3 Pertemuan Senyap Jokowi yang Bocor ke Publik

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan pertemuan dengan beberapa tokoh secara rahasia dan tertutup.

oleh Liputan6.com diperbarui 30 Apr 2018, 08:03 WIB
Diterbitkan 30 Apr 2018, 08:03 WIB
Pimpin Sidang Kabinet Paripurna, Jokowi Bahas Prioritas Nasional 2019
Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (9/4). Sidang membahas ketersediaan anggaran dan pagu indikatif serta prioritas nasional tahun 2019. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi belakang melakukan pertemuan dengan beberapa tokoh secara rahasia dan tertutup. Meski dirahasiakan, pertemuan tersebut akhirnya bocor juga ke publik.

Pertemuan tersebut terungkap dari Jokowi maupun dari tokoh yang bertemu. Mereka mengaku pertemuan tersebut acap dilakukan. 

Sejumlah pihak menilai, pertemuan diam-diam ini berhubungan dengan pemilihan presiden 2019 mendatang. Seperti diketahui, Jokowi kembali maju dalam Pilpres 2019.

Berikut adalah pertemuan rahasia Presiden Jokowi yang bocor ke publik:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Pertemuan dengan Alumni 212

Banner Infografis alumni 212
Banner Infografis alumni 212

Presiden Jokowi melakukan pertemuan dengan Persaudaraan Alumni 212 pada Minggu (22/4) lalu. Pertemuan ini dilakukan secara diam-diam hingga akhirnya foto pertemuan tersebut bocor dan menjadi viral di media sosial.

Dalam foto tersebut, Jokowi terlihat berada di salah satu ruangan masjid. Mantan Wali Kota Solo itu memakai kemeja lengan panjang berwarna putih, celana panjang, dan peci berwarna hitam. Jokowi nampak berdiri diapit pengurus Persaudaraan Alumni 212, di antaranya Al-Khaththath, Sobri Lubis, Usamah Hisyam, Slamet Maarif, dan Yusuf Marta.

Para pengurus Persaudaraan Alumni 212 itu terlihat berbincang dengan Jokowi. Jokowi mengatakan, pertemuan tersebut dalam rangka mempererat silaturahmi dan menjaga persaudaraan.

 


2. Bertemu dengan Elite PKS

20170112-Rapat-Pleno-PKS-Jakarta-JT
Presiden PKS Sohibul Iman dan Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al Jufri hadiri rapat pleno, Jakarta, Kamis (12/1). Rapat melibatkan seluruh anggota Fraksi PKS DPR RI, DPRD seluruh provinsi, hingga komponen pendukung fraksi. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Beberapa waktu lalu, Presiden Jokowi melakukan pertemuan dengan Ketua Majelis Syuro PKS, Salim Segaf Al Jufri secara rahasia. Tapi isi dari pertemuan tersebut akhirnya terungkap. Di mana dalam pertemuan itu, Jokowi sempat mengajak PKS agar bergabung dengan koalisi pemerintah.

"Ya ada ajakan itu (gabung ke pemerintahan). Tapi kita menyatakan sejauh ini karena dalam posisi oposisi. Di dalam kabinet juga kita tetap tidak mau masuk," kata Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Al Muzzammil Yusuf.

 


3. Pertemuan Senyap dengan PAN

PAN Buka Kesempatan Untuk Menjadi Kader
Ketua Umum Partai Amanat Nasional, Zulkifli Hasan bersama Pengurus DPP PAN dan kader saat jumpa pers di Rumah PAN di kawasan Senopati, Jakarta, Kamis (12/4). PAN tetap konsisten mengusung Zulkifli sebagai calon presiden pada Pemilu 2019. (Liputan6.com)

Secara diam-diam, Presiden Jokowi melakukan pertemuan dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Menurut Zulkifli, tidak ada hal khusus yang dibahas dalam pertemuan itu, termasuk soal Pilpres 2019. Pertemuan tersebut rutin dilakukan.

"Ya pertemuan rutin saya sebagai ketua MPR, banyak yang datang menyampaikan beberapa hal (ke saya), minta tolong disampaikan ke presiden. Sebagai Ketum PAN, saya juga keliling Indonesia menerima laporan masyarakat yang juga disampaikan ke presiden," kata Zulkifli, beberapa waktu lalu.

Reporter : Desi Aditia Ningrum

Sumber : Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya