Kisah Tim Sembilan Kasus Century Disajikan Melalui Buku

Pramono berujar, ketika itu dirinya merupakan salah satu Pimpinan DPR yang mengikuti dan mendukung kerja Tim Sembilan Century.

oleh Taufiqurrohman diperbarui 12 Nov 2014, 15:18 WIB
Diterbitkan 12 Nov 2014, 15:18 WIB
Pradjoto
Pemakzulan Wapres Boediono

Liputan6.com, Jakarta - Buku berjudul 'Tim Sembilan Membongkar Skandal Century' diluncurkan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (12/11/2014). Di dalamnya, disajikan kisah 9 anggota DPR yang menggulirkan hak angket Bank Century dan skandalnya yang merugikan keuangan negara sekitar Rp 6,7 triliun itu.

Dalam acara peluncuran itu, hadir beberapa anggota Tim Sembilan. Diantaranya Akbar Faizal, Misbakhun, Bambang Soesatyo, Chandra Tirta Wijaya, dan Lily Wahid. Selain dari Tim Sembilan, hadir juga penulis buku Tim Sembilan Membongkar Skandal Century, Monang Sinaga.

Peluncuran buku tersebut dibuka oleh politisi PDIP Pramono Anung yang juga mantan Wakil Ketua DPR periode 2009-2014. Dalam sambutannya, Pramono berharap tidak ada lagi kasus-kasus besar seperti Bank Century ke depannya.

"Setelah reformasi, tidak ada lagi peristiwa besar yang melebihi kasus Century. Tim sembilan seperti menjadi selebriti, memenuhi pemberitaan," kata Pramono saat membuka acara peluncuran buku tersebut.

Pramono berujar, ketika itu dirinya merupakan salah satu Pimpinan DPR yang mengikuti dan mendukung kerja Tim Sembilan Century. Tak luput, Pramono berharap agar kasus tersebut bisa terus bergulir dan segera dituntaskan.

"Saya ikut sejak awal, saya pimpinan dewan dan Anis Matta di hadapan Pak Marzuki Alie (Demokrat) mengatakan memang tugas ini belum selesai. Saya yakin suasana dan atmosfer sudah berbeda, saya yakin penegak hukum seperti KPK nggak ragu lagi membuktikan janji yang diucapkan," beber Pramono.

Sebagai penulis, Monang mengatakan, dirinya menganggap Tim Sembilan sebagai sebuah gerakan inspirasi bagi siapapun. Penilaian itu menurutnya, karena mengingat tim tersebut diisi oleh para politisi muda lintas partai.

"Sebuah inspirasi, bagaimana politisi muda berjuang meyakinkan masing-masing ketua umumnya terkait penuntasan skandal Century," kata Monang.

Buku setebal 221 halaman tersebut memuat banyak sisi lain dan dinamika penuntasan skandal Bank Century. Kata pengantarnya ditulis oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Di dalam buku ini juga disajikan profil masing-masing anggota Tim Sembilan berikut kisah-kisah yang dialami selama kasus Century bergulir. (Yus)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya