Marinir Siap Rayakan Puncak Acara Save Our Littoral Life

Untuk memeriahkan puncak acara di Pantai Malalayang, 13 peterjun Intai Amfibi Marinir juga melakukan aksi terjun freefall.

oleh Liputan6 diperbarui 15 Agu 2015, 03:00 WIB
Diterbitkan 15 Agu 2015, 03:00 WIB
20150815- Marinir
Marinir Siap Rayakan Puncak Acara Save Our Littoral Life. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Buyung Lalana menyatakan pihaknya siap menyuskseskan perayaan puncak acara Save Our Littoral Life (SOLL). Hal itu dikatakan sang komandan usai selesai melaksanakan gladi bersih penanaman terumbu karang di Pantai Malalayang, Manado, Jumat 14 Agustus 2015.

"Saya juga telah melaksanakan uji alat selam yang akan digunakan untuk video conference besok pada puncak acara Save Our Littoral Life," ujar Buyung dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Jumat 14 Agustus 2015.

"SCTV juga sudah mengadakan uji alat komunikasinya yang akan kita gunakan video conference di bawah laut dengan bapak Presiden. Alhamdulillah semua berjalan sesuai rencana, 500 penyelam juga sudah melaksanakan gladi dan uji alat selamnya," tambah dia.
Marinir Siap Rayakan Puncak Acara Save Our Littoral Life. (Istimewa)
Dia menyatakan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dijadwalkan akan berada di Pantai Dapang Pulau Aceh. Di tempat tersebut, acara akan berjalan dengan baik. Pun juga di Ambon

"Jumat 15 Agustus, secara serempak di 51 lokasi akan ditanam terumbu karang untuk memenuhi target 10.000.000 terumbu karang, semua puncak acara program penyelamatan terumbu karang untuk mendukung Indonesia sebagai poros maritim dunia," tegas Buyung.

Untuk memeriahkan puncak acara di Pantai Malalayang, 13 peterjun Intai Amfibi Marinir juga melakukan aksi terjun freefall. Dipimpin langsung Komandan Tim Penerjunan Letda Marinir Yunus Rumai, peterjun melompat dari ketinggian 6.000 kaki dengan menggunakan pesawat Cassa 212 TNI AL.

Para peterjun melakukan aksi terjun acuracy, canopy relative work (CRW) dan membawa bendera Merah Putih, TNI AL, Merah Putih dan Banner SOLL.

Sementara pada pagi hari, di Pantai Malalayang juga telah dilaksanakan bersih-bersih pantai yang dilakukan Marinir, masyarakat, Pemda Sulut, anggota TNI dan Polri dan pelajar serta mahasiswa.

Di Sari Ringgung

Prajurit Yonif-9 Mar sebelumnya melaksanakan kegiatan Transplantasi Terumbu Karang yang dilaksanakan di Pantai Sari Ringgung Lampung pada Kamis 13 Agustus 2015.

Marinir melakukan transplantasi terumbu karang yang di Pantai Sari Ringgung Lampung. (Istimewa)

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengkampanyekan program 'Save Our Littoral Life' yang merupakan implementasi nyata program pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Danyonif-9 MarinirLetkol Mar Datuk Sinaga bersama para Prajurit Petarung Pantang Mundur Beruang Hitam menyiapkan 150 substrat yang berisi 3000 stek terumbu karang yang akan di tanam di dasar laut Pantai Sari Ringgung. TNI/POLRI, Siswa/i, LSM, Pemda Setempat, Karang Taruna, serta Masyarakat Desa sekitar juga turut serta dalam kegiatan ini.

Menurut Datuk Sinaga, kegiatan penanaman terumbu karang ini dimulai sejak 01 Juni 2015. Saat itu, kegiatan tersebut dihadiri langsung Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Buyung Lalana di Pantai Klara.

Hingga saat ini, pantai-pantai yang sudah dilaksanakan kegiatan transplantasi terumbu karang di antaranya Pantai Mutun, Pantai Klara, Pantai Ketapang, Pantai Dewi Mendapa dan Pantai Cuku Cambaiyang memiliki potensi cukup besar untuk dibudidayakannya terumbu karang.

"Diharapkan dengan kegiatan transplantasi terumbu karang yang dilaksanakan secara berkelanjutan oleh prajurit Yonif-9 Marinir ini dapat membangkitkan kesadaran masyarakat untuk turut serta menjaga dan merawat kelestarian terumbu karang terutama di seluruh pantai wilayah Lampung,” papar Letkol Marinir Datuk Sinaga. (Ali/Ron)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya