Polisi: Kita Butuh Keterangan Rizky Billar Agar Tersangka KDRT Objektif

Tim penyidik Polres Metro Jakarta Selatan berharap artis Rizky Billar memenuhi panggilan kasus KDRT pada Kamis, 13 Oktober 2022.

oleh Fachrur Rozie diperbarui 10 Okt 2022, 17:38 WIB
Diterbitkan 10 Okt 2022, 17:37 WIB
Rizky Billar. (Foto: Instagram @rizkybillar)
Rizky Billar. (Foto: Instagram @rizkybillar)

Liputan6.com, Jakarta - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan menyebut, tim penyidik Polres Metro Jakarta Selatan berharap artis Rizky Billar memenuhi panggilan pada Kamis, 13 Oktober 2022.

Menurut Zulpan, tim penyidik Polres Jaksel membutuhkan keterangan Rizky Billar untuk menentukan pihak yang bertanggungjawab dalam kasus dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) Billar terhadap Lesti Kejora.

"Iya, kita masih memerlukan keterangan dia (Billar), biar betul-betul nanti pendekatan siapa tersangkanya itu benar-benar objektif, gitu ya," ujar dia dalam keterangannya, Senin (10/10/2022).

Zulpan menyebut, sejauh ini pihak Polres Jaksel tidak mau gegabah dalam menentukan nama tersangka. Dia menyebut jajaran Polres masih harus meminta keterangan Billar sebagai saksi terlapor.

"Nah kita ingin dia dipanggil dulu, kan belum pernah diperiksa. Jadi biar mempertegas, memperjelas semuanya. Dan dia juga kan selama ini belum pernah diperiksa sebagai saksi, kan belum diperiksa dalam panggilan sebagai saksi itu," kata dia.

Zulpan menyebut Billar masih harus diperiksa meski tim penyidik sudah menemukan unsur pidana dalam laporan yang dilayangkan Lesti Kejora ini. 

"Nanti dari keterangan dia, baru penyidik bisa menentukan langkah selanjutnya berdasarkan keterangan-keterangan dari saksi yang lain, keterangan dari hasil visum, keterangan dari pelapor atau korban dalam hal ini," dia menandaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Lesti Kejora Sering Dapat KDRT dari Rizky Billar, Pernah Dilempar Bola Biliar

Lesti Kejora - Rizky Billar
Warganet lantas membanding-bandingkan dengan ekspresi Rizky Billar dan Lesti Kejora. Dalam foto ini, senyum Lesti dinilai tak secerah biasanya. (Foto: Instagram/ rizkybillar)

Lesti Kejora ternyata sudah sering diperlakukan kasar oleh suaminya Rizky Billar. Fakta itu terungkap dari hasil penyelidikan yang dilakukan oleh Unit PPA Polres Metro Jakarta Selatan.

"Terkait Lesti Kejora, KDRT yang dialaminya itu bukan pertama kali yang dilaporkan tanggal 28 September itu," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan, Rabu (5/10/2022).

Zulpan menerangkan, selama ini Lesti Kejora memendam sendiri perlakuan kasar yang diterima dari sang suami. Tapi, belakangan Lesti Kejora merasa tak tahan lagi sehingga memilih melaporkan ke Polres Metro Jakarta Selatan.

Ketika itu, Lesti Kejora hendak meminta penjelasan Rizky Billar terkait perselingkuhan. Namun, Rizky malah marah dan berujung pada KDRT. Begitulah peristiwa pada Rabu 28 September 2022.

"Sebelumnya dia sering mengalami KDRT. Nah kemudian itu puncaknya dia sudah tidak tahan lagi dia melapor," ujar dia.

Zulpan mengungkapkan salah satu tindakan Rizky Billar kepada Lesti Kejora selain melakukan kekerasan. Dia menyebut, Rizky Billar pernah melemparkan bola biliar ke arah Lesti Kejora. Lemparan meleset sehingga tak mengenai kepala Lesti Kejora.

"Pernah juga si Rizky Billar emosi, marah dengan Lesti Kejora itu melempar bola biliar, tapi si Rizky kepeleset sehingga bola itu tidak kena. Coba bayangkan bola itu dilempar kalau kena kepala gimana bisa pecah," ujar Zulpan.


Lesti Trauma

Rizky Billar dan Lesti Kejora. (Foto: Dok. Instagram @lestykejora)
Rizky Billar dan Lesti Kejora. (Foto: Dok. Instagram @lestykejora)

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan membeberkan kondisi psikologis artis Lesti Kejora pasca menjadi korban dugaan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

Dia menyebut, peristiwa itu meninggalkan luka fisik juga trauma psikis. Bahkan, Lesti enggan tinggal satu atap lagi bersama dengan suami, Rizky.  

"Yang bersangkutan tidak ingin berada satu rumah dengan Muhammad rizky, karena trauma, dan sekarang ada di satu tempat yang saya rasa tidak perlu disampaikan ya karena yang bersangkutan dan lawyernya meminta demikian, tetapi dia ada di tempat lain yang membuat dirinya merasa aman," kata Zulpan di Polda Metro Jaya, Selasa (4/10/2022).

Dia menerangkan, Lesti Kejora saat ini masih dalam tahap pemulihan. Adapun, foto-foto yang beredar di lini massa diambil saat korban menjalani perawatan di Rumah Sakit Bunda.

"Gambar yang menggunakan gips itu di rumah sakit bunda, sekarang sudah di rumah tapi masih dalam kondisi demikian," ujar Zulpan. 


Hasil Visum Lesti Kejora

Rizky Billar dan Lesti Kejora. (Foto: Dok. Instagram @lestykejora)
Rizky Billar dan Lesti Kejora. (Foto: Dok. Instagram @lestykejora)

Unit PPA Polres Metro Jakarta Selatan telah menerima hasil visum et repertum atas nama Lesti Kejora. Visum et repertum dijadikan sebagai alat bukti untuk pengusutan kasus dugaan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

"Hasil visum sudah, menerangkan juga terjadi KDRT, ada beberapa poin dalam hasil visum," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan, Rabu (5/10/2022).

Zulpan menerangkan, merujuk hasil visum akibat KDRT yang dilakukan oleh sang suami Rizky Billar, terdapat luka memar pada leher bagian depan disertai dengan bengkak, lebam, dan nyeri.

"Ada banyak luka di leher berdasar hasil visumnya ada beberapa poin. Itu kan saya sebutkan salah satu," ujar dia.

Zulpan juga menyebut anggota tubuh lain juga mengalami luka memar. "Banyak (luka memar). Jadi ini semua luka tersebut disebabkan oleh karena kekerasan ya," ujar dia.

Menurut dia, hasil visum et repertum semakin memperkuat dugaan adanya tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dialami Lesti Kejora. 

"Hasil visum ini sudah telak tidak ada rekayasa. Hasil visum mendukung laporan polisi yang dibuat oleh korban," tandas Zulpan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya