Survei Voxpol: Pemilih Ganjar dan Puan Maharani Puas Kinerja Jokowi, Pemilih Anies Tidak

Pangi menjelaskan pemilih yang puas dengan kinerja pemerintah cenderung untuk memilih Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (Capres). Sementara yang tidak puas dengan pemerintahan Jokowi cenderung memilih Anies Rasyid Baswedan sebagai Capres.

oleh Winda Nelfira diperbarui 23 Des 2022, 19:04 WIB
Diterbitkan 23 Des 2022, 19:04 WIB
Susi Pudjiastusi dan Anies Baswedan Lomba 17 Agustusan
Masih ada satu catatan menarik dari perayaan HUT RI ke-77 pekan lalu. Sejumlah politikus hingga tokoh publik ikut lomba dari balap karung, makan kerupuk hingga tarik tambang. Mereka yakni Susi Pudjiastuti, Anies Baswedan, Erick Thohir, Ridwan Kamil, serta Ganjar Pranowo. Lomba ini digelar di GOR Soemantri Brodjonegoro Jakarta. Wah, hadiahnya apa ya? (Foto: Dok. Instagram @aniesbaswedan)

Liputan6.com, Jakarta Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago memaparkan hasil survei mengenai evaluasi kinerja pemerintah dari perspektif demokrasi, hukum, ekonomi dan isu politik aktual. 

Pada kinerja pemerintah berdasarkan pilihan presiden, ditemukan bahwa pemilih Ganjar Pranowo puas dengan kinerja pemerintahan Jokowi (56,5 persen). Disusul pemilih Puan Maharani (51,7 persen), dan pemilih Prabowo Subianto (49 persen).

Sementara itu, pemilih Anies Baswedan menyatakan tidak puas dengan kinerja pemerintahan Jokowi (36,8 persen).

"Pemilih Ganjar Pranowo, Puan Maharani dan Prabowo Subianto cenderung puas dengan kinerja pemerintah, sementara pemilih Anies Rasyid Baswedan tidak puas dengan kinerja pemerintah," kata Pangi melalui siaran Youtube Voxpol Center, Jumat (23/12/2022).

Survei dilakukan pada periode 22 Oktober- 7 November 2022 dengan metode multistage random sampling. Jumlah responden dari survei ini 1.220 orang dengan toleransi kesalahan (margin of error) sebesar +/- 2,81 persen. 

Populasi survei ini adalah WNI yang telah mempunyai hak pilih, yakni berusia 17 tahun ke atas (memiliki KTP) atau yang sudah menikah.

Sampel survei tersebar di 34 provinsi seluruh Indonesia. Setiap responden diwawancarai dengan metode tatap muka.

Pangi menjelaskan pemilih yang puas dengan kinerja pemerintah cenderung untuk memilih Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (Capres). Sementara yang tidak puas dengan pemerintahan Jokowi cenderung memilih Anies Rasyid Baswedan sebagai Capres.

Adapun pemilih Ganjar Pranowo mengaku sangat puas dengan kinerja Jokowi sebesar 41,5 Persen dan yang memilih puas sebesar 30,4 persen. Sementara pemilih Anies Baswedan yang mengaku tidak puas sebesar 35,2 persen dan sangat tidak puas sebesar 43,5 persen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kepuasan Masyarakat pada Jokowi-Ma'ruf

Senyum Jokowi-Ma'ruf Usai Dilantik Jadi Presiden dan Wakil Presiden
Joko Widodo atau Jokowi (kanan) dan Ma'ruf Amin (kiri) memberi keterangan usai dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024 di Gedung Nusantara, Jakarta, Minggu (20/10/2019). Jokowi dan Ma'ruf Amin terlihat senyum semringah usai pelantikan. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Sebelumnya, Pangi menyampaikan bahwa 61 persen masyarakat puas kinerja Jokowi-Ma'ruf Amin. Sedangkan, 64 persen orang puas dengan kinerja Jokowi dan 50,2 persen puas dengan kinerja Ma'ruf Amin. 

Pangi menyebut kepuasan terhadap pemerintah Jokowi dipengaruhi oleh banyak hal. Salah satunya, terkait kebijakan pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) ke masyarakat.

"Ini kepuasan Pak Jokowi dipengaruhi oleh apa, itu lebih banyak faktor BLT-nya lebih besar sama faktor infrastruktur. Jadi mungkin masyarakat kita ini lebih menerima BLT saja sudah senang," kata Pangi.

Pangi menilai kepuasan 61 persen orang kepada pemerintah Jokowi-Ma'ruf dengan situasi Covid-19 sudah cukup baik. Selain itu, kenaikkan Bahan Bakar Minyak (BBM), kenaikan harga sembako hingga kenaikan tarif listrik tidak mengurangi tingkat kepuasan masyarakat.

"Tingkat kepercayaan publik ke Pak Jokowi masih tinggi dan dominan memang bisa saja masyarakat yang penerima BLT senang," ucap dia.

Infografis Geliat Bursa Capres 2024, Prediksi Ketum Parpol Vs Tokoh Populer. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Geliat Bursa Capres 2024, Prediksi Ketum Parpol Vs Tokoh Populer. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya