Pemkab Klungkung Gandeng Swasta Jaga Stabilitas Harga Rumput Laut

Pemkab Klungkung berkewajiban memastikan ketersediaan rumput laut, melakukan pembinaan kepada petani rumput laut.

oleh Liputan6.com diperbarui 07 Okt 2020, 16:23 WIB
Diterbitkan 07 Okt 2020, 15:28 WIB
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta (berbaju putih) saat menemui petani rumput. (Foto: Istimewa).
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta (berbaju putih) saat menemui petani rumput. (Foto: Istimewa).

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klungkung menggandeng pihak swasta, PT Indonusa Algaemas Prima, untuk menjaga stabilitas harga rumput laut di Nusa Penida. Kerja sama ini ditandai dengan penandatangan kesepakatan oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan Direktur Perusahaan PT Indonusa Algaemas Prima Fandy Winyoto.

"Lewat kerjasama ini, kami berupaya berbuat di tengah kesulitan warga dalam menghadapi Pandemi Covid-19. Semoga ini dapat meningkatkan pemasaran dan menjaga kestabilan harga rumput laut, sehingga berdampak pada pendapatan dan kesejahteraan petani rumput laut," ujar Suwirta di kantornya, Rabu (7/10/2020)

Kerjasama ini berkaitan dengan standar rumput laut, penyediaan rumput laut dan distribusi pembelian rumput laut, dengan tujuan untuk meningkatkan pemasaran rumput laut yang dihasilkan petani serta meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani rumput laut.

Pemkab Klungkung berkewajiban memastikan ketersediaan rumput laut, melakukan pembinaan kepada petani rumput laut, dan mengkoordinasikan harga standar pasaran rumput laut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Monitoring dan Evaluasi

Kemudian, Pemkab berhak melakukan monitoring dan evaluasi pemasaran rumput laut, menerima laporan tentang jumlah rumput laut yang akan dibeli, dan melakukan koordinasi terkait pemasaran rumput laut.

“Memberikan kepastian harga dan distribusi adalah wujud kepedulian kami, maka kami cetuskan kerjasama ini, semoga hal ini menjadi langkah awal untuk mewujudkan kesejahteraan para petani rumput laut,” tutup Bupati asal Nusa Ceningan ini.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

THUMBNAIL WAKAPOLRES BAKASI
THUMBNAIL WAKAPOLRES BAKASI
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya