Romi Akui Rekomendasi Haris Hasanuddin untuk Amankan Suara PPP di Jatim

Hal itu terungkap saat jaksa Abdul Basir mencecar Romi dalam sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (26/6/2019).

oleh Liputan6.com diperbarui 26 Jun 2019, 23:33 WIB
Diterbitkan 26 Jun 2019, 23:33 WIB
KPK
Eks Ketua Umum PPP Romahurmuziy atau Romi menjalani pemeriksaan di KPK. (Liputan6.com/Fachrur Rozie)

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Ketua Umum PPP Romahurmuziy alias Romi mengakui merekomendasikan terdakwa Haris Hasanuddin sebagai Kakanwil Kemenag Jawa Timur. Tujuannya untuk mengamankan suara PPP di Provinsi tersebut.

Hal itu terungkap saat jaksa Abdul Basir mencecar Romi dalam sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (26/6/2019).

Romi bersaksi untuk terdakwa Kakanwil Kemenag Jatim Haris Hasanuddin dan Kepala Kantor Menag Gresik Muafaq Wirahadi.

"Apakah saudara dorong Haris menjadi Kakanwil Jatim? Apakah ada kepentingan untuk menaikkan suara PPP di Jatim? Soalnya saudara selain anggota DPR juga ketum PPP," cecar jaksa Abdul.

Romi menjawab normatif. Dia berkata sebagai pimpinan parpol akan membangun komunikasi dan sinergi.

Lantas, jaksa kembali menanyakan apakah kepentingan partai itu untuk suara.

"Termasuk kepentingan suara?" ucap Abdul

"Untuk kepentingan partai pun untuk kepentingan suara," aku Romi.

Dia mengakui, Haris dan Muafaq adalah pegawai negeri. Namun, Romi membantah mengkondisikan keduanya itu menggerakan ASN supaya tidak netral dalam Pemilu.

"Dalam pemahaman saya iya, sepanjang tidak menggunakan koridor koordinasi ASN," kata Romi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Suap 325 Juta

Diketahui Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Haris Hasanudin didakwa menyuap anggota DPR 2014-2019 sekaligus Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy alias Romi berupa uang Rp 325 juta.

Haris juga disebut dalam surat dakwaan memberi uang dengan total Rp 70 juta kepada Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin agar lolos seleksi pencalonan Kakanwil Kemenag Provinsi Jatim. Sejatinya, Haris tidak lolos persyaratan administrasi.

Lukman, atas perintah Romi sebagai atasan struktural partai, membuat Haris lolos seleksi dan terpilih sebagai Kakanwil Kemenag Provinsi Jatim. Bahkan dalam satu pertemuan, Lukman mengatakan siap pasang badan untuk Haris.

Atas pernyataan tersebut, Haris memberi Rp 50 juta kepada Lukman.

Beberapa hari kemudian Haris kembali merogoh kocek Rp 20 juta untuk diserahkan kepada Lukman melalui Herry Purwanto sebagai bagian komitmen fee yang telah disiapkan.

Atas perbuatannya, Haris didakwa telah melanggar Pasal 5 ayat 1 huruf b atau Pasal 13 Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Korupsi Jo Pasal 64 Ayat 1 KUHP.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya