4 Diplomasi Santai Jokowi Saat Bertemu Presiden dan Tokoh Dunia

Tak hanya menggelar pertemuan formal, Presiden Jokowi juga kerap kali mengadakan agenda di luar Istana. Apa saja?

oleh Muhammad AliHanz Jimenez Salim diperbarui 30 Mei 2018, 16:43 WIB
Diterbitkan 30 Mei 2018, 16:43 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Merdeka.com/Titin Supriyatin)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi kerap bertemu dengan presiden maupun tokoh dunia. Sejumlah masalah dibahas dalam pertemuan tersebut.

Perjamuan itu juga acap menghasilkan kerja sama. Kedua belah pihak sepakat untuk meneken MoU yang saling menguntungkan antarsesama. Kerja sama itu meliputi beragam bidang, mulai dari ekonomi, infrastruktur, maupun bidang pertahanan.

Tak hanya menggelar pertemuan formal, Presiden Jokowi juga kerap kali melakukan agenda di luar Istana. Sejumlah diplomasi santai pun menghiasi agenda dari sang tamu negara tersebut.

Seperti Jokowi mengajak Perdana Menteri (PM) India Narendra bermain layangan di Monas. Selain itu, sebelumnya Jokowi juga membawa para tamu negara blusukan ke berbagai tempat. Mulai pusat perbelanjaan hingga rumah sakit.

Berikut ini ulasan empat diplomasi santai Jokowi saat bertemu kepala negara atau tokoh dunia:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Main Layangan

Jokowi dan PM Modi Main Layang-Layang di Monas
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan PM India, Narendra Modi bermain layang-layang di halaman Monas, Jakarta, Rabu (30/5). Kegiatan ini dilakukan setelah Jokowi dan Narendra melakukan pertemuan bilateral di Istana Merdeka. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengajak Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi bermain layangan di kawasan Monas, Jakarta Pusat, setelah keduanya melakukan pertemuan bilateral di Istana Merdeka. Jokowi dan Modi tiba di Monas sekitar pukul 12.35 WIB.

Mereka menggunakan mobil golf dengan dikawal sejumlah Paspampres. Saat tiba di Monas, Jokowi terlebih dahulu mengajak Modi melihat sejumlah koleksi layang-layang milik Indonesia, sambil diiringi lagu khas Betawi berjudul "Si Jali-Jali". Berbagai bentuk layang-layang ditampilkan dalam acara ini.

Usai melihat pameran, Jokowi kemudian mengajak Modi bermain layang-layang. Sudah ada dua layang-layang yang disiapkan panitia untuk dua kepala negara itu.

Jokowi terlihat memainkan layang-layang berbentuk kotak, bergambar bendera India. Sementara Modi, memainkan layang-layang berwarna putih bertuliskan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-India.

Dalam kunjungan ke Monas ini, Jokowi didampingi sejumlah menteri. Mereka di antaranya Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Pariwisata Arief Yahya, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

 


Ajak ke Pasar Tanah Abang

Jokowi ajak Bos IMF ke Pasar Tanah Abang
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde memilih batik saat mengunjungi Blok A Pasar Tanah Abang, Jakarta, Senin (26/2). Keduanya meninjau beberapa kios sambil berbincang dengan penjual. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Diplomasi santai lainnya dilakukan Presiden Joko Widodo saat mengajak Managing Director IMF, Christine Lagarde, blusukan ke Blok A, Pasar Tanah Abang, Jakarta. Kegiatan tersebut berlangsung pada Senin, 26 Februari 2018.

Niat mantan Wali Kota Solo itu membawa Lagarde ke Tanah Abang adalah untuk menunjukkan bahwa Indonesia kaya dengan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Setelah melihat-lihat secara langsung, Lagarde menyempatkan diri belanja pakaian di salah satu toko Blok A.

"Beli baju biru, baju koko untuk suami, oleh-oleh suami," ucap Jokowi.

Dalam kunjungan ini, Jokowi bersama Lagarde di dalam Pasar Tanah Abang berlangsung sekitar 30 menit dan melakukan interaksi ke sejumlah pedagang di Blok A.

 


Lihat Batik di Mal Bogor

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak Presiden Korea Selatan Moon Jae-in blusukan ke Bogor Trade Mall (BTM), Bogor, Kamis (9/11/2017) (Septian Deny/Liputan6.com)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak Presiden Korea Selatan Moon Jae-in blusukan ke Bogor Trade Mall (BTM), Bogor, Kamis (9/11/2017) (Septian Deny/Liputan6.com)

Presiden Jokowi juga mengajak Presiden Korea Selatan Moon Jae-in blusukan ke Bogor Trade Mall (BTM), Bogor, pada Kamis, 9 November 2017. Hal ini merupakan salah satu rangkaian sambutan Jokowi kepada Presiden Moon di Istana Bogor.

Jokowi dan Moon tiba di BTM sekitar pukul 16.54 WIB. Kedua kepala negara tersebut langsung disambut masyarakat yang kebetulan di pusat perbelanjaan tersebut. Turut hadir dalam rombongan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Setibanya di dalam mal, Jokowi dan Moon langsung mendatangi gerai batik Kencana Ungu yang terletak di lantai upper ground mal ini. Di dalam toko, kedua kepala negara tampak berbincang hangat. Bahkan, Jokowi dan Moon saling memilihkan batik yang cocok untuk keduanya.

 


Blusukan ke Rumah Sakit

Jokowi Blusukan
Blusukan kali ini, Jokowi mengajak serta Managing Director IMF, Christine Lagarde ke Rumah Sakit Pusat Pertamina, Jakarta Selatan.

Tak hanya pusat perbelanjaan, Jokowi juga mengajak tamu kehormatannya ke rumah sakit. Hal tersebut terjadi saat Jokowi blusukan dengan Managing Director International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde di Rumah Sakit Pertamina Pusat (RSPP).

Jokowi dan Lagarde tiba di RSPP pukul 11.10 WIB dan langsung berkunjung ke area poliklinik di rumah sakit tersebut. Jokowi dan Lagarde juga sempat berbincang dengan pasien yang tengah di rawat di rumah sakit yang terletak di Jakarta Selatan itu.

Jokowi menanyakan sakit yang tengah diderita pasien. "Siapa yang sakit, Ibu ya?" tanyanya.

Jokowi sempat menunjukkan Kartu Indonesia Sehat (KIS). Dengan menggunakan kartu ini biaya pengobatan yang harus dibayar pasien ditanggung pemerintah, alias gratis. "Gratis ya?" tanya Jokowi.

"Gratis, Pak," ungkap sang pasien.

 

Saksikan tayangan video menarik berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya