PSI Sampaikan Belasungkawa atas Wafatnya Istri Widji Thukul

Furqan juga berharap Pemerintah bisa memberi atensi kepada kasus hilangnya aktivis-aktivis yang belum jelas keberadaannya seperti yang menimpa Widji Thukul.

oleh Liputan6.com diperbarui 06 Jan 2023, 10:40 WIB
Diterbitkan 06 Jan 2023, 10:40 WIB
Sipon Meninggal
Karangan bunga sebagai ungkapan duka cita atas meninggalnya Dyah Sujirah atau Sipon, istri penyair aktivis Wiji Thukul, berjejer di rumah duka di di Kalangan RT 1 RW 14, Kelurahan Jagalan, Jebres, Solo. (Liputan6.com/ Fajar Abrori)

Liputan6.com, Jakarta Juru Bicara DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Furqan AMC menyampaikan bela sungkawa yang dalam atas wafatnya istri dari aktivis sekaligus penyair Widji Thukul, Siti Dyah Sujirah atau yang lebih dikenal dengan Sipon.

"Mewakili Partai Solidaritas Indonesia saya mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya ke rahmatullah Mbak Sipon, istri Widji Thukul. Semoga Fitri Nganthi Wani dan Fajar Merah, Putri/a Almarhumah diberikan kesabaran, kekuatan dan keikhlasan" ungkap Furqan.

Furqan juga berharap Pemerintah bisa memberi atensi kepada kasus hilangnya aktivis-aktivis yang belum jelas keberadaannya seperti yang menimpa Widji Thukul.

"Sampai istrinya meninggal, nasib Widji Thukul masih belum jelas rimbanya. Semoga Pemerintah segera mengungkap kasus hilangnya aktivis-aktivis pro demokrasi seperti Widji Thukul dan kawan-kawan lainnya" tegas Furqan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Widji Tukul Bersama 12 Rekannya Hilang

Sipon Meninggal
Jenazah istri penyair Wiji Thukul, Dyah Sujirah alias Sipon, telah tiba di rumah duka. (Liputan6.com/ Fajar Abrori)

Lebih lanjut Furqan AMC yang juga aktivis 98 ini menjelaskan, menurut catatan Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KONTRAS), dari 23 aktivis yang diculik saat reformasi, 13 orang masih tak jelas rimbanya sampai saat ini termasuk Widji Thukul.

Sementara, sembilan orang sudah dilepaskan kembali dan satu orang dinyatakan meninggal, yaitu Leonardus Gilang.

Sipon sendiri terpaksa selama dua dekade harus menafkahi dan membesarkan anak-anak Widji Thukul sendirian sambil berharap Widji Thukul kembali.

Namun sampai akhir hayatnya yang dinanti Sipon tak kunjung datang.

Sipon menghembuskan nafas terakhirnya Kamis, 5 Januari 2023, diduga karena serangan jantung.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya