Duduk di Kelas Ekonomi dan Salat di Pesawat, Dul Jaelani Banjir Pujian

Warganet semakin kagum ketika melihat Dul Jaelani duduk di kursi ekonomi, dan bukan di kelas bisnis. Padahal biasanya para selebriti membagikan foto atau videoi naik pesawat di kelas bisnis atau bahkan di jet pribadi.

oleh Henry diperbarui 27 Okt 2024, 04:00 WIB
Diterbitkan 27 Okt 2024, 04:00 WIB
Duduk di Kelas Ekonomi dan Salat di Pesawat, Dul Jaelani Banjir Pujian.
Duduk di Kelas Ekonomi dan Salat di Pesawat, Dul Jaelani Banjir Pujian.  foto: (dok.Instagram @pembasmi.kehaluan.reall/https://www.instagram.com/p/DBh9D8HTeJ-/Henry)

Liputan6.com, Jakarta - Momen Dul Jaelani tengah menjalankan ibadah salat di atas pesawat menjadi viral. Unggahan tersebut memperlihatkan Dul yang sedang menunaikan salat di kursi kelas ekonomi sebuah pesawat. Warganet pun ramai memuji adab kekasih Tissa Biani yang tidak meninggalkan kewajibannya meski di tengah perjalanan.

Warganet semakin kagum ketika melihat Dul Jaelani tampak duduk di kursi ekonomi, dan bukan di kelas bisnis. Padahal biasanya para selebriti membagikan foto atau videoi naik pesawat di kelas bisnis atau bahkan di jet pribadi.

Video tersebut ramai dibagikan di sejumlah akun media sosial, salah satunya di akun Instagram @pembasmi.kehaluan.reall,  "MasyaAllah Dul, semoga tetap istiqomah yaa," tulis keterangan unggahan tersebut. Dalam unggahan pada Jumat, 25 Oktober tampak Dul mengenakan pakaian kasual berwarna biru navy sedang menjalankan salat di pesawat.

Putra bungsu Ahmad Dani dan Maia Estianty itu melakukan gerakan salat dengan menyesuaikan kondisi ruang yang ada. Meskipun ia tidak bisa melakukan gerakan yang sempurna seperti salat pada umumnya, Dul tetap berusaha menjalankan ibadah dengan khusyuk dan tenang.

Sayangnya, tak ada keterangan salat apa yang sedang dijalani pria berusia 24 tanun tersebut. Unggahan itu pun mendapat banyak komentar dari warganet yang sebagian besar memuji Dul.

"Dia punya trauma dan penyesalan di masa lalu. Kuat yaa Dul, InsyaAllah selalu istiqomah," komentar seorang warganet.

"Memilih kabin ekonomi meski mampu untuk bisnis class," puji yang lain.

"Dia menyadari bahwa dia salah satu manusia yang diberi kesempatan hidup dua kali dari kecelakaan mengerikan itu. Mantab Dul," sahut warganet yang lain.

"Dul mah emang udah reliji sejak dulu. Zaman 2018 dia sering i'tikaf di masjid kemang," timpal warganet lainnya.

"Gambaran orang Tobatan nasuha ya pada diri dul ini, dia membuktikan bisa berubah tanpa harus koar2🔥🔥🔥," ujar warganet lainnya.

 

Video Cara Salat di Pesawat

Duduk di Kelas Ekonomi dan Salat di Pesawat, Dul Jaelani Banjir Pujian
Duduk di Kelas Ekonomi dan Salat di Pesawat, Dul Jaelani Banjir Pujian.  foto: (dok.Instagram @pembasmi.kehaluan.reall/https://www.instagram.com/p/DBh9D8HTeJ-/Henry)

Dul Jelani pernah mengalami kecelakaan dahsyat di jalan tol saat masih berusia 13 tahun atau pada 2013 lalu. Mobil yang dikemudikan Dul keluar jalur ke arah berlawanan dan menabrak kendaraan lainnya hingga menyebabkan beberapa orang tewas.

Dul selamat dalam peristiwa nahas tersebut tapi dia mengalami luka serius dan harus rasa mengatasi rasa trauma selama beberapa waktu. Di sisi lain, sudah beberapa kali beredar video penumpang maupun awak kabin sedang melaksanakan salat di pesawat yang sedang mengudara. Tapi, video-video tersebut biasanya hanya sekilas saja dan biasanya direkam secara diam-diam.

Hal itu berbeda dengan seorang pramugari membagikan video cara melakukan salat di pesawat. Caranya simpel dan tidak sulit. Dilansir dari video unggahan akun Youtube ‘pramugari channel’ pada 20 April 2021, seorang pramugari dengan akun tiktok @fayantinurhasanah26 membagikan tutorial tentang bagaimana cara pramugari salat di pesawat.

Video tersebut saat itu sudah ditonton jutaan kali.  "Jika memungkinkan, sebaiknya salat di darat. Jika tidak memungkinkan, pramugari bisa melakukan di pesawat," tulisnya dalam unggahan tersebut.

 

Salat dalam Keadaan Duduk

Video pramugari salat di pesawat viral
foto: Tiktok @kusdifrans24

Tahapannya dimulai dari cara mengambil wudu. Sebelum salat, pramugari akan berwudu menggunakan air yang ada di toilet pesawat. Namun jika dalam keadaan darurat dan tidak memungkinkan untuk berwudu menggunakan air di pesawat, tayamum bisa jadi solusi.

Saat akan melaksanakan salat di pesawat, ada dua hal utama yang harus dipersiapkan, yaitu mukena dan disposal bag atau tas pembuangan. Tas atau kantong tersebut digunakan sebagai alas kaki pramugari ketika salat agar menjaga kaki tetap dalam keadaan suci.

Kalau kita biasanya melaksanakan salat sambil berdiri menghadap kiblat, maka sang pramugari salat dalam keadaan duduk menghadap ke mana arah pesawat sedang terbang. Usai mengambil wudu, pramugari terlebih dahulu mengenakan mukena bagian bawah, kemudian duduk di jump seat dan memakai shoulder harness pesawat.

Pemakaian shoulder harness atau tali pengikat bahu dilakukan untuk berjaga-jaga jika dalam keadaan darurat, pramugari sudah dalam keadaan aman. Setelahnya dilanjutkan mengenakan mukena bagian atas. Salat pun dilaksanakan seperti biasanya.

Tata Cara Salat di Kendaraan

Pramugari Unggah Video Tata Cara Salat di Pesawat
Pramugari Unggah Video Tata Cara Salat di Pesawat. foto: Youtube 'pramugari channel'

Di tahun lalu, momen pramugari tayamum dan salat di pesawat sempat terekam kamera dan videonya viral usai diunggah di TikTok dan diunggah kembali oleh akun Twitter @rakyatjelataTV pada Kamis, 22 Oktober 2020. Dalam video TikTok milik akun @kusditrans24 ini, pramugari tersebut terlihat bertayamum lalu mengenakan mukena berwarna merah muda dan salat di dekat pintu pesawat.

Mengutip kanal Islam Liputan6.com,. berikut ini tata cara salat di atas kendaraan dari bus sampau pesawat terbang adalah sebagai:

1. Duduk sesuai posisi normal orang naik kendaraan, punggung disandarkan di jok kursi, pandangan mengarah ke depan bawah.

2. Niat salat seperti biasanya

3. Takbiratul ihram dilanjtkan membaca doa iftitah, membaca surat Al Fatihah dan surat-surat pendek dalam Al-Qur'an

4. Rukuk dengan sedikit menundukkan badan.

5. Bangkit i’tidal kembali ke posisi semula.

6. Sujud dengan menundukkan badan yang lebih rendah dari pada ketika rukuk.

7. Duduk diantara dua sujud dengan posisi duduk sempurna, seperti ketika takbiratul ihram.

8. Gerakan yang lainnya sama seperti di atas.

9. Ketika tasyahud mengacungkan isyarat jari telunjuk dan pandangan tertuju ke arah telunjuk.

10. Salam, menoleh ke kanan ke kiri dalam posisi duduk.

 

Infografis tata cara salat gerhana
Infografis tata cara salat gerhana. (Istimewa)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya