6 Fakta Menarik Gunung Penrissen di Perbatasan Kalimantan Barat dan Serawak Malaysia

Lokasi tepatnya Gunung Penrissen adalah di Sempadan Sarawak dekat Kalimantan, kira-kira 5 km barat Annah Rais. Gunung ini juga merupakan satu puncak bagi sungai Sarawak.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 24 Jul 2024, 08:30 WIB
Diterbitkan 24 Jul 2024, 08:30 WIB
Gunung Penrissen di Borneo, Kalimantan
Gunung Penrissen di Borneo, Kalimantan. (Dok: Gunung Bagging/https://www.gunungbagging.com/penrissen/)

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Penrissen merupakan gunung yang terletak di perbatasan Kalimantan dan Sarawak, Malaysia. Gunung ini mempunyai ketinggian setinggi 1.329 mdpl.

Lokasi tepatnya Gunung Penrissen adalah di Sempadan Sarawak dekat Kalimantan, kira-kira 5 km barat Annah Rais. Gunung ini juga merupakan satu puncak bagi sungai Sarawak.

Mengutip dari laman Gunung Bagging, Rabu (24/7/2024), Gunung Penrissen merupakan puncak tertinggi dari kawasan pegunungan luas di selatan dan barat daya Kuching. Gunung tersebut memiliki hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, dan hutan Montane. Terdapat banyak flora di gunung ini yang mempunyai nilai perubatan.

Masih banyak hal mengenai Gunung Penrissen selain lokasi maupun ketinggiannya, berikut enam fakta menarik Gunung Penrissen yang dirangkum Tim Lifestyle Liputan6.com dari berbagai sumber.

1. Titik Pendakian Awal

Hal ini paling sering diakses melalui Borneo Highlands Resort dan lapangan golf di sisi Malaysia. Karena pendakian memakan waktu sekitar 6 jam, ini merupakan hari yang menyenangkan dari Kuching.

Setidaknya Anda membutuhkan watu dua jam perjalanan dengan mobil dan terdapat beberapa pemandangan indah di perbatasan Indonesia dan Serawak Malaysia ini. Tidak wajib mengikuti panduan Borneo Highlands Resort, kecuali Anda memiliki teman berpengalaman.

Sangat disarankan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu karena bagian jalurnya sangat curam dan tidak disarankan untuk mencoba sendirian. Jika Anda telah memesan pemandu Resor dan transportasi, pendakian Anda akan dimulai di Lobi / clubhouse atau Annah Rais Cafe (835 mdpl).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Rute Pendakian

Lokasi Gunung Penrissen di perbatasan Kalimantan Barat dan Serawak
Lokasi Gunung Penrissen di perbatasan Kalimantan Barat dan Serawak. (Dok: Gunung Bagging/https://www.gunungbagging.com/penrissen/ )

Jika Anda pergi tanpa pemandu Resor, Anda harus meninggalkan mobil Anda sedikit lebih jauh di tempat parkir (730 mdpl). Perhatikan bahwa Anda juga dapat menemukan panduan di Annah Rais Longhouse Homestay.

Tetapi dengan asumsi berjalan ke Resor atau tidak menggunakan titik akses Resor, Anda akan memerlukan lebih banyak waktu untuk menyelesaikan pendakian. Ada dua rute menuju puncak Penrissen dari Resor, dan merupakan kebiasaan untuk mendaki berlawanan arah jarum jam.

Ada banyak tanda di jalan setapak, dan untuk satu jam pertama Anda tidak akan pernah terlalu jauh dari tepi lapangan golf. Dari clubhouse, belok kanan lalu belok kiri lalu menuju jembatan kayu sederhana melintasi sungai kecil yang mengarah ke hutan (855 mdpl).

3. Lewati Hutan dan Sungai

Setelah masuk ke hutan, Anda menyeberangi sungai lain sebelum melewati tempat perlindungan kayu tua dan sederhana di sebelah kiri Anda (878 mdpl). Aliran lain diseberangi sebelum mencapai tempat perlindungan kayu yang jauh lebih besar yang dikenal sebagai Ma Gaseng (910 mdpl). Anda akan membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mencapai titik ini dari clubhouse.


4. Hati-Hati Banyak Lintah

Gunung Penrissen from Borneo Highlands Resort
Gunung Penrissen dari Borneo Highlands Resort. (Dok: Gunung Bagging https://www.gunungbagging.com/penrissen/)

Jumlah lintah di hutan Gunung Penrissen cukup banyak, jadi berhati-hatilah untuk memeriksanya sesering mungkin dan perhatikan lintah yang lebih kecil yang sulit dilihat. Ini terjadi, karena mungkin karena hutannya lembab dan sering basah karena hujan.

5. Lokasi Berbatasan antara Indonesia dan Malaysia

Jalurnya berbelok ke kiri dan Anda sampai di punggung bukit (980m) yang merupakan garis perbatasan nasional antara Indonesia dan Malaysia. Kecil kemungkinannya ada orang yang tersesat ke jalur yang mengarah ke wilayah Indonesia, karena jurangnya sangat curam dan kedalamannya beberapa ratus meter.

Ada satu atau dua tempat bagus di antara pepohonan untuk melihat Kalimantan dan beberapa bukit di kejauhan. Jejaknya kemudian menurun sedikit dan, agak tidak nyata, ke rumput yang dipotong rapi di bagian tertinggi lapangan golf.

Anda memang bisa melewatkan bagian pertama jalur hutan ini hanya dengan menanyakan arah kepada staf Resor dan berjalan menyusuri lapangan golf menuju Lubang 13 dan yang dikenal dengan Pemandangan Kalimantan Barat Daya (970 mdpl). Ada beberapa tanda di sini, dan pagar kayu bagus yang menandai batas negara.

 


6. Terihat Pemandangan Gunung Merdai di Kalimantan

Gunung Penrissen di Borneo. (Dok: Gunung Bagging https://www.gunungbagging.com/penrissen/)
Gunung Penrissen di Borneo Kalimantan Barat. (Dok: Gunung Bagging https://www.gunungbagging.com/penrissen/)

Di kejauhan, saat cuaca cerah, Anda mungkin bisa melihat kerucut segitiga Gunung Merdai di Kalimantan. Menjulang di atas lapangan golf adalah tebing Penrissen yang curam dan diselimuti hutan. Ini adalah tempat yang bagus untuk berfoto dan Anda seharusnya sampai di sini dalam waktu sekitar satu jam dari clubhouse.

Pendakian mudah telah berakhir, dan bagian selanjutnya akan jauh lebih curam saat Anda mulai melewati tebing Penrissen. Tanahnya berbatu-batu, kadang-kadang tidak stabil dan jalannya sekarang menjadi kurang jelas, kadang-kadang terdapat lubang-lubang yang dalam di antara bebatuan. Berhati-hatilah saat melihat di mana Anda meletakkan kaki Anda.

Terdapat beberapa tangga yang dapat membantu mencapai ketinggian, namun hati-hati karena rawan longsor. Inilah salah satu alasan mengapa Anda tidak boleh melakukan pendakian ini sendirian atau bersama orang yang takut ketinggian. Perhatikan juga potongan kayu yang terlihat cukup kuat, tapi sebenarnya sudah busuk dan tidak mampu menahan beban seseorang.

 

Infografis Sederet Bahaya Langsung dan Susulan dari Letusan Gunung Api. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Sederet Bahaya Langsung dan Susulan dari Letusan Gunung Api. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya