Heru Budi Ingin Banser GP Ansor Jadi Mitra DKI Jakarta Guna Tanggap Bencana hingga Atasi Kemacetan

Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menghadiri sekaligus menutup secara simbolis Pendidikan dan Pelatihan Dasar Banser (Barisan Ansor Serbaguna) Akbar Tahun 2022, di Asrama Haji.

oleh Winda Nelfira diperbarui 30 Okt 2022, 20:50 WIB
Diterbitkan 30 Okt 2022, 20:50 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Liputan6.com/ Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menghadiri sekaligus menutup secara simbolis Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Banser (Barisan Ansor Serbaguna) Akbar Tahun 2022, di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur, Minggu pagi (30/10/2022).

Kegiatan Diklatsar Banser 2022 ini diinisiasi oleh Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor DKI Jakarta itu diikuti sekitar 1.000 peserta yang diadakan pada 28-30 Oktober 2022.

Heru menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mendukung berbagai kegiatan positif yang diselenggarakan organisasi kepemudaan di Jakarta, seperti GP Ansor. Heru berharap organisasi kepemudaan ini senantiasa meningkatkan sinergi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam pembangunan.

"Saya menyampaikan apresiasi kepada Gerakan Pemuda Ansor yang telah memiliki sistem kaderisasi yang terpadu, terukur, dan berkelanjutan," kata Heru.

Lebih lanjut, Heru mengatakan dengan pondasi keagamaan yang kuat, ia ingin seluruh anggota dapat menjalankan fungsi organisasi yang bergerak di bidang kemanusiaan, sosial kemasyarakat dan bela negara.

Heru ingin organisasi pemuda itu menjadi mitra Pemprov DKI Jakarta dalam upaya tanggap bencana, penanggulangan kebakaran, pemecahan masalah lalu lintas, hingga bantuan kesehatan dan lainnya.

"Rekan-rekan Ansor selalu hadir lebih dulu ketika ada sebuah bencana. Itu yang luar biasa, saya ucapkan terima kasih," ujar Heru.

Sebagaimana diketahui, warga Jakarta terdiri dari beragam etnis, budaya dan agama. Untuk itu, Pj Gubernur Heru berharap organisasi kepemudaan di Jakarta, seperti Banser-GP Ansor DKI Jakarta dapat mengambil peran sebagai perekat keragaman dan pemersatu kemajemukan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jadi Kota Damai

Menurut Heru, jika peran tersebut dilaksanakan maka Jakarta dapat menjadi kota yang nyaman dan damai bagi seluruh warganya.

Dia pun berpesan agar para pengurus dan anggota organisasi dapat terus melanjutkan peran strategis dengan berkontribusi nyata bagi Kota Jakarta. Heru juga mengucapkan selamat kepada seluruh peserta diklatsar Banser Akbar 2022 yang telah tuntas mengikuti pelatihan.

"Selamat kepada peserta Diklatsar Banser Akbar 2022 yang telah tuntas mengikuti pelatihan dan selamat bergabung menjadi anggota Banser-GP Ansor Nahdlatul Ulama," ucapnya.

Heru menyampaikan bahwa banser sebagai barisan pemuda yang memiliki tugas pengamanan, selain fisik yang tangguh, Banser-GP Ansor NU juga harus memiliki hati yang lembut. Sehingga siap menjalankan aksi bela negara sekaligus tugas kemanusiaan.

 


Jaga Kerukunan

Sementara itu, Ketua PW GP Ansor DKI Jakarta, Muhammad Ainul Yakin mengatakan bahwa organisasinya akan terus menjadi garda terdepan bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta dalam menjaga kerukunan umat beragama di Jakarta.

Dia mengajak seluruh pihak, khususnya masyarakat Jakarta untuk bersama-sama menjaga persatuan, kedamaian, dan ketentraman di Kota Jakarta.

Sebagai informasi, acara penutupan diklatsar ini juga dihadiri oleh Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Rahmat Hidayat Pulungan, Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi DKI Jakarta, Cecep Khairul Anwar.

Ada pula Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar serta para Pengurus dan Kader PW GP Ansor DKI Jakarta.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya