Mari Mengajar di SAJA, Sekolah Sahabat Anak Jalanan

Sekolah ini diperuntukan untuk anak jalanan yang membutuhkan pendidikan.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 08 Jun 2014, 13:27 WIB
Diterbitkan 08 Jun 2014, 13:27 WIB
Yuk, Mari Mengajar di Sekolah Sahabat Anak Jalanan (S.A.J.A)
S.A.J.A atau lebih dikenal dengan nama Sahabat Anak Jalanan ialah sekolah yang diperuntukan untuk anak jalanan yang membutuhkan pendidikan.

Citizen6, Jakarta Mahasiswa-Mahasiswi The London School Of Public Relations-Jakarta pada hari Jumat, 6 Juni 2014 turun langsung untuk mengajar di sekolah S.A.J.A demi memenuhi penilaian ujian akhir mereka.

Sekolah S.A.J.A atau lebih dikenal dengan nama Sahabat Anak Jalanan merupakan sekolah yang diperuntukan untuk anak-anak jalanan yang membutuhkan pendidikan yang berlokasi di daerah Penjaringan, Jakarta Utara (dekat pelabuhan Sunda Kelapa). Sekolah yang berdiri dari September 2011 ini memberikan pendidikan gratis bagi anak-anak berusia 5 – 13 tahun.

Pada tahun 2001-2005, Sekolah S.A.J.A berada persis di bawah kolong jembatan tol sektor utara Jakarta. Tetapi pada akhir tahun 2005 sekolah ini berpindah tempat ke rumah kontrakan yang berada persis disamping kolong jembatan. Di area ini dihuni oleh lebih dari 100 kepala rumah tangga yang menempatinya secara illegal dengan pekerjaan yang tidak tetap.

Mahasiswa-mahasiswi LSPR membagikan pengalaman dan ilmu yang mereka dapat kepada murid-murid sekolah S.A.JA. Kata ‘belajar’ pada anak-anak adalah suatu hal yang membosankan, maka dari itu para mahasiswa-mahasiswi lebih senang menggunakan kata ‘Bermain’ dari pada kata ‘Belajar’. Penyaluran proses belajar mengajar dibungkus dengan konsep yang menarik yang dapat meminimalisir kebosanan mereka ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung.

Beberapa permainan yang diterapkan pada proses belajar mengajar dan sekaligus dapat memberikan pendidikan dalam hal respect dan polite adalah komunikata dan menyusun kalimat dengan kartu berwarna-warni sehingga dapat membuat anak-anak murid tertarik untuk belajar. (Igw)

Penulis:

Diah Kencana Sari
Student of The London School of Public Relations

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya