Dahsyatnya Dua Gempa Lombok dalam Sepekan

Hanya dalam sepekan, Lombok diguncang dua gempa dahsyat. Merenggut puluhan korban jiwa dan melukai ratusan orang.

oleh Shinta NM Sinaga diperbarui 07 Agu 2018, 09:03 WIB
Diterbitkan 07 Agu 2018, 09:03 WIB
Banner Gempa Lombok
Banner Gempa Lombok (Liputan6.com/Triyasni)

Liputan6.com, Jakarta- Hanya dalam sepekan, dua gempa dahsyat mengguncang Lombok. Merenggut puluhan korban jiwa dan melukai ratusan orang.

Gempa Lombok pertama terjadi pada Minggu 29 Juli 2018 dengan kekuatan 6,4 skala Richter. Sedangkan gempa kedua mengguncang Lombok pada Minggu 5 Juli 2018.

Selain merenggut puluhan korban jiwa dan melukai ratusan orang, gempa Lombok juga merusak ribuan rumah. Warga pun terpaksa mengungsi.

Apa pemicu gempa Lombok dan bagaimana catatan sejarah gempa di Lombok? Simak dalam Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Infografis Gempa Lombok
Infografis Gempa Lombok (Liputan6.com/Triyasni)

Rawan Gempa

Lombok di Guncang Gempa 7 SR
Lombok di Guncang Gempa 7 SR (Kredit FOTO: Istimewa)

Tercatat ada 9 gempa mengguncang Lombok sejak 1856. Menurut Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono, ini membuat Lombok memang rawan gempa.

Kondisi alam semacam ini, menurut dia, merupakan sesuatu yang harus diterima. Ini sebagai konsekuensi yang harus dihadapi sebagai penduduk yang tinggal dan menumpang di batas pertemuan lempeng tektonik.

"Jalan keluarnya, kita harus terus meningkatkan kapasitas dalam memahami ilmu gempa bumi, cara selamat menghadapi gempa, dan bagaimana memitigasi gempa bumi, agar kita selamat dan dapat hidup harmoni dengan alam," ucap Daryono.


Evakuasi dan Hoaks

Hiruk Pikuk Evakuasi Korban Gempa Lombok di Gili Trawangan
Polisi mengatur saat ratusan orang berusaha meninggalkan Gili Trawangan, NTB, Senin (6/8). Evakuasi dilakukan secara bertahap menggunakan perahu karet menuju kapal yang sudah disiapkan Basarnas. (Handout/Indonesia Water Police/AFP)

Pascagempa Lombok, ribuan turis asing dan lokal dievakuasi dari Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno di Lombok Utara. Para turis memenuhi bibir pantai.

Jumlah kapal tidak memadai. Basarnas pun menambah jumlah kapal besar yang didatangkan dari Bali yang difungsikan untuk evakuasi.

Meski demikian Kepala Pusat Data Informasi (Pusdatin) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengimbau turis di tiga Gili tidak terprovokasi hoaks tsunami.

"Jadi diimbau untuk tenang, jangan terprovokasi hoaks soal tsunami. Isu pengosongan tiga pulau itu juga hoaks. Situasi di Gili aman dan normal," kata Sutopo.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya