Dipindahkan dari Patsus, Irjen Teddy Minahasa Dijebloskan Ke Rutan Narkoba Polda Metro

Untuk teknis pengamanan Teddy Minahasa, akan dilakukan oleh Penyidik Polda Metro Jaya dalam proses pemindahan dari Tempat Khusus (Patsus).

oleh Liputan6.com diperbarui 24 Okt 2022, 19:03 WIB
Diterbitkan 24 Okt 2022, 19:03 WIB
Ketua Umum HDCI Irjen Pol Teddy Minahasa Putra. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)
Irjen Pol Teddy Minahasa Putra ditangkap terkait kasus peredaran narkoba. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo menyampaikan bahwa tersangka kasus dugaan pengedaran narkoba, Irjen Pol Teddy Minahasa bakal dipindahkan ke rumah tahanan (Rutan) Narkoba Polda Metro Jaya. 

"Betul, hari ini untuk proses penyidikannya fokus pidananya ditangani Polda Metro," kata Dedi kepada wartawan, Senin (24/10/2022).

Kendati demikian, untuk teknis pengamanan Mantan Kapolda Sumatera Barat (Sumbar), akan dilakukan oleh Penyidik Polda Metro Jaya dalam proses pemindahan dari Tempat Khusus (Patsus).

"Pengalihan dari patsus ke penahanan tersangka pidana penyalahgunaan narkoba," kata Dedi.

Sementara untuk pantauan di lokasi Rutan Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya, sekitar pukul 18.04 Wib belum terlihat kedatangan mobil tahanan yang membawa Tedy Minahasa.

Suasana dilokasi pun masib terlihat normal, belum ada pengamanan khusus yang dilakukan petugas menjelang kedatangan https://www.liputan6.com/tag/teddy-minahasa untuk ditahan di Rutan demi proaea penyidikan.

Sebelumnya, Polri telah menyiapkan Tempat Khusus (Patsus) terhadap Kapolda Sumatera Barat (Sumbar) Irjen Teddy Minahasa. Hal ini terkait dengan dugaan kasus narkoba yang menjeratnya.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, Patsus terhadap Teddy Minahasa telah disiapkan oleh Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri. Penempatan dirinya itu juga sambil menunggu proses pidananya.

"Untuk Patsus tentunya dari Propam, ada ruangan khusus yang disiapkan, sambil menunggu proses pidananya. Selaku proses pidananya nanti ditetapkan tersangka, maka yang bersangkutan akan dipindahkan menjadi tahanan di Polda Metro, itu masalah teknis," kata Sigit kepada wartawan, Jumat (14/10).

Sigit menegaskan, dalam kasus ini juga pihaknya telah melakukan tes urine sebanyak tiga kali. Dari hasil itu, ada satu test yang hasil positif menggunakan obat tertentu.

"Kemudian terkait masalah tes untuk Irjen TM dilakukan 3 kali tes memang 1 hal didapat terkait dengan masalah jenis obat tertentu, tapi bukan narkoba, nanti ditanya dengan apa yang dikonsumsi, nanti didalami oleh tim dari dokter apa saja yang dikonsumsi," tegasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Total 11 Tersangka

Kapolda Banten  Brigadir Jenderal Polisi Teddy Minahasa, meninjau vanue Asian Games di Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Kamis (23/8/2018).
Kapolda Banten menjamin, hingga saat ini persiapan Asian Games di Tangerang sudah mencapai 98 persen.

Terkait dengan adanya informasi jika Teddy Minahasa diduga menjual barang bukti narkoba, hal itu nantinya akan dicek oleh anak buahnya.

"Saya kira itu adalah bagian dari hal-hal untuk kami latih, untuk mengecek terkait dengan proses penanganan pengungkapan pada saat di Bukittinggi, dan tentunya ini menjadi bagian SOP yang harus kita perbaiki ke depan," ungkapnya.

Adapun dalam kasus ini total ada 11 tersangka diantaranya, lima tersangka adalah anggota aktif Polri, yakni Irjen Pol Teddy Minahasa, AKBP D yang merupakan mantan Kapolres Bukittinggi, Kapolsek Kalibaru Kompol KS , personel Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Metro Jakarta Barat Aiptu J, dan personel Polsek Kalibaru Aipda A.

Sedangkan enam tersangka lainnya adalah warga sipil yang masing-masing berinisial HE, AR, L, A, AW, dan DG. Mereka dijerat dengan Pasal 114 ayat (3) sub Pasal 112 Ayat 2 Jo Pasal 132 ayat (1) Jo Pasal 55 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika. 

 

Reporter: Bachtuarudin Alam 

Sumbe: Merdeka.com

Infografis Profil, Karier & Harta Polisi Terkaya Irjen Teddy Minahasa Putra
Infografis Profil, Karier & Harta Polisi Terkaya Irjen Teddy Minahasa Putra (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya