PEP Bandung Buat Program Studi Teknologi Geologi

Politeknik Energi dan Pertambangan (PEP) Bandung membuat suatu proram studi yaitu Teknologi Geologi.

oleh Reza pada 30 Sep 2020, 20:05 WIB
Diperbarui 30 Sep 2020, 20:05 WIB
PEP Bandung
Politeknik Energi dan Pertambangan (PEP) Bandung membuat suatu proram studi yaitu Teknologi Geologi.

Liputan6.com, Jakarta Berdasarkan data dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Tahun 2020, Indonesia menduduki peringkat ke-6 dunia untuk negara dengan kekayaan sumber daya geologi terbesar yang memiliki kekayaan sumber daya geologi tersebar dari Sabang hingga Merauke dan terdiri dari berbagai jenis. 

Keberadaan sumber daya geologi yang melimpah dapat digunakan menjadi salah satu penunjang kemajuan serta ketahanan suatu negara. Dari hal ini Politeknik Energi dan Pertambangan (PEP) Bandung membuat suatu proram studi yaitu Teknologi Geologi. Geologi sendiri berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari kata geos dan logos. 

Geos maknanya Bumi dan Logos bermakna ilmu. Jadi secara mudahnya bisa diartikan ilmu yang mempelajari bumi dan Teknologi Geologi bisa diartikan sebagai sebuah ilmu yang mempelajari segala hal yang berkaitan dengan bumi mulai dari inti bumi hingga kerak bumi (litosfer) meliputi : struktur bumi, apa bahan penyusun bumi, bagaimana bentuk muka bumi, jenis dan bentuk batuan, sifat fisik dan kimianya, bagaimana proses pembentukan bumi dan sejarah bumi, gunung api, panas bumi, gempa bumi, maupun proses di permukaan seperti erosi, pengendapan dan perubahan lain terhadap batuan serta penerapan geologi di berbagai bidang seperti Geologi Tata Lingkungan, Geologi Teknik, Hidro Geologi, Geologi Minyak dan Gas Bumi, Geologi Tambang dan lain sebagainya yang tentunya sesuai dengan teknologi yang aplikatif digunakan saat ini. 

Dalam pembelajarannya mahasiswa teknologi geologi PEP Bandung juga diajarkan tentang lingkungan, statistika, perminyakan, pertambangan, analisis, serta software-software tertentu yang berhubungan dengan ilmu geologi. Praktek-praktek pun menjadi kelebihan dari PEP Bandung di Program Studi Teknologi Geologi ini, karena kurikulumnya adalah praktik lebih besar dibanding teori, sehingga sangat cocok untuk lulusannya langsung dapat bekerja di industri.

Pada tahun pertamanya, kegiatan-kegiatan fieldtrip dilakukan untuk mengidentifikasi batuan, geomorfologinya dan lain sebagainya di berbagai lokasi seperti di citatah, bantarujek maupun laboratorium-laboratorium unit ESDM lain. Kedepannya lulusan mahasiswa PEP Bandung Program Studi Teknologi Geologi ini akan dibekali sertifikasi sesuai kebutuhan industri dan program studinya. 

Hal ini tentunya akan menjadi nilai plus bagi lulusannya untuk dapat bekerja di Industri selain dengan adanya program magang selama satu tahun bagi mahasiswa untuk lebih dapat mendalami aplikasi geologi dalam industri pertambangan. Prospek kerja Teknologi Geologi bisa dikatakan masih sangat bagus. Lulusannya masih sangat dibutuhkan di berbagai bidang, baik pada industri perminyakan maupun pertambangan.

 

(*)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya