Diguyur Hujan Deras, Bendung Katulampa Siaga 2

Hujan deras yang mengguyur wilayah Bogor sejak Minggu (14/8/2022) sore dan berlangsung hingga pukul 19.00 WIB, membuat ketinggian air di Bendung Katulampa, Kota Bogor naik drastis hingga Status Siaga II.

oleh Achmad Sudarno diperbarui 14 Agu 2022, 20:07 WIB
Diterbitkan 14 Agu 2022, 20:07 WIB
Debit Air Bendung Katulampa Menarik Perhatian Warga
Warga melihat debit air di Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/2/2021). Meski sempat mengalami kenaikan debit air pada Jumat (19/2) pagi, namum sekitar pukul 15.00 WIB, debit air di Bendung Katulampa berada di zona hijau dengan ketinggian sekitar 50 cm. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Hujan deras yang mengguyur wilayah Bogor sejak Minggu (14/8/2022) sore dan berlangsung hingga pukul 19.00 WIB, membuat ketinggian air di Bendung Katulampa, Kota Bogor naik drastis hingga Status Siaga II.

"Pukul 19.00 WIB Tinggi Muka Air (TMA) Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa 180 sentimeter. Status Siaga II," kata Kepala Petugas Jaga Bendung Katulampa Andi Sudirman.

Namun 24 menit kemudian tepat pukul 19.24 WIB TMA kembali turun di level 160 sentimeter dan masih bertahan hingga pukul 19.41 WIB. Tetapi statusnya masih Siaga II waspada banjir Jakarta.

Menurutnya air mendadak naik karena hujan deras di kawasan Puncak dan Kota Bogor merata, sehingga kenaikan debit air sungai Ciliwung cukup cepat.

"Di kawasan Puncak pada sore hari hujan cukup deras dan merata," ujar Andi.

Saat ini hujan di sebagian kawasan Puncak, Bogor sudah reda. Adapun kondisi cuaca di sekitar Bendung Katulampa dalam keadaan gerimis. Ketinggian di Bendung Katulampa bergantung pada cuaca di daerah hulu Ciliwung.

Sementara air dari Bogor tersebut akan mengalir ke Jakarta dan dampaknya akan muncul sekitar tujuh jam kemudian. Dengan demikian, banjir di Jakarta diperkirakan akan bertambah pada malam nanti.


Banjir di Sejumlah Titik

bogor
Kondisi di Perumahan Villa Nusa Indah 1 dan 2 Desa Bojongkulur, Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor yang kembali terendam banjir, Senin (8/2/2021) pagi. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Akibat intensitas hujan yang tinggi menyebabkan banjir di sejumlah titik. Salah satunya di Kampung Cikobak, Kelurahan Rancamaya, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, terendam banjir.

Banjir akibat meluapnya Sungai Cikobak dilaporkan merendam beberapa rumah di wilayah itu. Ketinggian air mencapai lutut orang dewasa.

Infografis Cuaca Ekstrem, Jakarta Siaga Banjir Besar? (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Cuaca Ekstrem, Jakarta Siaga Banjir Besar? (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya