Jokowi Mulai Berkantor di Solo

Walau mempunyai hajatan pribadi menikahkan putranya, Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda, namun Jokowi memutuskan tidak cuti.

oleh Luqman Rimadi diperbarui 09 Jun 2015, 07:47 WIB
Diterbitkan 09 Jun 2015, 07:47 WIB
Pimpin Ratas, Jokowi Pinta Pembangunan Infrastruktur Dipercepat
Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (26/5/2015). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi mulai menjalankan roda pemerintahan dari Kota Solo, Jawa Tengah, Selasa (9/6/2015). Walau mempunyai hajatan pribadi menikahkan putranya, Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda, namun Jokowi memutuskan tidak mengambil cuti dan tetap bekerja menjalankan aktivitasnya dari Solo. ‎

"Paginya masih di Istana. Mungkin sore atau siang berangkat. Ya S‎elama itu (prosesi acara pernikahan) pada tanggal 10 dan 11 Juni, roda pemerintahan akan saya kendalikan dari Solo. Artinya saya tetap akan bekerja," ujar Jokowi. ‎

Keputusan untuk berkantor di Solo, menurut Jokowi, karena sesuai dengan adat Jawa sebagai orangtua calon mempelai pria, dirinya diharuskan untuk mendampingi anaknya jelang proses pernikahan hingga acara selesai. Tujuannya, agar acara tersebut dapat berlangsung dengan lancar dan diberi kemudahan Yang Maha Kuasa.

"Sebagai seorang ayah, dan sesuai dengan kultur bangsa Indonesia, khususnya Jawa, orangtua harus dekat dengan calon mempelai, tujuannya adalah meneguhkan restu dan mengalirkan doa agar seluruh rangkaian acara nikahan berjalan lancar,‎" kata Jokowi.

Lalu, apa saja pekerjaan yang akan dilakukan selama menjalankan tugas kepresidenan di kota kelahirannya itu? Pria bernama lengkap Joko Widodo itu mengatakan dirinya akan lebih banyak mengerjakan hal-hal teknis yang bersifat rutinitas sebagai presiden.

"Ya mungkin berkaitan dengan tanda tangan surat-surat akan kita tetap kerjakan selama 2 hari itu,‎" jawab Jokowi.

Jokowi juga mengatakan, dirinya akan mengajak menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dan Sekretaris Kabinet (Seskab) Andi Widjajanto untuk membantunya melaksanakan tugas-tugasnya selama di Solo. "Ya paling nanti untuk bantu yang tanda tangan-tanda tangan ada Pak Seskab dan Mensesneg juga," kata dia.
 
Juru bicara keluarga Jokowi, Anggit Noegroho‎ mengatakan, selama di Solo, Presiden Jokowi akan akan tetap melaksanakan tugasnya sebagai Presiden dan mengendalikan roda pemerintahan dari kediaman di Jalan Kutai Utara, Sumber, Solo, Jawa Tengah.

"Pak Presiden tidak pindah kantor ke Solo. Sifatnya seperti kalau sedang tugas luar kota atau blusukan ke daerah-daerah saj‎a. Jadi tidak perlu membawa para staf untuk berkantor di Solo," kata Anggit Noegroho beberapa waktu lalu. ‎(Luq/Mut)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya