Natal 2021, Mahfud Md: Kita Hidup dalam Keberagaman dan Kebersatuan

Menko Polhukam Mahfud Md menyampaikan, Natal 2021 membawa pesan perdamaian, saling menghargai, dan menghormati.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 24 Des 2021, 19:27 WIB
Diterbitkan 24 Des 2021, 19:24 WIB
Menko Polhukam Mahfud Md
Menko Polhukam Mahfud Md. (Liputan6.com/Putu Merta Surya Putra)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md menyampaikan, Natal 2021 membawa pesan perdamaian, saling menghargai, dan menghormati. Menurut dia, Natal mempertegas keberagaman di Indonesia yang dilindungi oleh konstitusi.

Hal ini disampaikan Mahfud Md usai mengunjungi Gereja Katedral dan Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat (GPIB) Immanuel di Jakarta, Jumat (24/12/2021).

Kedatangan Mahfud disambut Ketua Komisi Wali Gereja Indonesia (KWI) Romo Kardinal Mgr Ignatius Suharyo dan Ketua Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) Pendeta Gomar Gultom.

"Momentum Natal ini menegaskan kembali kehidupan berbangsa dan bernegara yang dilindungi konstitusi berdasarkan ideologi Pancasila. Kita hidup di dalam kebersatuan, di dalam keberagaman dan itu artinya perdamaian saling menolong, saling membantu," ujar Mahfud dikutip dari siaran persnya, Jumat.

Menurut dia, agama apapun akan menimbulkan kebaikan apabila dilakukan dengan sebaik mungkin. Sebab, kata Mahfud, agama lahir untuk kebaikan manusia.

"Menyebarkan kebaikan, karena inti dari agama adalah kebaikan itu, serta berbuah toleransi yang ditingkatkan dalam akseptasi dalam aksi," tegasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Membangun penerimaan

Mahfud menekankan bahwa di dalam kehidupan bangsa, bukan hanya toleransi yang perlu dibangun. Lebih dari itu, masyarakat juga harus mampu membangun akseptasi atau penerimaan.

Dia menyebut, penerimaan tersebut tak hanya memaklumi tentang perbedaan. Namun, juga menerima untuk saling bekerja sama demi kemajuan bersama.

"Itu adalah pesan semua agama, agama apa pun itu pesannya. Selamat hari Natal kepada kaum Nasrani yang merayakannya, mulai malam ini sampai besok," jelas Mahfud.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya