blackpink
Rose Blackpink dalam Sahara Tent pada 2019 Coachella Valley Music And Arts (12/4/2019) di Indio, California. (AFP/Rich Fury)

Reuni lainnya juga menjadi perlengkapan festival, dengan grup-grup seperti Pavement, Faith No More, the Specials, dan Iggy and the Stooges naik ke panggung untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun. Selain menikmati pertunjukan musik, pengunjung dapat melihat seni (terutama patung) dan menikmati makanan dan minuman. Pada 2010 penyelenggara membuat marah beberapa peserta dengan menghilangkan tiket satu hari demi tiket festival tiga hari penuh.

Bagaimanapun, Coachella mencetak rekor dengan menarik sekitar 75.000 orang setiap hari. Pada awal 2020-an, rata-rata kehadiran harian sekitar 125.000 orang.

Dikutip dari The Guardian, sebelumnya, BLACKPINK debut Coachella 2019 yang heboh menandai momen terobosan untuk K-pop di AS. BLACKPINK adalah grup Asia yang beranggotakan seluruh perempuan pertama yang menjadi headline.

Sejak pembentukan mereka pada 2016, Jisoo, Jennie, Lisa, dan Rosé telah mengumpulkan banyak rekaman streaming dan grafik berkat basis penggemar mereka yang setia dan masif. Minggu ini, grup tersebut melampaui Justin Bieber sebagai saluran artis yang paling banyak dilihat dalam sejarah YouTube.


Semarak Coachella

Blackpink
Blackpink saat tampil dalam YouTube Music Artist Lounge di Coachella 2019 (12/4/2019). (AFP/Roger Kisby)

"Saya pikir tampil untuk Coachella pada 2019 adalah momen yang benar-benar membangunkan kami sebagai Blackpink untuk termotivasi, untuk terus bermimpi dan bermimpi besar," kata Rosé kepada Billboard minggu ini. "Tapi kami tidak pernah mengharapkan sesuatu sebesar menjadi headliner festival yang kami semua kagumi dan berharap suatu hari nanti kami dapat menemukan diri kami di tengah keramaian."

Jisoo, yang seperti rekan satu grupnya juga tampil sebagai artis solo, berjanji bahwa set headliner grup akan "menunjukkan peningkatan kami sebagai Blackpink di atas panggung".

Sementara, pada Minggu akan membawa kembalinya Frank Ocean yang telah lama ditunggu-tunggu ke atas panggung. Penyanyi Amerika berusia 35 tahun ini belum memainkan pertunjukan langsung sejak 2017.

Inovator pop yang terkenal tertutup dan penuh teka-teki ini awalnya dijadwalkan untuk menjadi headline pada 2020 sebelum penundaan pandemi, kemudian menjadwal ulang slotnya ke 2023. Penampil utama tahun lalu adalah Harry Styles, Billie Eilish dan aksi ganda yang ditetapkan oleh Mafia Rumah Swedia dan The Weeknd setelah Ye, rapper yang sebelumnya dikenal sebagai Kanye West, keluar seminggu sebelum festival.

Infografis Konser Musik Pilihan 2023 di Indonesia
Infografis Konser Musik Pilihan 2023 di Indonesia.  (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya