Jejak Karier Min Hee Jin hingga Dipecat dari Posisi CEO ADOR

Min Hee Jin memang tidak lagi bertindak sebagai CEO ADOR, tapi akan tetap menjabat jadi direktur internal dan terus menangani tugas-tugas produksi NewJeans.

oleh Asnida Riani diperbarui 28 Agu 2024, 11:00 WIB
Diterbitkan 28 Agu 2024, 11:00 WIB
Min Hee Jin
HYBE meminta Min Hee Jin mengundurkan diri dari jabatan CEO ADOR, agensi yang menaungi NewJeans. (dok. Instagram @min.hee.jin/https://www.instagram.com/p/Ctaagh3JAnB/)

Liputan6.com, Jakarta - ADOR secara resmi mengumumkan "pengunduran diri" Min Hee Jin dari jabatan CEO, dengan mengungkap bahwa Kim Joo Young telah ditunjuk sebagai CEO baru, Selasa, 27 Agustus 2024. Label itu menyatakan, "Kim Joo Young, seorang pakar SDM dengan pengalaman beragam di industri ini, akan fokus pada upaya menstabilkan dan merestrukturisasi organisasi."

Menurut KBIZoom, dikutip Rabu (28/8/2024), Min memang tidak lagi bertindak sebagai CEO, tapi akan tetap menjabat jadi direktur internal dan terus menangani tugas-tugas produksi NewJeans. Ini jadi halaman baru di karier panjangnya di industri K-pop.

Ia memulai kariernya di SM Entertainment pada 2002 sebagai desainer grafis, rangkum Lifestyle Asia. Selama beberapa tahun berikutnya, Min naik jabatan jadi direktur kreatif di SM Entertainment. Selama masa kerjanya, agensi tersebut menciptakan beberapa grup K-pop terbesar di dunia, termasuk Girls' Generation, f(x), Exo, dan Red Velvet.

Min digadang-gadang jadi penggerak perubahan yang dialami K-pop dari dekade 2000-an hingga 2010-an. Ia mengambil pendekatan eksperimental dalam pengarahan seni dan berperan penting dalam mengubah K-pop dari format tradisional jadi gaya modern yang lebih trendi berdasarkan konsep-konsep unik.

Saat bergabung dengan HYBE Corporation pada 2019, Min memulai kariernya sebagai chief brand officer. Tugasnya adalah mengawasi dan melaksanakan upaya rebranding label tersebut.

Dua tahun kemudian, tepatnya pada bulan November, ia diangkat jadi CEO ADOR. Pada Juli 2022, Min Hee Jin meluncurkan grup K-pop pertama labelnya: NewJeans.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


NewJeans sampai V BTS

Min Hee Jin
HYBE meminta Min Hee Jin mengundurkan diri dari jabatan CEO ADOR, agensi yang menaungi NewJeans. (dok. Instagram @min.hee.jin/https://www.instagram.com/p/Cmn3RMoOlyI/)

Minji dkk langsung melejit, menduduki peringkat pertama di Circle Digital Chart Korea Selatan dengan lagu debut mereka "Attention." Selain masuk Billboard Hot 100 dan Billboard Global 200, grup ini mencatat nama mereka dalam daftar Pemimpin Generasi Berikutnya versi majalah TIME, serta Korea Power Celebrity 40 versi Forbes.

Sebelum kontroversi ini, Min jadi berita utama karena memenangkan penghargaan Produser Terbaik di Golden Disc Awards 2024. Penghargaan tersebut diberikan padanya oleh NewJeans. Ia juga ikut terlibat dalam produksi album solo V BTS "Layover" dengan inspirasi dari Pink Tape milik f(x). V memuji Min karena proyek tersebut dan atas ketulusannya.

Perempuan berusia 44 tahun ini memiliki kekayaan bersih yang sangat tinggi. Bahkan, ia adalah salah satu orang terkaya di industri hiburan Korea. Meski sulit menemukan informasi tentang kekayaan selebritas, rincian keuangan Min relatif lebih mudah diperoleh karena sahamnya di ADOR tersedia untuk umum.

Media Korea iNews 24 pada Mei 2023 mengungkap bahwa Min adalah salah satu perempuan pemegang saham terkaya di Korea Selatan walau tidak lahir sebagai chaebol, sebutan keluarga konglomerat di Negeri Ginseng. Laporan tersebut mengatakan bahwa survei lembaga penelitian analisis bisnis Leaders Index menemukan bahwa Min adalah salah satu dari 34 perempuan pemegang saham dari 417 yang bukan berasal dari chaebol.


Kekayaan Bersih Min Hee Jin

Min Hee Jin
Min Hee Jin gelar jumpa pers darurat di tengah konflik dengan HYBE. (dok. tangkapan layar video YouTube 엠빅뉴스)

Kekayaan kolektif yang dimiliki 34 orang tersebut, termasuk Min, adalah sekitar 8,1 persen dari total kekayaan saham yang dimiliki semua orang. Laporan tersebut tidak mengungkap kekayaan bersih Min Hee Jin secara pasti.

Jadi, berapa sebenarnya kekayaan bersih Min? Laporan keuangan tahun 2022 yang diajukan ADOR mungkin dapat memberi petunjuk. Perusahaan tersebut mencatat pendapatan sekitar 13,6 juta dolar AS, tapi membukukan kerugian operasional sebesar 2,92 juta dolar AS. Artinya, saham Min saat itu berada dalam posisi yang tidak menentu.

Yang menyelamatkannya adalah fleksibilitas sahamnya. Ia memiliki jaring pengaman dengan opsi jual (hak untuk menjual saham pada harga yang telah ditentukan) yang dilaporkannya di HYBE, yang diperkirakan sekitar 73 juta dolar AS. Intinya, jika nilai perusahaan ADOR mencapai 1 triliun won, Min akan menghasilkan sekitar 200 miliar won dengan menjual sahamnya.

Kendati demikian, Min disebut-sebut sebagai salah satu ikon pebisnis perempuan Korea, seperti mantan direktur Museum Seni Leeum Hong Ra Hee, Presiden Hotel Shilla Lee Boo Jin, dan Ketua Yayasan Kesejahteraan Samsung Lee Seo Hyun, dalam laporan Leaders Index. Ini membuktikan bahwa ia adalah salah satu tokoh paling berpengaruh di negara itu.


Min Hee Jin Diberhentikan Sepihak?

Simbol kelinci NewJeans yang mengenakan pakaian ikonik Min Hee Jin saat konferensi pers klarifikasinya.
Simbol kelinci NewJeans yang mengenakan pakaian ikonik Min Hee Jin saat konferensi pers klarifikasinya. (Dok: Kbizoom IG @monalarim https://www.instagram.com/reel/C6UG6RrIouY/?igsh=ZHFyY3VwZDczbTI4)

Kemarin, Selasa, 27 Agustus 2024, seorang perwakilan Min Hee Jin mengungkap pada MyDaily, "Pada 24 (Agustus 2024), kami tiba-tiba diberitahu dewan ADOR bahwa akan diadakan rapat terkait pergantian CEO. Mantan CEO Min menghadiri rapat tersebut melalui telepon."

Perwakilan tersebut menambahkan, "Mantan CEO Min diberhentikan secara sepihak, terlepas dari keinginannya. Ini merupakan pelanggaran serius terhadap perjanjian pemegang saham. Perusahaan mengumumkan bahwa mantan CEO Min akan terus menangani produksi NewJeans, tapi hal ini belum disetujui."

"Ini merupakan pemberitahuan sepihak lainnya dari perusahaan. Saat ini, mantan CEO Min tengah mempertimbangkan pilihannya dengan saksama," ujar dia.

ADOR sebelumnya mengungkap, "Kami akan memisahkan produksi dan manajemen dalam organisasi. Pemisahan ini sejalan dengan prinsip operasi multi-label kami, yang telah diterapkan secara konsisten pada label lain (di HYBE). ADOR merupakan pengecualian, dengan CEO yang mengawasi produksi dan manajemen." Label itu menambahkan bahwa restrukturisasi ini bertujuan mendukung pertumbuhan dan keberhasilan NewJeans.

Infografis Pesona K-Pop Mendamaikan Korea
Infografis Pesona K-Pop Mendamaikan Korea
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya