Drama Pernikahan Ayah Miley Cyrus dan Istri Kedua yang Terpaut Usia 26 Tahun, Cerai dalam 7 Bulan dan Sepakat Tak Bagi Harta Gono-gini

Ayah Miley Cyrus, Billy Ray Cyrus menikahi istri keduanya, Firerose, pada Oktober 2023. Tujuh bulan kemudian, Cyrus menggugat cerai istrinya.

oleh Dinny Mutiah diperbarui 07 Agu 2024, 10:01 WIB
Diterbitkan 07 Agu 2024, 10:01 WIB
Drama Pernikahan Ayah Miley Cyrus dan Istri Kedua yang Terpaut Usia 26 Tahun, Cerai dalam 7 Bulan dan Sepakat Tak Bagi Harta Gono-gini
Billy Ray Cyrus, ayah Miley Cyrus, saat masih mesra dengan Firerose. (dok. Jason Kempin / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Pernikahan kedua ayah Miley Cyrus, Billy Ray Cyrus dengan Firerose berakhir dengan perceraian. Keputusan cerai itu diresmikan pada Senin, 5 Agustus 2027, dengan pernikahan berjalan kurang dari setahun.

Cyrus berbeda usia 26 tahun dengan penyanyi country kelahiran Australia itu. Mereka menikah pada Oktober 2023, tapi sudah saling mengenal sejak 2010 saat Billy Ray Cyrus masih menikah dengan Tish Cyrus.

Sepuluh tahun setelah pertemuan pertama, Cyrus mengontak Firerose dan memintanya berduet untuk cover lagu Tanya Tucker, Delta Dawn. Cyrus disebut menyebut perempuan bernama asli Johanna Scholem itu sebagai 'belahan jiwanya'.

Namun, manisnya pernikahan tidak bertahan lama. Cyrus resmi mengajukan cerai pada 22 Mei 2024, saat pernikahan baru berjalan tujuh bulan dengan menyebut 'perbedaan yang tidak bisa didamaikan' sebagai alasannya. Mengutip NY Post, Selasa (6/8/2024), berdasarkan dokumen perceraian, Firerose cerai tanpa mendapat harta gono-gini alias 0 dolar AS.

Penyanyi itu memutuskan untuk "pergi tanpa memperjuangkan uang untuk menyelesaikan hubungan yang tidak menentu dan segala sesuatu yang berhubungan dengan Billy," kata sumber yang dekat dengan Firerose kepada The Post.

Cyrus tampaknya juga bersyukur bahwa pernikahan keduanya telah berakhir. Dalam sebuah pernyataan yang disampaikan pengacara Cyrus, bintang country itu berkata, "Saya sangat lega… dan bersyukur hari ini untuk bernapas lega."

"Ini benar-benar penipuan paling gila yang pernah saya dengar. Apalagi faktanya, saya berada tepat di tengah dan pada dasarnya menjadi target skema ini. Sangat disayangkan… hal ini terjadi seperti ini," tambahnya. "[T]bukan hanya jaringan kebohongan yang menempatkan saya dalam bahaya fisik… Ini adalah masalah hati. Cinta itu buta… itu pasti."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perceraian Billy Ray Cyrus Disebut Mimpi Buruk

Drama Pernikahan Ayah Miley Cyrus dan Istri Kedua yang Terpaut Usia 26 Tahun, Cerai dalam 7 Bulan dan Sepakat Tak Bagi Harta Gono-gini
Billy Ray Cyrus dan Firerose. (dok. Jason Davis / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

 

Tim hukum Cyrus menyebut pernikahan dan perceraian itu sebagai “mimpi buruk”. Mereka juga menuduh Firerose hanya menikahi Cyrus untuk nama belakangnya. Menurut mereka, mantan istrinya, yang menggunakan nama belakang suami pertamanya, Hodges, secara resmi mengubah nama belakangnya menjadi 'Cyrus' tepat sebelum pasangan tersebut memasuki mediasi.

"Tn. Cyrus merasa hal ini membenarkan pernyataannya bahwa satu-satunya dorongan mantan istrinya untuk menikah dengannya adalah untuk mendapatkan nama belakangnya,"  kata mereka.

Namun, sumber dekat Firerose mengatakan bahwa dia mengajukan perubahan nama belakang tak lama setelah dia dan Cyrus menikah. "Ini bukan sesuatu yang baru saja dia lakukan minggu lalu, terutama setelah kampanye kotor yang dilakukan oleh tim [Billy Ray]," kata sumber tersebut.

Mereka menambahkan bahwa persepsi publik terhadap pelantun "Achy Breaky Heart" itu akan ternoda jika proses perceraian terus berlanjut, mengonfirmasi laporan dari Daily Mail. "Jika kasus ini diadili, Firerose dan timnya akan memberikan banyak bukti untuk membuktikan bahwa dia mengarang narasi yang akan menguntungkan citra publiknya," sumber tersebut menegaskan.


Firerose Rencanakan Operasi Masektomi Sebelum Bercerai

Drama Pernikahan Ayah Miley Cyrus dan Istri Kedua yang Terpaut Usia 26 Tahun, Cerai dalam 7 Bulan dan Sepakat Tak Bagi Harta Gono-gini
Firerose. (dok. Jason Davis / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

Firerose telah merencanakan mastektomi ganda setelah dites positif memiliki gen BRCA, yang menunjukkan risiko mengidap kanker lebih tinggi. Diduga, operasi tersebut seharusnya dilakukan beberapa hari sebelum Cyrus menggugat cerai pada Mei lalu. Operasi Firerose kemudian dijadwalkan dilakukan akhir bulan ini.

"Tidak ada keraguan dia akan mendapatkan perceraian. Namun yang jauh lebih penting baginya adalah mengakhiri kampanye kotor yang terus-menerus ini, dan menghentikan gejolak emosi sehingga dia dapat menutup bab ini dan pulih dari operasinya dengan damai," imbuh sumber dekat Firerose.

Namun, Cyrus mempertanyakan hasil diagnosis tersebut. Sumber yang dekat dengan Firerose mengatakan bahwa dalam usulan Perjanjian Pembubaran Perkawinan sebelumnya, Cyrus dan timnya telah memasukkan klausul yang meminta Firerose untuk mengakui bahwa dia berbohong tentang memiliki gen BRCA.

Sumber tersebut mengatakan bahwa hal ini 'dengan cepat dan mudah dipatahkan saat Firerose menunjukkan hasil tes dan catatan medisnya untuk membuktikan sebaliknya', seraya menyebutnya, 'tindakan menjijikkan yang dilakukannya'.

 

 


Hak Gono-gini

[Liputan6] Miley Cyrus
(Sumber: Instagram @mileycyrus)

Setelah bercerai, kedua belah pihak sepakat untuk menyimpan semua harta benda yang mereka miliki saat mereka menikah. Ini termasuk 'aset warisan, pakaian, topi, aksesoris, gitar, dan peralatan musik, perhiasan, dan barang-barang pribadi miliknya yang sekarang dimiliki masing-masing', menurut isi dokumen perceraian.

Cyrus akan memiliki semua kuda dan ternaknya beserta semua kendaraannya — Nissan Titan 2010, Harley Davidson 1993, Truk GMC 1993, Freightliner Sprinter Van 2008, dan Nissan Murano 2024. Ia juga mempertahankan sahamnya di berbagai perusahaan produksi dan penerbitan dan 'semua hak, kepemilikan dan kepentingan' pada royalti untuk komposisi musiknya.

Sedangkan, Firerose mendapatdianugerahi Mercedes Benz 2020 miliknya dan juga kepemilikan atas hak master dan kepentingan hak cipta 'serta bagian [Billy Ray] atas kepemilikan dan penerbitan serta royalti penulis mana pun' untuk lagu-lagu yang ditulis dan/atau diterbitkan oleh pasangan tersebut 'sebelum dan selama perkawinan para pihak agar istri mempunyai kepemilikan seratus persen'. Tidak ada yang akan membayar tunjangan pasangan, dan keduanya dianggap bertanggung jawab atas utang mereka sendiri.

Perpecahan pahit Cyrus dan Firerose terjadi di depan umum, dengan masing-masing saling menuduh melakukan pelecehan verbal dan emosional. Daily Mail memperoleh rekaman audio pada Juli tentang Cyrus yang meremehkan dan mengejek istrinya dengan kata-kata kasar yang sarat sumpah serapah. Konfrontasi tersebut tampaknya terjadi setelah Cyrus terlambat naik ke panggung di sebuah pertunjukan, dan dia sepertinya menyalahkan Firerose.

Infografis Journal_Apa Penyebab Terjadinya Perceraian? (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Journal_Apa Penyebab Terjadinya Perceraian? (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya