Cak Imin: Saya Pede Jadi Capres, Padahal Bukan Konglomerat Juga Menteri BUMN

Cak Imin mengklaim sejak dirinya mendeklarasikan diri maju sebagai Capres 2024, dukungan dan gairah dari para kader dan simpatisan di kalangan bawah mengalir begitu deras.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 17 Sep 2022, 20:18 WIB
Diterbitkan 17 Sep 2022, 20:18 WIB
Cak Imin Daftarkan PKB ke KPU
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyampaikan sambutan saat mendaftarkan partai politiknya sebagai calon peserta Pemilu 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Senin (8/8/2022). Pada hari kedelapan ini, KPU menerima pendaftaran empat partai politik di antaranya Partai Republiku Indonesia, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Gerindra, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengklaim sejak dirinya mendeklarasikan diri maju sebagai calon presiden (Capres) untuk Pilpres 2024, dukungan dan gairah dari para kader dan simpatisan di kalangan bawah mengalir begitu deras.

"Begitu saya deklarasi maju calon presiden 2024, luar biasa gairahnya. Kenapa kok pada semangat luar biasa? Saya cek, mereka punya harapan, mimpi yang belum tersalurkan kemana-mana. Kemenangan PKB adalah kemenangan menghadirkan mimpi panjang warga Nahdliyin," ujar Cak Imin dalam keterangannya, Sabtu (17/9/2022).

Wakil Ketua DPR RI ini pun menyampaikan alasan mengapa dirinya begitu ngotot dan pede alias percaya diri untuk maju sebagai capres, meski bukan kongkomerat atau menteri kaya raya.

"Kenapa saya ngotot jadi capres padahal saya bukan konglomerat, bukan pengusaha, bukan menteri BUMN. Saya percaya diri karena kalau saya nggak maju, nasib kader-kader NU seperti PMII, mereka nggak berani bermimpi, nggak berani punya harapan karena mereka umumnya berasal dari keluarga kurang mampu, bukan dari keluarga kaya," tuturnya.

Karena itu, dengan maju sebagai capres, Cak Imin berharap bisa mengubah nasib keluarga besar NU menjadi lebih baik, dan secara umum bangsa Indonesia menjadi lebih makmur dan sejahtera seperti yang dicita-citakan para pendiri bangsa.

Menurutnya, PKB memiliki semua prasarat untuk memenangkan Pilpres maupun Pileg 2024. "Kalau PDIP punya Bung Karno, kita juga punya Bung Karno sebagai bapak bangsa, dan kita punya KH Hasyim Asy'ari. Tanda-tanda peluangnya sangat besar untuk menang. Potensinya besar. Tetapi karena PKB memiliki berbagai keterbatasan maka harus kerja cerdas dan kreatif untuk menggali dan mendorong potensi yang ada. Mendongkrak apa yang kita miliki," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


PKB Target Menag Pilpres dan Pileg 2024

Cak Imin Bicara Demokrasi di Parlemen Santri Nusantara
Wakil Ketua MPR Muhaimin Iskandar didampingi Ketua F-PKB MPR Jazilul Fawaid dan Plt Ketua F-PKB DPR Cucun Syamsurizal memberi keterangan pers usai menghadiri Parlemen Santri Angkatan IV F-PKB MPR RI, Jakarta, Kamis (19/4). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Untuk mengambil simpati masyarakat, Cak Imin meminta seluruh kader, pengurus dan caleg PKB untuk melebur dengan masyarakat. "Hadirilah, mencairlah, membaurlah dan hiduplah dengan denyut nadi masyarakat," ucapnya

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu DPP PKB Jazilul Fawaid mengatakan, PKB memiliki target menang Pilpres dan Pileg. Selain kekuatan caleg, target tersebut bisa tercapai jika Gus Muhaimin maju sebagai capres.

"Target kita menang pilpres dan meraih 100 kursi DPR RI menang pileg. Dua kesempatan itu kita lakukan simultas antara pilpres dan pileg. Saya minta ke semua pengurus DPC dan DPW memenuhi rekrutmen caleg. Kata kunci pemenangan adalah caleg," katanya.

Sementara untuk pilpres, parpol yang bisa menempatkan kadernya sebagai capres maupun cawapres yang akan mendapatkan efek ekor jas perolehan suara.

"Karena itu, kita harus berjuang agar Gus Muhaimin bisa menjadi capres. Jangan takut, jangan ragu. Kita lihat secara objektif, Gus Muhaimin siap diadu dengan calon lain. Dari sisi pengalaman dan track record beliau sudah teruji," tuturnya.

Infografis Geliat Bursa Capres 2024, Prediksi Ketum Parpol Vs Tokoh Populer. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Geliat Bursa Capres 2024, Prediksi Ketum Parpol Vs Tokoh Populer. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya