Dispatch Tidak Akan Rilis Pasangan Artis Korea di Tahun Baru 2024?

Setiap tahun pada 1 Januari, Dispatch biasanya memperkenalkan pasangan artis Korea yang belum terkuak ke tengah publik.

oleh Asnida Riani diperbarui 01 Jan 2024, 20:00 WIB
Diterbitkan 01 Jan 2024, 20:00 WIB
Potret Lim Ji Yeon dan Lee Do Hyun
Potret Lim Ji Yeon dan Lee Do Hyun di Cuaca Bersalju dan Berkabut. (Sumber Dispatch via Koreaboo)

Liputan6.com, Jakarta - Seiring pergantian tahun, Dispatch jadi salah satu kata kunci yang jadi trending topic di X, dulunya Twitter, sejak Minggu malam, 31 Desember 2023. Pasalnya, setiap tahun pada 1 Januari, outlet berita hiburan Korea Selatan itu biasanya memperkenalkan pasangan artis Korea yang belum terkuak ke tengah publik.

Namun, pada 1 Januari 2024, terjadi kejadian tidak biasa karena Dispatch kemungkinan memilih tidak mengungkap pasangan selebritas mana pun, dikutip dari KBIZoom, Senin (1/1/2024). Sebaliknya, publikasi itu fokus melaporkan kematian mendiang aktor Lee Sun Kyun.

Lantas, apa yang mungkin jadi alasan di balik keputusan Dispatch untuk tetap bungkam dan tidak mengungkap pasangan artis Korea di kesempatan ini? Merujuk sejarah Dispatch, ini sebenarnya bukan kali pertama media tersebut "berdiam diri" di Hari Tahun Baru.

Pada tahun-tahun sebelumnya, Dispatch pernah memutuskan tidak terlalu menonjolkan diri, seperti pada 2017 ketika mereka menahan diri untuk mengalihkan perhatian dari persidangan pemakzulan mantan Presiden Park Geun Hye. Demikian pula pada 2022.

Saat itu, Korea Selatan tengah berjuang melawan pandemi COVID-19. Kala itu, Dispatch memilih diam untuk berkonsentrasi pada informasi penting terkait kesehatan. Besarnya peristiwa meninggalnya Lee Sun Kyun diperkirakan membuat Dispatch fokus memperingati dan menyampaikan belasungkawa pada keluarga dan para penggemar sang aktor. 

Kepergian mendadak Lee Sun Kyun merupakan musibah besar bagi industri hiburan Korea Selatan, menekankan pentingnya menghormati dan mengenang sang bintang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Menghindari Konflik Pendapat

7 Potret Park Eun Bin dalam Drama Castaway Diva, Terdampar di Pulau Terpencil Selama 15 Tahun
Park Eun Bin. Foto: TVN

Selain itu, Dispatch juga mungkin ingin menghindari potensi kontroversi yang berisiko timbul akibat pengumuman pasangan selebritas pada 1 Januari 2024. "Menjaga keheningan bisa jadi strategi untuk menghindari konflik pendapat dan menumbuhkan suasana yang lebih tenang dalam industri hiburan, setidaknya untuk saat ini," kata KBIZoom.

Namun demikian, pas Senin pagi, sebuah pengumuman tidak terduga sebenarnya sudah muncul di akun X yang diyakini terkait dengan Dispatch. Cuitannya menyatakan bahwa Park Eun Bin saat ini sedang menjalin hubungan romantis dengan aktor Chae Jong Hyeop, disertai diduga serangkaian foto kencan pasangan tersebut.

Menurut sumber, keduanya sudah saling memperkenalkan diri pada keluarga masing-masing dan menyambut tahun baru bersama dalam suasana hangat. Diketahui Eun Bin dan Jong Hyeop sudah dua kali berkolaborasi di layar kaca. Khususnya dalam setahun terakhir, pasangan ini dicintai karena peran mereka dalam serial TV Castaway Diva.

Kabar kedekatan Eun Bin dan Jong Hyeop pun sontak jadi perbincangan hangat di berbagai forum online.


Kontroversi Laporan Dispatch

7 Potret Park Eun Bin dalam Drama Castaway Diva, Terdampar di Pulau Terpencil Selama 15 Tahun
Park Eun Bin. Foto: TVN

Namun, penggemar kemudian menunjukkan bahwa rangkaian foto kencan yang menampilkan Park Eun Bin dan Chae Jong Hyeop sebenarnya dipotong dari serial drama Castaway Diva. Selain itu, akun yang membagikan berita kencan tersebut dianggap tidak berafiliasi dengan Dispatch.

Dispatch tercatat telah mengungkap berita kencan banyak pasangan terkenal, seperti Song Joong Ki-Song Hye Kyo, Hyun Bin-Son Ye Jin, Woo Bin-Shin Min Ah, Jennie-Kai, dan Taeyeon-Baekhyun.

Foto-foto eksklusif yang diterbitkan Dispatch biasanya diambil pada malam hari di lokasi pribadi, seperti di luar rumah, di dalam mobil, atau di restoran. Pengawasan terus-menerus terhadap artis selama 24/7 telah menimbulkan kritik terhadap Dispatch karena melanggar privasi dan mengganggu kehidupan pribadi para pesohor.

Pada 2018, lebih dari 200 ribu warga Korea Selatan menandatangani petisi yang mendesak pemerintah menutup Dispatch karena tindakannya yang melanggar privasi artis. Petisi tersebut menyatakan, "Dispatch memiliki dampak signifikan terhadap media hiburan. Harap hapus entitas ini. Selebritas juga manusia. Mereka mempunyai kehidupan pribadi yang tidak ingin mereka bagikan pada publik."


Terus Berlanjut

Jisoo Blackpink dan Ahn Bo Hyun Dikonfirmasi Berpacaran, Ini 4 Faktanya
Jisoo Blackpink dan Ahn Bo Hyun (sumber: Dispatch)

Terlepas dari beragam pendapat, kontroversi seputar liputan berita selebritas Dispatch terus berlanjut. Seorang reporter anonim dari majalah hiburan Korea pernah mengatakan, "Semua reporter hiburan mengetahui kisah kencan para bintang di industri ini. Namun, Dispatch adalah unit yang mengumpulkan bukti terbaik, sehingga mereka selalu mendapatkan berita eksklusif."

"Surat kabar lain tidak akan menerbitkan berita kencan tanpa bukti foto. Ini adalah aturan yang tidak diucapkan dalam industri ini. Sulit untuk menggambarkan ketika semua reporter mengetahui tentang hubungan rahasia, tapi tidak dapat mempublikasikannya."

Dispatch mengklaim bahwa mereka tidak menargetkan artis pendatang baru atau artis yang baru debut. Publik percaya ini adalah alasan yang cerdas, karena mereka tampaknya tidak menyukai pendatang baru karena kurangnya ketenaran, yang tidak akan menarik minat publik.

Meski Dispatch berjanji untuk tidak mengekspos bintang-bintang di puncak karier mereka, publikasi ini telah memberi pukulan yang signifikan pada artis, seperti Jennie, Seolhyun, Kang Daniel, dan Yoona, ketika mereka berada di puncak popularitas.

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya