Momen Siraman Aaliyah Massaid, Angelina Sondakh hingga Aurel Hermansyah Ikut Memandikan

Bukan hanya Reza Artamevia sebagai ibu yang menyirami Aaliyah Massaid, hadir pula Angelina Sondakh, eyang serta anggota keluarga yang dituakan. Aurel Hermansyah ditunjuk sebagai orang terakhir yang ikut menyirami Aaliyah dalam prosesi siraman.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 20 Jul 2024, 17:30 WIB
Diterbitkan 20 Jul 2024, 17:30 WIB
Momen siraman Aaliyah Massaid yang diawali dengan siraman pertama oleh Reza Artamevia
Momen siraman Aaliyah Massaid yang diawali dengan siraman pertama oleh Reza Artamevia. (Dok: YouTube Thariq Halilintar)

Liputan6.com, Jakarta - Setelah acara pengajian jelang pernikahan dengan Thariq Halilintar yang diselenggarakan pada pukul 10.00 pagi, Aaliyah Massaid menjalani prosesi siraman pada siang hari, Sabtu (20/7/2024). Berbeda saat pengajian, nuansa lebih feminin begitu terasa dengan tema dekorasi dan busana pink atau merah muda yang dipakai Aaliyah bersama keluarganya.

Siraman dalam adat Jawa merupakan salah satu prosesi sebelum calon pengantin akan menikah. Siraman adalah menyirami atau memandikan calon pengantin agar pengantin bersih suci lahir dan batinnya, serta siap memulai kehidupan berumah tangga.

Terlihat hadir dalam prosesi itu adalah sang ibu, Reza Artamevia dan pamannya, Mudjie Massaid yang juga memakai busana nuansa pink. Siraman dilakukan dengan mengumpulkan air dari tujuh sumber, salah satunya air zamzan. Air tersebut dicampur juga dengan kembang setaman seperti mawar dan melati.

Sebelum acara siraman berlangsung, Aaliyah terlebih dulu sungkem kepada ibunya, paman, serta sang nenek. MC acara siraman Aaliya Massaid mengatakan, bahwa momen ini akan menjadi pengingat bahwa orangtua telah memandikan anaknya sejak masih lahir.

Siraman pertama pun diberikan kepada Aaliyah oleh sang ibu, kemudian disusul Reza yang membalurkan lulur dari beras ketan sebelum siraman selanjutnya sebagai simbol agar kecantikan putrinya terpancar di hari pernikahan. Setelah itu pamannya, Mudjie Masaaid juga menjadi salah satu kerabat Aaliyah Massaid yang memberikan siraman berikutnya. 

Disusul ibu sambungnya, Angelina Sondakh yang juga menyirami Aaliyah. Dan eyang, serta anggota keluarga yang dituakan, termasuk Aurel Hermansyah sebagai orang terakhir yang ikut menyirami Aaliyah dalam prosesi itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Angelina Sondakh hingga Aurel Hermansyah Ikut Memandikan Aaliyah

Momen siraman Aaliyah Massaid oleh Aurel Hermansyah. (Dok: YouTube Thariq Halilintar)
Momen siraman Aaliyah Massaid oleh Aurel Hermansyah. (Dok: YouTube Thariq Halilintar)

Mendekati akhir rangkaian acara, ada prosesi memotong rambut Aaliyah sebagai calon pengantin yang dilakukan oleh Reza Artamevia. Sebagai pengganti ayahnya, sang paman, Mudjie Massaid menggantikan untuk membopong Aaliyah dan acara siraman pun selesai.

Terakhir ada prosesi memecahkan kendi, di momen ini Reza tampak bersemangat karena putrinya akan segera menikah. Selanjutnya Aaliyah dipakaikan kimono untuk menutupi tubuhnya yang penuh roncean bunga melati. 

Sebelumnya acara siraman, Aaliyah terlebih dulu melewati momen pengajian yang dilangsungkan pada pukul 10.00 di hari yang sama. Aaliyah tampak memesona dengan balutan busana warna peach dalam gaun panjang berkerah tinggi, yang keseluruhannya berbahan brokat.

Putri almarhum Adjie Massaid itu ditemani sang ibu, Reza Artamevia dan adiknya Zahwa Massaid ketika hadir di acara pengajian. Tampak pesona Aaliyah seperti bunga yang sedang merekah, rambut ditata sanggul rapih dan mengenakan kerudung yang tersampir di kepalanya.

 


Momen Haru Pengajian Aaliyah dan Thariq Halilintar

Aaliyah Massaid saat pengajian sebelum menikah dengan Thariq Halilintar
Aaliyah Massaid saat pengajian sebelum menikah dengan Thariq Halilintar. (YouTube Thariq Halilintar)

Kerudungnya ini juga masih memakai bahan brokat yang tampak manis. Warna peach yang dipilihnya tampak senada dengan baju koko yang dikenakan oleh Thariq.

Sementara itu dalam momen pengajian, Aaliyah dipulas dengan riasan makeup yang terbilang natural. Warna bibir maupun perona popinya dibuat tak terlalu mencolok, namun tapi tetap terlihat segar.

Juga menjadi pusat perhatian, penampilan Reza Artamevia dengan kerudung brokat dan busana lengan puff, cenderung lebih gemerlap dibanding Aaliyah. Hal itu lantaran busana yang dikenakan pelantun tembang "Pertama" itu dihiasi juga dengan batu-batu kristal lebih berwarna di bagian leher hingga dada.

Riasan makeup yang diterapkan pada matanya pun lebih mencolok dan berpusat pada bagian matanya. Sementara Lenggogeni Faruk, ibunda Thariq Halilintar tampak lebih simpel namun tetap berkelas dalam balutan busana putih dan jilbab yang senada. 


Thariq Halilintar dan Aaliyah Minta Doa Restu

Momen pengajian jelang pernikahan Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid berlangsung pada Sabtu (20/7/2024). (Dok: YouTube Thariq Halilintar)
Momen pengajian sebelum pernikahan Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid berlangsung pada Sabtu (20/7/2024). (Dok: YouTube Thariq Halilintar)

Selama pengajian berlangsung, Aaliyah dan Thariq tampak duduk berjejer dengan kedua orangtua mereka. Di momen haru itu, Thariq ikut membacakan surat Al-Fatehah hingga surat Al-Ikhlas, dibimbing oleh ustazah yang sejak awal acara telah membacakan ayat-ayat suci Al-Quran. 

Lalu sang ustazah mengarahkan Thariq dan Aaliyah untuk meminta doa restu kepada ibunda mereka masing-masing. Ustazah mengingatkan bahwa surga ada di bawah telapak kaki ibu. Begitu juga Aaliyah diingatkan tentang almarhum ayahnya, yang fotonya turut disertakan di satu tempat duduk bersama mereka pada pengajian tersebut. 

Untuk itu ustazah kemudian mengajak agar Aaliyah dan Thariq untuk selalu menjadi kebanggaan ibu dan ayahnya. "Keridhoan Allah tergantung keridhoan orangtuamu dan kemurkaan Allah pun tergantung pada kemurkaan kedua orangtua," ungkap sang ustazah.

Thariq Halilintar dan Aaliyah pun bergantian meminta doa dan restu serta rasa terima kasih kepada kedua orangtua mereka yang sudah merawat sejak kecil. Air mata Thariq dan Aaliyah pun tak terbendung ketika mengungkapkannya kepada kedua orangtua mereka. 

Infografis Komponen Wajib Pernikahan Indonesia
Infografis Komponen Wajib Pernikahan Indonesia.  (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya