Di Depan Petinggi FAO, Mendes Eko Perlihatkan Kesuksesan Pembangunan Desa

keberhasilan pembangunan desa di depan para petinggi Food and Agricultural Organization (FAO)

oleh Muhammad Ali diperbarui 05 Mei 2018, 12:16 WIB
Diterbitkan 05 Mei 2018, 12:16 WIB
Mendes Eko
Mendes Eko Putro Sandjojo. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo memperlihatkan keberhasilan pembangunan desa di depan para petinggi Food and Agricultural Organization (FAO) di Roma Italia. Salah satu desa sukses yang dipamerkan adalah Desa Pujon Kidul di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Hal itu disampaikan [Mendes Eko di Roma, Italia, Rabu 2 Mei 2018. Menurut dia, kebijakan dana desa telah memberi perubahan bagi wajah Desa Pujon Kidul.

"Pendapatan masyarakat kini meningkat. Para pemuda desa juga tergerak untuk berkontribusi,” ujar Mendes Eko dalam keterangannya, Sabtu (5/5/2018).

Sedangkan dari sisi kerja sama sektor swasta untuk pengembangan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades), Mendes Eko memperlihatkan kesuksesan di Kabupaten Sumba Timur. Di tempat itu, warga mengoptimalkan luasnya lahan dengan menanam tebu.

Menurut Menteri Eko, kolaborasi antara pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat merupakan syarat utama keberhasilan pengembangan Prukades.

“Program dana desa dan Prukades dengan model klaster akan mempunyai skala produksi yang cukup dan terintegrasi secara vertikal. Program yang melibatkan banyak pemangku kepentingan termasuk sektor swasta dan perbankan dianggap merupakan pendekatan baru yang bisa diterapkan di negara-negara berkembang lain,” sambungnya.

Mendes Eko mengungkapkan, program-program percepatan pembangunan desa di Indonesia mendapat apresiasi dari FAO. Mereka akan mempelajari program itu dan akan mendukung pendekatan yang diterapkan pemerintah Indonesia.

“FAO mengapresiasi business model pembangunan pedesaan di Indonesia. Ke depan, mereka akan menyesuaikan programnya untuk mendukung business model kita, terutama Prukades,” ungkap Menteri Eko.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya