Perbedaan Baking Soda vs Baking Powder, Apa Saja Kegunaannya?

Banyak resep makanan panggang yang menyertakan soda kue maupun baking powder sebagai bahan ragi. Beberapa bahkan mungkin menyertakan keduanya. Meski tampak serupa, keduanya jelas tidak sama.

oleh Asnida Riani diperbarui 22 Jul 2024, 05:00 WIB
Diterbitkan 22 Jul 2024, 05:00 WIB
Contoh ilustrasi baking soda
Ilustrasi beda baking soda vs baking powder. (Foto: Unsplash.com/HowToGym)

Liputan6.com, Jakarta - Serupa tapi tidak sama, begitulah ungkapan yang tepat untuk menggambarkan baking soda dan baking powder. Keduanya merupakan bahan ragi, yaitu zat yang digunakan untuk membantu makanan panggang mengembang sempurna. Baking powder mengandung baking soda, bersama bahan-bahan lainnya.

Melansir Healthline, Jumat, 19 Juli 2024, soda kue adalah bahan ragi yang digunakan dalam makanan yang dipanggang, seperti kue, muffin, dan kue kering. Secara resmi dikenal sebagai natrium bikarbonat, baking soda adalah bubuk kristal putih yang secara alami bersifat basa.

Baking soda jadi aktif ketika dicampur dengan bahan asam dan cairan. Setelah aktivasi, karbon dioksida dihasilkan, yang memungkinkan makanan panggang mengembang dan jadi ringan. Inilah alasan resep yang mengandung soda kue juga mencantumkan bahan asam, seperti jus lemon atau buttermilk.

Tidak seperti soda kue, baking powder merupakan bahan ragi yang lengkap. Artinya, baking powder mengandung basa dan asam yang dibutuhkan agar produk dapat mengembang. Tepung maizena juga biasanya ditemukan pada baking powder. Itu ditambahkan sebagai buffer untuk mencegah asam dan basa aktif selama penyimpanan.

Mirip dengan reaksi soda kue dengan air dan bahan asam, asam dalam baking powder bereaksi dengan natrium bikarbonat alias basa dan melepaskan karbon dioksida setelah tercampur dengan cairan. Jika sebuah resep membutuhkan baking powder, kemungkinan besar resep tersebut mengacu pada jenis double-acting.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kapan Harus Menggunakan Baking Soda vs Baking Powder?

pengganti baking powder
ilustrasi baking powder/Photo by Kaboompics .com from Pexels

Artinya, baking powder menciptakan dua reaksi terpisah. Pertama, ketika dicampur dengan cairan pada suhu ruang, dan kedua, setelah campuran dipanaskan. Bagi banyak resep, reaksi yang berkepanjangan lebih disukai, sehingga proses pengembangan adonan tidak terjadi sekaligus.

Soda kue digunakan dalam resep yang juga mengandung bahan asam, seperti krim tartar, buttermilk, atau jus jeruk. Sebaliknya, baking powder umum dipakai di resep yang tidak mengandung bahan asam, karena bubuk tersebut sudah mengandung asam yang dibutuhkan untuk menghasilkan karbon dioksida.

Campuran yang dipanggang dengan baik dapat sangat bervariasi dalam tingkat keasamannya. Demi menghasilkan makanan panggang yang diinginkan, Anda perlu menemukan keseimbangan yang tepat antara asam dan basa.

Beberapa resep mungkin memerlukan baking soda dan baking powder. Biasanya, hal ini terjadi karena resepnya mengandung asam yang perlu diimbangi dengan soda kue, tapi mungkin tidak cukup untuk membuat produk jadi ragi sepenuhnya tanpa bantuan baking powder.


Baking Powder Bisa Gantikan Pemakaian Baking Soda?

Baking Soda
Ilustrasi Baking Soda Credit: pexels.com/Tata

Mengganti baking soda dengan baking powder sebenarnya tidak disarankan, tapi Anda bisa melakukannya dalam keadaan darurat. Pergantian ini tidak memerlukan bahan tambahan.

Namun, baking soda jauh lebih kuat dibandingkan baking powder. Karena itu, Anda mungkin membutuhkan sekitar tiga kali lebih banyak baking powder untuk menghasilkan kemampuan yang sama dengan soda kue.

Selain itu, substitusi ini dapat menyebabkan produk akhir memiliki rasa kimia atau pahit. Sebagai alternatif, Anda dapat mencoba salah satu dari beberapa pengganti soda kue lain. Kalium bikarbonat juga merupakan pengganti soda kue yang efektif.

Pertukaran ini sangat berguna bagi Anda yang mencoba mengurangi asupan natrium, karena kalium bikarbonat tidak mengandung natrium. Kalium bikarbonat dapat digunakan sebagai pengganti soda kue dengan perbandingan 1:1. Namun, karena kandungan garamnya yang rendah, Anda mungkin mendapati perubahan pada rasa masakan Anda.

Tepung yang bisa mengembang sendiri adalah pilihan lain untuk menggantikan soda kue. Kendati, penyesuaian resep yang diperlukan menggunakan metode ini sedikit lebih rumit dan mungkin kurang cocok untuk pembuat roti pemula.


Resep Pengganti Soda Kue

Contoh ilustrasi baking soda
Ilustrasi baking soda (Foto: Unsplash.com/Nathan Dumlao)

Tepung self-rising mengandung kombinasi tepung serbaguna, baking powder, dan garam. Setiap 120 gram tepung self-rising mengandung kurang lebih 1,5 sendok teh baking powder dan 1/4 sendok teh garam.

Sebaliknya, jika resep Anda membutuhkan baking powder dan Anda hanya punya baking soda, Anda mungkin bisa menggantinya, tapi Anda perlu menambahkan beberapa bahan. Karena soda kue tidak mengandung asam yang biasanya ditambahkan baking powder ke dalam resep, Anda harus menambahkan bahan yang bersifat asam, seperti krim tartar, untuk mengaktifkan soda kue.

Terlebih lagi, baking soda memiliki kekuatan ragi yang jauh lebih kuat dibandingkan baking powder. Sebagai aturan praktis, sekitar 1 sendok teh baking powder setara dengan 1/4 sendok teh soda kue.

Banyak resep makanan panggang yang menyertakan soda kue maupun baking powder sebagai bahan ragi. Beberapa bahkan mungkin menyertakan keduanya. Meski tampak serupa, keduanya jelas tidak sama. Mengganti satu dengan yang lain dapat dilakukan dengan penyesuaian yang cermat.

Infografis Tampilan Kekinian Camilan Tradisional
Infografis tampilan kekinian camilan tradisional. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya