Buat Konten Edukasi dan Mukbang Lewat Streaming hingga Menang TikTok LIVE Fest

Bukan hanya lewat konten video, kini para influencer juga berlomba-lomba untuk menyuguhkan edukasi hingga hiburan melalui layanan Live streaming atau siaran langsung.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 26 Jan 2024, 04:00 WIB
Diterbitkan 26 Jan 2024, 04:00 WIB
Dokter Pras (@this.is.pras) - Pemenang TikTok LIVE Fest Community Favorite Creator dan Anggun Supriyadi (@anggun_supriadi91) - Pemenang TikTok LIVE Indonesia Best Creator
(Kanan ke kiri) Dokter Pras (@this.is.pras) sebagai Pemenang TikTok LIVE Fest Community Favorite Creator bersama Anggun Supriyadi (@anggun_supriadi91) Pemenang TikTok LIVE Indonesia Best Creator. (Dok: Liputan6.com/dyah)

Liputan6.com, Jakarta - Media sosial sudah menjadi bagian keseharian hampir setiap orang. Ketika membuka ponsel, konten foto maupun video dan segala macam informasi tumpah ruah di lini masa.

Bukan hanya lewat konten video, kini para influencer juga berlomba-lomba untuk menyuguhkan edukasi hingga hiburan melalui layanan Live streaming atau siaran langsung menggunakan internet. Tentu ada kelebihan tersendiri saat influencer melakukan Live streaming, penonton bisa berinteraksi dan mendapat jawaban langsung. 

Salah satunya seperti influencer dr. Agus Prasetyo, Sp.KFR yang di tengah kesibukannya sebagai dokter masih sempat melakukan Live streaming di TikTok Live. Melalui akun @this.is.pras, ia kerap berbagi seputar edukasi kesehatan kepada pengikutnya. 

Dokter lulusan dari Universitas Diponegoro pada 2001 yang melanjutkan pendidikan Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi di Universitas Airlangga pada 2015 ini membuat konten seputar konsultasi tentang rehabilitasi. 

"Tantangan bagi saya mengenalkan rehab medic, karena di luar negeri ini merupakan yang pertama namun di Indonesia karena culture-nya berbeda rehab medic tidak begitu berkembang," ungkapnya saat temu media di Jakarta, Kamis (25/1/2024).  

Perjalanan dokter Pras menjadi konten kreator di TikTok dimulai dari kemunculan pandemi Covid 19. Saat itu, banyak hoaks yang tidak benar seputar penyakit dan kesehatan.

Dokter Pras merasa terpanggil untuk memberikan edukasi kepada masyarakat melalui akun TikTok-nya. Sampai saat ini, ia masih menggunakan TikTok Live untuk menyampaikan informasi terkini seputar kesehatan, memberikan konsultasi gratis, dan berbagi saran seputar kesehatan.

Berkat konten edukasinya itu, beberapa media mulai mengutip saran maupun tanggapan dr. Pras seputar masalah kesehatan. Dengan kapasitasnya itu, ia juga menjadi Pemenang TikTok Live Fest Community Favorite Creator.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Konten Hiburan Mukbang Lewat TikTok Live

Ilustrasi: Aplikasi TikTok (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)
Ilustrasi: Aplikasi TikTok (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Selain konten edukasi, hiburan juga menjadi jenis konten yang paling disukai oleh pengguna media sosial. Di kategori ini, Anggun Supriadi dengan akun @anggun_supriadi91 terpilih jadi salah satu pemenang di TikTok LIVE Fest.

Anggun Supriadi adalah seorang kreator konten TikTok yang dikenal berkat video mukbang makanan pedas dan video tantangan dari para pengikut setianya. Ia memiliki lebih dari 21,4 juta pengikut di TikTok, pembawannya yang lucu dan menghibur membuat ia digemari masyarakat luas.

Anggun pun seringkali berinteraksi secara aktif dengan audiensnya dan membuat konten yang anti-mainstream. Berkat kegigihan, konsistensi, dan kreativitas tanpa batas yang terus dihadirkan Anggun melalui siaran Live-nya, pada 13 Januari lalu, Anggun meraih gelar TikTok LIVE Best Creator Indonesia.

Ini bukan kali pertama ia mendapatkan penghargaan dari TikTok. Sebelumnya ia juga pernah meraih penghargaan sebagai LIVE Creator of the Year pada tahun 2022.

Di balik konten mukbang-nya, Anggun juga dikenal sebagai pribadi yang dermawan, terlihat dari beberapa unggahannya yang sedang berbagi donasi ke panti asuhan hingga memberikan hadiah jalan-jalan serta umroh untuk pengikutnya yang beruntung. 


Influencer Tetap Patuhi Pedoman Komunitas di TikTok

Ilustrasi TikTok, Aplikasi TikTok.
Ilustrasi TikTok, Aplikasi TikTok. Kredit: antonbe via Pixabay

Membangun personal branding sebagai influencer di TikTok yang terkenal lewat siaran Live-nya tentu bukanlah hal instant terjadi. Bahkan untuk bisa melakukan TikTok Live, influencer minimal harus memiliki 1.000 pengikut.

dr. Pras sendiri mengaku meluangkan waktu di tengah kesibukannya, tapi ia juga mempersiapkan diri sebelum Live. "Setiap ada kesempatan Live saya Live karena zamannya beda dengan dulu (waktu pandemi)," katanya berusaha untuk konsisten, karena ada juga pengikutnya yang justru menanyakan ketika ia cukup lama tak terlihat.

Sebagai dokter yang memiliki disiplin ilmu tersendiri, dr. Pras juga mengedepankan etika dunia kedokteran. Ikatan Dokter Indonesia (IDI), menurutnya juga sempat memberikan guidelines ketika ia sempat dipilih sebagai salah satu influencer.

"Yang nggak boleh itu dalam menyebut nama merek obat," sebutnya, sehingga sebagai dokter ia akan menyebutkan kandungan yang ada di dalamnya. 

Lalu dalam siaran TikTok Live, dr. Pras juga sempat mengalami kesulitan ketika ada yang berkonsultasi tentang benjolan. Menurutnya benjolan harus diperiksakan langsung ke dokter, tidak bisa dengan konsultasi online. 


Ajang TikTok Live Fest

Bocoran mengungkapkan bahwa TikTok sedang menguji coba kemampuan mengunggah video berdurasi 30 menit (Threads @mattnavarra)
Bocoran mengungkapkan bahwa TikTok sedang menguji coba kemampuan mengunggah video berdurasi 30 menit (Threads @mattnavarra)

Bukan hanya dari dunia medis untuk mengedukasi masyarakat melalui siaran TikTok Live, Anggun yang kontennya sebagian besar berupa hiburan juga perlu berhati-hati. "TikTok  juga akan membatasi konten tertentu tayang ketika menyebutkan hal-hal yang dilarang," ungkapnya di kesempatan yang sama.

Ajang TikTok Live Fest sendiri adalah kompetisi berskala global pertama dan terbesar di dunia yang diadakan oleh TikTok LIVE. Acara ini berlangsung di lebih dari 50 negara dan wilayah di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Selama periode kompetisi berlangsung, kreator memiliki kesempatan untuk mengumpulkan hadiah dengan melakukan sesi live, terhubung dengan kreator lainnya, dan menunjukan kreativitas mereka kepada audiens global. Kreator dengan perolehan poin tertinggi dan peringkat teratas akan terpilih sebagai pemenang utama.

Untuk Indonesia sendiri terdapat 8 kreator yang telah dinobatkan sebagai pemenang, yaitu Khalis Setiawan, Tim Trobos Mitos, Rafhael, Kapten ZAN, Sambel Anggun Josss, Vito Sinaga, Dokter Pras, and Hayyaaa. Para pemenang ini akan mewakili Indonesia untuk TikTok LIVE Fest di tingkat global dan akan diundang ke acara offline di Miami, Amerika Serikat, pada akhir Februari 2024. 

 

Infografis Larangan Aplikasi TikTok di 10 Negara Plus Uni Eropa. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Larangan Aplikasi TikTok di 10 Negara Plus Uni Eropa. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya