Konser Musisi Internasional Makin Marak di Indonesia, Digitalisasi Perizinan Event Diharapkan Segera Diresmikan

Sandiaga Uno mengatakan, banyaknya konser internasional di Indonesia tak hanya berdampak pada bidang pariwisata tapi juga menjadi kesempatan menggenjot sektor perekonomian Indonesia.

oleh Henry diperbarui 05 Jun 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 05 Jun 2024, 12:00 WIB
Konser Musisi Internasional Makin Banyak Digelar di Indonesia, Digitalisasi Perizinan Event Diharapkan Segera Diresmikan
Konser Musisi Internasional Makin Banyak Digelar di Indonesia, Digitalisasi Perizinan Event Diharapkan Segera Diresmikan.  foto: Youtube Kemenparekraf

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah musisi internasional bakal segera tampil di Indonesia. Banyaknya konser dari musisi luar negeri ini menjadi pertanda kualitas panggung pertunjukan di Indonesia yang makin meningkat.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi fenomena ini. Ia mengungkap banyaknya konser musik internasional di Indonesia tak hanya berdampak pada bidang pariwisata tapi juga menjadi kesempatan menggenjot sektor perekonomian Indonesia.

"Semakin banyak konser-konser internasional seperti ini, semakin baik untuk sub sektor ekonomi kita," ucap Sandiaga Uno dalam The Weekly Brief with Sandi Uno di kantor Kemenparkeraf, Senin, 3 Juni 2024.

Beberapa konser musisi kelas dunia yang akan digelar di Indonesia adalah konser grup musik All 4 One dan David Foster. Konser tersebut akan segera digelar pada 15 Juni dan 23 Juni 2024 masing-masing di Jakarta dan BSD.

Pria yang biasa disapa Sandi ini juga mengungkap kesan para musisi internasional yang pernah manggung di Indonesia. Euforia para penggemar diyakini membuat banyak musisi internasional rindu dan kembali lagi manggung di Tanah Air.

"Rasanya hampir semua musisi (internasional) termasuk Coldplay menyampaikan ke saya bahwa mereka enggak pernah dapat energi (positif) yang seperti ini’,” kata Sandi.

Mengenai konser David Foster yang bertajuk "Hitman Returns: David Foster & Friends 2024" dan akan menampilkan penyanyi dan musisi papan atas lokal dan internasional seperti Brian McKnight, Josh Groban, Jessie J, Afgan, dan Rossa ini menurut Sandi sangat berpotensi untuk mendatangkan wisatawan ke Indonesia. Sebab, Indonesia menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang dikunjungi oleh David Foster, Josh Groban, dan Jessie J dalam konser yang dipromotori oleh Color Asia Live ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Indonesia Disebut Tempat Konser yang Menyenangkan

Menparekraf Sandiaga Uno dalam The Weekly Brief with Sandi Uno, Senin, 3 Juni 2024
Menparekraf Sandiaga Uno dalam The Weekly Brief with Sandi Uno, Senin, 3 Juni 2024.  (Liputan6.com/Henry)

"Mereka akan tampil 15 Juni 2024 di ICE BSD dan saya sangat terkesan karena David Foster ini suka sekali ke Indonesia, beliau sudah berkali-kali ke sini. Tentunya setiap event pasti akan membawa banyak orang dan keberkahan," tutur Menparekraf Sandiaga.

Sementara itu, Managing Director Color Asia Live, David Ananda mengatakan, antusiasme David Foster bukanlah tanpa alasan. Musisi asal Kanada itu memang sangat senang dan nyaman tanpil di Indonesia.

"David Foster bilang di Indonesia banyak orang yang enjoy dengan musiknya. Penonton yang datang juga banyak dan juga kebanyakan kasih applause," ujar David Ananda. Hal senada juga disampaikan salah satu penyanyi yang ikut tampil dalam konser ini, Jessie J. Penyanyi asal Inggris ini menyebutkan, Indonesia adalah tempat konser yang menyenangkan baginya.

"Walaupun cuaca di Indonesia sangat panas, tapi saya senang dengan keramahan orang-orang Indonesia. Keramahan inilah yang tidak bisa saya temukan di tempat lain," ujar Jessie yang hadir secara daring. Tak hanya akan tampil dalam konser, penyanyi asal Inggris itu menurut David Ananda sudah berada di Indonesia untuk liburan bersama keluarganya di Bali.

 


Perizinan Konser Diharapkan Semakin Mudah

Konser Coldplay
Ini merupakan penampilan pertama Coldplay di Indonesia. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dengan semakin banyaknya konser musik termasuk musisi mancanegara, Sandi juga berharap aplikasi digitalisasi perizinan event yang sudah lama disiapkan bisa segera diluncurkan. Bila perizinan konser semakin mudah maka diharapkan acara konser bisa semakin bertambah dan tentunya bisa membuat pariwisata semakin marak.

"Kita harapkan digitalisasi perizinan untuk membuat konser ini bisa segera diluncurkan. Kabarnya ini sudah memasuki tahap akhir jadi mudah-mudahan bisa segera diresmikan agar perizinan bisa lebih mudah dan praktis," ucap Sandi.

Sementara, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf, Vinsensius Jemadu mengungkap banyaknya konser internasional di Indonesia ini menunjukkan ekosistem maupun atmosfer Tamah Air sudah layak untuk menjadi tuan rumah event berskala global.

Hal ini perlu dipertahankan dan bisa menjadi momentum penambahan jumlah wisatawan mancanegara (wisman) dan perputaran ekonomi di Indonesia. "Jadi Kemenparekaf menyampaikan apresiasi yang luar biasa. Dari perspektif pariwisata tadi disebut 30-40 persen ini sudah menambah junlah wisman. Kami siap mendukung maupun memfasilitasi penyelanggara," jelas Vinsensius.


Konser Dua Lipa di Jakarta

Gaun Transparan Dua Lipa di Met Gala 2024 Jadi Dress Terburuk, Kontras dengan Tahun Lalu
Dua Lipa hadir di Met Gala 2024 dengan gaun transpran (@studiosiela)

Musisi dunia lainnya yang akan tampil di Indonesia adalah Dua Lipa. Ia akan menggelar konser di Jakarta pada tahun ini. Konser Dua Lipa di Jakarta yang bertajuk Radical Optimism Tour itu akan berlangsung pada 9 November 2024 dan bertempat di Indonesia Arena - Senayan. Live Nation, TEM Presents, dan PK Entertainment bertindak sebagai promotor konser tersebut.

Dalam rilis yang diterima Tim Lifestyle Liputan6.com, tiket konser penyanyi asal Inggris tersebut akan tersedia mulai Senin, 10 Juni 2024, pukul 10.00 WIB di laman resmi dualipainjakarta.com. Konser tersebut merupakan bagian dari tur Asia Dua Lipa yang dimulai di Singapura pada 6 November 2024 dan akan berlanjut ke Jakarta, Manila, Tokyo, Taipei, Kuala Lumpur, Bangkok, sebelum berakhir di Seoul pada 4 Desember 2024.

Pengumuman tur konser ini menyusul perilisan album ketiga Dua Lipa, Radical Optimism, yang langsung menduduki peringkat No. 1 di 11 negara, termasuk Inggris. Di Inggris, album ini menjadi debut album terbesar dari artis Inggris pada 2024 dan mencatat penjualan minggu pertama tertinggi dari artis wanita Inggris sejak 2021.

 

Infografis Konser Musik Pilihan 2023 di Indonesia
Infografis Konser Musik Pilihan 2023 di Indonesia.  (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya