YouTuber Cilik Asal Palestina Tewas akibat Serangan Israel di Gaza

Kabar duka tiada henti berdatangan dari perang yang melibatkan milisi Palestina Hamas versus Israel. YouTuber cilik bernama Awni Eldous menjadi salah satu anak Palestina yang terbunuh dalam serangan Israel di Gaza, demikian unggahan para aktivis di media sosial.

oleh Putu Elmira diperbarui 24 Okt 2023, 04:30 WIB
Diterbitkan 24 Okt 2023, 04:30 WIB
YouTuber Cilik Asal Palestina Tewas akibat Serangan Israel di Gaza
YouTuber Cilik Asal Palestina Tewas akibat Serangan Israel di Gaza (Tangkapan Layar YouTube/awni eldous)

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka tiada henti berdatangan dari perang yang melibatkan milisi Palestina Hamas versus Israel. YouTuber cilik bernama Awni Eldous menjadi salah satu anak Palestina yang terbunuh dalam serangan Israel di Gaza, demikian unggahan para aktivis di media sosial.

Dikutip dari Albawaba, Senin, 23 Oktober 2023, YouTuber yang diketahui berusia 12 tahun saat tewas, dulunya mempunyai impian besar untuk menjadi orang yang sangat terkenal. Ia bahkan membuat channel sendiri di YouTube.

Ia membuat beragam konten, termasuk soal permainan, tak lama sebelum dimulainya agresi Israel baru-baru ini di Gaza. Saat berita ini ditulis, terpantau bahwa YouTuber cilik ini memiliki lebih dari 59 ribu subscribers dengan 11 video yang dibagikan.

Sementara akun Instagram bocah ini telah diikuti lebih dari 2.700 followers. Menurut pemuda tersebut, mimpinya adalah memiliki lebih dari 100.000 followers. Namun, dia terbunuh setelah serangan Israel terbaru di Gaza.

Sejak kabar kematian Awni beredar, akun Instagramnya dipenuhi komentar duka cita. "Semoga Tuhan mengasihanimu, semoga tempat terindah di surga adalah milikmu saudaraku. 😢♥️🙏🏻," bunyi salah satu komentar.

Komentar lainnya berbunyi, "Beristirahatlah di Jannah sayang.. ini rumah terbaik untukmu.. innalillahi wainnailaihi rojiun."

Kementerian Kesehatan Gaza mengumumkan jumlah korban tewas meningkat menjadi 3.500 orang, sebagian besar adalah anak-anak dan perempuan. Pihak kementerian menambahkan bahwa 12.000 orang lainnya terluka, dengan luka yang bervariasi antara luka ringan dan besar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Israel Bombardir Masjid di Tepi Barat Palestina, Sejumlah Anggota Hamas Diklaim Tewas

Militan Palestina meluncurkan puluhan roket ke Israel
Tembakan roket diluncurkan dari beberapa lokasi di Gaza mulai pukul 06:30 pagi (0330 GMT) dan berlanjut selama hampir setengah jam, wartawan AFP melaporkan. (MAHMUD HAMS / AFP)

Dikutip dari Global Liputan6.com, Israel membombardir sebuah masjid di kamp pengungsi Jenin di Tepi Barat yang telah mereka duduki, dan petugas medis Palestina melaporkan setidaknya satu orang tewas. Militer Israel mengatakan, serangan terhadap Masjid Al-Ansar pada Minggu pagi, 22 Oktober 2023, menewaskan beberapa anggota Hamas yang diklaim telah menggunakan bangunan itu sebagai pusat komando untuk merencanakan serangan.

Para pejabat militer Israel mengatakan, mereka yang tewas mengorganisir serangan dan telah terlibat dalam beberapa serangan dalam beberapa bulan terakhir, dikutip dari Al Jazeera, Minggu, 22 Oktober 2023. Rekaman di media sosial menunjukkan kerusakan parah pada bagian luar masjid dan petugas medis bergegas ke tempat kejadian. Ada laporan penyebab yang saling bertentangan.

Mahmoud Al-Saadi, direktur Bulan Sabit Merah di Jenin, mengatakan satu orang tewas dan tiga lainnya terluka dalam serangan itu, kantor berita Palestina Wafa melaporkan. Sara Khairat Saud dari Al Jazeera, yang berada di Tepi Barat yang diduduki, mengatakan bahwa serangan itu mengejutkan warga karena relatif tidak biasa bagi Israel untuk melakukan serangan udara di wilayah Palestina.


Serangan Mengejutkan

Militan Palestina meluncurkan puluhan roket ke Israel
Roket ditembakkan dari Kota Gaza menuju Israel pada 7 Oktober 2023. (SAID KHATIB / AFP)

"Saksi mata berbicara dan mengatakan mereka melihat jet tempur F di langit, mereka mendengarnya dan kemudian tentara Israel keluar untuk memastikan bahwa itu adalah serangan udara," kata Khairat langsung dari Ramallah.

Setelah upaya pemogokan, beberapa warga menerima pesan teks di telepon mereka yang memperingatkan mereka agar tidak berkolaborasi dengan Brigade Jenin, salah satu kelompok terbesar dan terpopuler di Tepi Barat. Pesan-pesan itu juga mengatakan agar anak-anak tetap di dalam.

Serangan itu terjadi ketika Israel terus membombardir Gaza pada malam hari, setelah para pejabat militer berjanji untuk meningkatkan serangan udara di daerah kantong tersebut untuk meminimalkan risiko bagi pasukan Israel menjelang serangan darat yang diperkirakan akan dilakukan. Setidaknya 11 warga Palestina tewas dalam serangan Israel di Khan Younis, Gaza selatan, media Palestina melaporkan.

Sebelumnya, perbatasan antara Mesir dan Gaza dibuka pada Sabtu, 21 Oktober 2023, untuk pertama kalinya mengalirkan bantuan yang sangat dibutuhkan ke wilayah Palestina yang diblokade total pasca-serangan kelompok Hamas ke Israel Sabtu 7 Oktober 2023.


Perbatasan Mesir dan Gaza Dibuka, Hanya 20 Truk Bantuan yang Diizinkan Masuk

Duka dan kehancuran pada minggu kedua perang Israel-Hamas
Kehancuran terlihat jelas di seluruh Gaza, ketika warga Palestina mati-matian mencari korban yang selamat dan terpaksa berjalan melewati puing-puing yang tertinggal setelah pemboman Israel. (AP Photo/Ali Mahmoud)

Hanya 20 truk yang diizinkan masuk, jumlah yang menurut para pekerja kemanusiaan tidak cukup untuk mengatasi krisis kemanusiaan. Dilaporkan terdapat lebih dari 200 truk yang membawa 3.000 ton bantuan telah menunggu di dekat pintu perbatasan selama berhari-hari.

Sebanyak 2,3 juta warga Palestina di Gaza, setengah dari mereka telah meninggalkan rumah, menjatah makan dan mengonsumsi air kotor. Rumah sakit kehabisan pasokan medis dan bahan bakar untuk generator darurat di tengah pemadaman listrik di seluruh wilayah.

Bahkan, lima rumah sakit terpaksa berhenti berfungsi karena kekurangan bahan bakar dan kerusakan akibat bom. Demikian seperti dilansir AP, Minggu, 22 Oktober 2023. Israel masih melancarkan gelombang serangan udara di Gaza, sementara militan Palestina menembakkan roket ke Israel.

Pembukaan perbatasan Rafah dilakukan setelah lebih dari sepekan diplomasi tingkat tinggi, termasuk kunjungan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres ke wilayah tersebut. Israel bersikukuh tidak ada yang akan memasuki Gaza sampai Hamas membebaskan semua tawanan yang disanderanya di kota-kota di Israel selatan pada 7 Oktober 2023.

Pada Jumat malam, 20 Oktober 2023, Hamas membebaskan tawanan pertamanya – seorang perempuan AS dan putri remajanya. Belum jelas apakah ada hubungan antara pembebasan tersebut dan pengiriman bantuan. Israel mengatakan Hamas masih menyandera sedikitnya 210 orang.

Sabtu pagi, seorang reporter AP melihat 20 truk menuju utara dari Rafah ke Deir al-Balah, sebuah kota pertanian yang tenang di mana banyak pengungsi dari utara Gaza mencari perlindungan. Ratusan pemegang paspor asing di Rafah yang berharap bisa melarikan diri dari konflik tidak diizinkan keluar.

Infografis Hamas-Israel Perang Lagi, Ini Respons Dunia. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Hamas-Israel Perang Lagi, Ini Respons Dunia. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya