Beragam Kontribusi Putri Kus Wisnu Wardani yang Raih Penghargaan Bintang Mahaputra Adipradana dari Presiden Jokowi

Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) dan juga Ketua Dewan Penasehat Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani menerima penghargaan Bintang Mahaputra Adipradana dari Presiden Jokowi.

oleh Tim Lifestyle diperbarui 18 Agu 2024, 07:40 WIB
Diterbitkan 05 Agu 2024, 06:22 WIB
Beragam Kontribusi Putri Kus Wisnu Wardani yang Raih Penghargaan Bintang Mahaputra Adipradana dari Presiden Jokowi.
Beragam Kontribusi Putri Kus Wisnu Wardani yang Raih Penghargaan Bintang Mahaputra Adipradana dari Presiden Jokowi. foto: istimewa

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) dan juga Ketua Dewan Penasehat Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani menerima penghargaan Bintang Mahaputra Adipradana dari Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo (Jokowi) dalam upacara resmi di Istana Negara, Rabu, 14 Agustus 2024. Penghargaan ini jadi salah satu tanda kehormatan yang diberikan oleh Pemerintah Indonesia kepada individu-individu yang telah memberikan jasa luar biasa kepada bangsa dan negara.

Bintang Mahaputra Adipradana termasuk dalam kategori Bintang Mahaputra, yang merupakan tanda kehormatan satu tingkat dibawah Bintang Mahaputra Adipurna yang hanya diterima oleh Presiden dan Wakil Presiden. Bintang Mahaputra Adipradana dianugerahkan kepada Putri yang telah menunjukkan pengabdian, dedikasi, dan kontribusi luar biasa dalam berbagai bidang seperti pemerintahan, politik, sosial, budaya, ekonomi, dan kemanusiaan serta telah melakukan peran penting dalam pembangunan nasional, memperkuat integritas dan kedaulatan negara, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sebagai Dewan Pertimbangan Presiden, Putri Kus Wisnu Wardani memperjuangkan berbagai aspek sosial, ekonomi, dan budaya. Salah satu inisiatif penting yang dipimpinnya adalah memperjuangkan Budaya Sehat Jamu untuk diajukan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) ke UNESCO, yang secara resmi telah diakui sebagai WBTB Indonesia oleh UNESCO pada 6 Desember 2023.

Putri juga mengusulkan kepada pemerintah tentang pentingnya memiliki Hari Kebaya Nasional untuk diperingati dan sekaligus sebagai sarana promosi warisan budaya nasional. Melalui Keputusan Presiden (Keppres) No. 19 Tahun 2023, Pemerintah menetapkan tanggal 24 Juli sebagai peringatan Hari Kebaya Nasional (HKN). Keppres ini menegaskan bahwa kebaya merupakan identitas nasional yang wajib dilestarikan dan sedang memperjuangkan kebaya Indonesia untuk diakui sebagai WBTB oleh UNESCO.

Putri pun mendorong terbitnya Perpres No. 54 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Pemanfaatan Jamu, yang menjadi acuan bagi para pemangku kepentingan dalam menyusun dan melaksanakan program kegiatan sesuai dengan kompetensi, tupoksi, dan kewenangan masing-masing.

Selain itu, Putri berjasa dalam mendorong ekonomi kerakyatan melalui eksistensi UMKM dan pasar tradisional. Perannya terlihat dalam penerbitan Perpres 112/2007 dan Permendag 53/2008 yang memberikan landasan kuat bagi pertumbuhan UMKM dan pasar tradisional di Indonesia.

Putri menjadi inisiator dan koordinator terbentuknya Aliansi 11 Asosiasi Multi Industri (di antaranya APPSI, AP3MI, PPÁK Kosmetika, Gabel, GAPMMI) yang memperjuangkan eksistensi industri nasional dan pasar tradisional agar dapat eksis dengan layak, mengikuti tuntutan zaman, dan mampu bersaing dengan pasar modern.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pemanfaatan Produk Usaha Berbasis Budaya

Beragam Kontribusi Putri Kus Wisnu Wardani yang Raih Penghargaan Bintang Mahaputra Adipradana dari Presiden Jokowi.
Beragam Kontribusi Putri Kus Wisnu Wardani yang Raih Penghargaan Bintang Mahaputra Adipradana dari Presiden Jokowi. foto: istimewa

Salah satu anggota aliansi, misalnya Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI), bahkan telah memiliki jaringan yang luas di seluruh daerah dan berperan besar dalam membantu pemerintah menciptakan ekosistem pasar yang mengutamakan kepentingan pedagang dan kenyamanan pelanggan.

Beberapa upaya yang dilakukan terkait regulasi antara lain mengawal pelaksanaan Perpres No. 112 tahun 2007 dan Permendag No. 53 tahun 2008 tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern, termasuk juga mengenai ketentuan kemitraan dan Trading Term serta pengaturan zonasi, jam buka/jam tutup, dan prioritas mini market lokal dalam perizinan.

Sebagai Wakil Ketua Umum Kadin, Putri telah mendorong terbitnya Peraturan Gubernur DKI No. 49/2013 tentang Pemanfaatan Produk Usaha Berbasis Budaya, di mana semua unsur usaha pariwisata dan layanan masyarakat, seperti kantor, mall, hotel, dan kawasan pariwisata perlu mengoptimalkan pemanfaatan produk usaha yang berbasis budaya lokal, seperti seragam karyawan, hiasan ruangan, pajangan ruangan, makanan minimum, dan lain sebagainya.

Putri juga merupakan pendiri Asosiasi Merek Indonesia (AMIN) yang bertujuan memperkuat eksistensi produk, khususnya merek Indonesia, untuk menjadi tuan rumah di negara sendiri dan menjadi tamu terhormat di negara lain.

Sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Ibu Putri secara spesifik memberikan berbagai nasehat dan pertimbangan kepada Presiden untuk hal-hal berikut, Penguatan UMKM Industri Kreatif Berbasis Budaya, Penguatan Jamu sebagai Warisan Budaya dan Pendorong Ekonomi Bangsa, Penguatan Regulasi dan Kelembagaan terkait Peta Jalan Pengembangan dan Pemanfaatan Jamu Indonesia.

 


Penyiapan SDM Unggul

Beragam Kontribusi Putri Kus Wisnu Wardani yang Raih Penghargaan Bintang Mahaputra Adipradana dari Presiden Jokowi
Beragam Kontribusi Putri Kus Wisnu Wardani yang Raih Penghargaan Bintang Mahaputra Adipradana dari Presiden Jokowi.  foto: istimewa

Sebagai tokoh sentral di balik Yayasan Puteri Indonesia (YPI), Putri Kus Wisnu Wardani juga berjasa dalam mencetak sumber daya manusia perempuan muda Indonesia yang berkualitas melalui ajang Pemilihan Puteri Indonesia.

Bukan itu saja, Putri juga menggantikan berbagai apresiasi pemenang yang sebelumnya berbentuk materi, seperti uang tunai, kendaraan, dan barang-barang elektronik, menjadi berbagai beasiswa tingkat S1, S2, maupun S3 dari berbagai universitas negeri maupun swasta sebagai bagian dari penyiapan sumber daya manusia unggul dan terbaik menuju Indonesia Emas 2045. Pemenang dari ajang Pemilihan Puteri Indonesia ini kemudian menjadi duta yang mewakili Indonesia dalam berbagai kesempatan, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Penghargaan Bintang Mahaputra Adipradana ini melambangkan pengakuan atas jasa-jasa yang signifikan dan kontribusi yang sangat berdampak positif bagi kemajuan bangsa dan negara. Putri telah menunjukkan kepemimpinan yang inspiratif dan memberikan dampak positif bagi bangsa ini. Penghargaan ini adalah wujud apresiasi atas segala usaha dan prestasi yang telah dicapai.

Putri menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang telah diberikan. “ Penghargaan ini menjadi motivasi untuk terus berkarya dan memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara. Saya juga berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi terbaik demi kemajuan negara kita," ungkap Putri.Dengan penghargaan ini, diharapkan Putri Kus Wisnu Wardani akan terus memberikan inspirasi dan mendorong lebih banyak inovasi serta inisiatif yang dapat memperkuat posisi Indonesia di mata dunia.

 

infografis Mobil Kepresidenan
Mobil Kepresidenan di Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya