Anak Rinjani Masih Erupsi, Bandara Lombok Ditutup Sampai Besok

Bagi penumpang yang ingin ke Bali, pihak bandara sediakan kapal cepat dari Senggigi.

oleh Hans Bahanan diperbarui 05 Nov 2015, 17:02 WIB
Diterbitkan 05 Nov 2015, 17:02 WIB
(Lip6 Siang) Bandara-Lombok
(Liputan 6 TV)

Liputan6.com, Mataram - Aktivitas Gunung Barujari, anak Gunung Rinjani, yang sampai hari ini masih terus menyemburkan abu vulkanik membuat seluruh penerbangan dari dan menuju Lombok ditutup hingga esok hari.

Hal itu dikarenakan, jalur penerbangan tertutup oleh abu vulkanik yang disemburkan oleh Gunung Barujari hingga mencapai 2.400 meter. Dikhawatirkan ini akan mengganggu penerbangan.

"Untuk operasional bandara, sejak kemarin sore pukul 18.45 WITA ditutup sementara hingga pukul 9.30 WITA pagi tadi. Namun, karena aktivitas erupsi meningkat, operasional bandara terpaksa di close hingga esok hari," ujar Agung Hartoni, kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTB di Mataram, Kamis (5/11/2015).

Agung menjelaskan, penutupan Bandara International Lombok hingga esok hari masih belum dipastikan karena harus menunggu informasi dari BMKG. Jika aktivitas anak Gunung Rinjani terus meningkat, kemungkinan bandara akan ditutup hingga beberapa hari ke depan.

Namun jika erupsinya berkurang dan lebih baik, maka seluruh penerbangan bisa dibuka.

"Otoritas Bandara Internasional Lombok masih menunggu informasi dan perkembangan dari BMKG, jika lebih baik maka bisa dibuka. Namun kalau terus meningkat, kemungkinan tetap dilanjutkan (ditutup)," kata dia.

Sementara itu, untuk mengantisipasi penumpukan penumpang di Bandara Lombok, pihak bandara dan Dinas Perhubungan telah menyiapkan jalur laut sebagai alternatif bagi para penumpang.

"Antisipasi menggunakan kapal laut. Bagi warga yang ingin berangkat ke Bali juga disediakan kapal cepat dari Senggigi," kata Agung. (Nil/Sun)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya