Hormati Jasa Para Guru, Jokowi Membungkuk di Atas Panggung

Presiden Jokowi mengatakan, peran guru sangat penting dalam membangun bangsa dan negara.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 02 Des 2017, 11:31 WIB
Diterbitkan 02 Des 2017, 11:31 WIB
Presiden Jokowi hadiri Hari Guru Nasional dan HUT PGRI di Bekasi.
Presiden Jokowi hadiri Hari Guru Nasional dan HUT PGRI di Bekasi. (Liputan6.com/Lizsa Egehem)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi berikan penghormatan kepada semua guru di seluruh Indonesia. Hal ini dilakukan Jokowi saat menghadiri acara peringatan Hari Guru Nasional dan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Jawa Barat.

"Saya bangga berdiri di sini bersama warga terhormat para guru se-Indonesia. Saya bangga berdiri di sini menghormati profesi yang sangat mulia. Selamat Hari Guru Nasional. Selamat HUT PGRI yang ke-72, Dirgahayu PGRI," kata Jokowi di lokasi.

Jokowi mengatakan, peran guru sangat penting dalam membangun bangsa dan negara. Atas jasa para guru, kata dia, semua orang dan pejabat negara kini dapat meraih sukses.

"Bapak Ibu Guru yang saya banggakan, perlu saya tegaskan di sini, saya tidak mungkin berdiri di mimbar terhormat ini tanpa didikan dari guru-guru," ujarnya.

Di tengah pidato, Jokowi bergeser ke samping mimbar. Lalu, dia membungkukkan badan untuk memberikan salam hormat kepada para guru di hadapannya.

"Saya ingin menyampaikan hormat takzim saya kepada guru-guru yang telah mendidik saya, sehingga saya menjadi Presiden," kata Jokowi sambil membungkuk dan menundukkan kepala.

"Saya tidak mungkin menjadi Presiden tanpa peran guru-guru," lanjut Jokowi kepada puluhan ribu guru yang hadir.

 


Apresiasi Tinggi

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengapresiasi jasa-jasa para guru yang telah melahirkan pemimpin untuk kemajuan Indonesia. Terlebih, para guru yang berada di daerah-daerah perbatasan.

"Saya menyampaikan penghargaan, apresiasi yang tinggi pada seluruh guru di Tanah Air, guru-guru yang ada di desa-desa, guru-guru yang ada di daerah perbatasan. Guru sangat penting dalam menentukan masa depan bangsa," tandas dia.

Dalam kesempatan ini, Jokowi didampingi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya