Isi Liburan Sekolah, Festival Kuliner ala Karnaval Brasil Kembali Digelar di Tangerang

Festival kuliner yang didesain ala karnaval Brasil itu akan berlangsung hingga 7 Juli 2024.

oleh Pramita Tristiawati diperbarui 20 Jun 2024, 09:11 WIB
Diterbitkan 20 Jun 2024, 09:10 WIB
Isi Liburan Sekolah, Festival Kuliner ala Karnaval Brasil Kembali Digelar di Tangerang
Suasana Xplorasa Carnival di Uptown Market, Gading Serpong, di saat malah hari. (dok. Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Liputan6.com, Jakarta - Libur sekolah telah tiba. Saatnya memanfaatkan momen untuk menambah kedekatan antar-anggota keluarga dengan menghabiskan waktu bersenang-senang bersama. Tak melulu harus ke luar kota, banyak pilihan agenda menarik di dalam kota  yang bisa dikunjungi seperti Xplorasa Carnival.

Berlokasi di Uptown Park Summarecon, kawasan Gading Serpong, Xplorasa menggabungkan wisata kuliner kekinian dan hiburan ala karnaval di Brasil ke Kabupaten Tangerang. Pengunjung bisa mengaksesnya lewat dalam Mal Summarecon, lurus hingga ke Summarecon Mall Serpong (SMS) 2. Begitu di pojok, akan ada petunjuk arah untuk menuju Uptown Park.

Kehadirannya langsung menarik perhatian, terutama di malam hari, karena lampu terang berwarna-warni. Pengunjung akan merasakan suasana pasar malam dengan suguhan musik yang menggema di segala penjuru. Pada malam hari, pengunjung akan dihibur dengan pertunjukan sembur api.

"Untuk dekorasi dan suasananya, kami mengambil tema ala karnaval Brasil, mulai dari dekorasi, ornamen lampu, suguhan hiburan, dan sebagainya," kata Tommy Laurici, Direktur Operasional Summarecon Malls Group, di Tangerang, Selasa, 18 Juni 2024.

Event tahunan yang diselenggarakan hingga 7 Juli 2024 itu menyajikan sekitar 300 pilihan jajanan kekinian yang terkenal di sekitar Jabodetabek dan Bandung untuk memeriahkan festival kuliner.

"Seperti Siomay & Batagor Soekajadi, Kwetiau Alas Daun Pontianak, Rameshan, Masti Urban Indian, The Halal Guys, Bagonar, Hotmen, Cerita Tentang Kopyor, hingga beragam dessert seperti Chouppang Snack Korea, Mad Bagel, Dimsum Andria & Bakso Bakar Malang, Cinnabon,dan masih banyak lagi," Tommy menerangkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bisa Hunting Jajanan hingga Main Wahana

Isi Liburan Sekolah, Festival Kuliner ala Karnaval Brasil Kembali Digelar di Tangerang
Salah satu wahana permainan di Xplorasa Carnival. (dok. Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Festival kuliner itu untuk menjangkau semua lapisan, dari gen Alpha hingga para orangtuanya. Harganya mulai dari Rp10ribuan hingga Rp50 ribuan per porsi.

Salah satu pengunjungnya adalah Shaki (18) yang datang bersama teman-temannya. Ia terlihat mengantre camilan ala Korea di area festival.

"Kimbab dan toppoki, kenyang tapi enggak bikin kekenyangan. Karena di sin ikan banyak jajanan lain yang enak juga, jadi masih bisa nikmati jajanan lain. Habis ini mungkin mau dimsum, Jus Kode, dan aemilan lainnya," tutur Shaki.

Jika sudah kenyang, dia mengaku akan bermain berbagai wahana ala pasar malam di area tersebut. "Mungkin diam dulu, agak maleman baru sama teman-teman naik ontang-anting, seluncuran, seru kayanya," katanya bersemangat.

Wahana permainan yang tersedia mengajak pengunjung bernostalgia ke zaman dulu. Hal itu pula yang dilakukan Tasya dan suaminya dengan mengajak kedua anaknya bermain.

"Belum yang ekstrem-ekstrem ya, karena kan masih berusia 6 dan 3 tahun, jadi paling aku ajak main kincir-kincir, lempar bola dapat hadiah. Tapi habis itu, aku tertarik mau naik ombak dan kora-kora," katanya. Tarif bermain wahana itu mulai dari Rp 25 ribu per orang.


Pesta Karnaval Tahun Lalu

Isi Liburan Sekolah, Festival Kuliner ala Karnaval Brasil Kembali Digelar di Tangerang
Suasana festival kuliner di Xplorasa Carnival. (dok. Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Pada tahun lalu, Summarecon Mall Serpong (SMS) juga menggelar Xplorasa Carnival pada 9 hingga 25 Juni 2023 untuk mengisi liburan sekolah. Lebih dari 300 jenis makanan dan minuman dijajakan di Uptown Park Summarecon Mall Serpong yang disulap bak pasar malam. Di antaranya adalah Roji Ramen, US Pizza, Toko Kopi Tuku, Hoy Tod!, Sugarays Popcorn, Pan & Cake, Kebab Baba Rafi, Jus Kode, Squid Boss, dan masih banyak lagi.

Selayaknya pasar malam, pengunjung bisa menaiki beragam wahana, seperti bianglala, kincir mini, ontang anting, kora-kora, ombak banyu, kereta jumbo, merry go round, dan canoe river. "Semua wahana yang dihadirkan kami sediakan dengan keamanan yang tinggi untuk pengunjung," kata Tommy, Center Director SMS, beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan Xplorasa Carnival juga diisi dengan tenant fashion dan gaya hidup, seperti Hairnerds Studio, Dodds, dan LOD.Denim. Beragam hiburan menarik akan menemani pengunjung pasar malam kulineran sambil bermain di Xplorasa Carnival, seperti atraksi sirkus dan sulap, serta penampilan Hivi! pada 23 Juni 2023.


Ajak Pengunjung Bernostalgia

Isi Liburan Sekolah, Festival Kuliner ala Karnaval Brasil Kembali Digelar di Tangerang
Suasana pengunjung berburu kuliner di Xplorasa Carnival. (dok. Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Sandra, salah seorang pengunjung mengatakan, dia sengaja ke festival kuliner tersebut bersama dengan lima orang temannya, untuk merasakan keseruan ala karnaval.

"Sebelumnya kami belum pernah tahu ada wahana ala pasar malam, ternyata seperti di Dufan ya. Tadi sempat naik ombak banyu. Itu saya baru tahu yang mengoperasikan abang-abangnya, sampai narik wahananya. Jadi, kita dibuat muter naik turun, seperti diombang-ambing ombak, seru banget!" katanya kepada Liputan6.com.

Sehabis lelah bermain, Sandra memilih untuk menyantap berbagai kuliner khas dari berbagai daerah. Berhubung pernah berkuliah di Unpad Jatinangor, dia sempat dibuat terkejut ternyata ada Jatinangor Friendchicken dihadirkan di festival kuliner kali ini.

"Ini, wah gokil sih. Ini ayam goreng tepung nostalgia banget, rasanya enggak kalah sama merek-merek ternama yang ada di mal-mal. Itu juga ada Jus Kode, ini makanan-minuman kaki lima yang famous," katanya. Harga yang ditawarkan pun terbilang ramah di kantong, mulai dari Rp5 ribu hingga Rp45 ribuan saja untuk jajan sembari mencoba wahana bermainnya.

Infografis Ragam Festival Kuliner Nusantara
Infografis Ragam Festival Kuliner Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya