Tindak Lanjut Kunjungan Anwar Ibrahim ke Indonesia, ITPLN dan UNITEN Malaysia Resmi Jalin Kerjasama

Pasca pertemuan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), tercatat sejumlah poin kesepakatan menjadi pembahasan antara kedua negara untuk meningkatkan sinergitas kerjasama. Salah satunya, Tenaga Nasional Berhad (TNB) dan PT PLN (Persero) di sektor pendidikan.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 22 Jan 2023, 10:30 WIB
Diterbitkan 22 Jan 2023, 05:18 WIB
Institut Teknologi PLN (ITPLN) beserta Universiti Tenaga Nasional (UNITEN) Malaysia menandatangani MoU Kerja sama (Istimewa)
Institut Teknologi PLN (ITPLN) beserta Universiti Tenaga Nasional (UNITEN) Malaysia menandatangani MoU Kerja sama (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Pasca pertemuan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), tercatat sejumlah poin kesepakatan menjadi pembahasan antara kedua negara untuk meningkatkan sinergitas kerjasama. Salah satunya, Tenaga Nasional Berhad (TNB) dan PT PLN (Persero) di sektor pendidikan.

“Institut Teknologi PLN (ITPLN) beserta Universiti Tenaga Nasional (UNITEN) Malaysia menandatangani MoU Kerja sama untuk memperkuat sinergi diantara keduanya dalam bidang akademik, termasuk kerja sama riset lintas negara,” tulis Rektor ITPLN Prof. Iwa Garniwa melalui siaran pers diterima, Minggu (22/1/2023).

Iwa menambahkan, acara penandatanganan tersebut berlangsung pada pukul 09.00 WITA, Rabu, 18 Januari 2023 di Pullman Hotel, Legian Bali. Penandatanganan diketahui hanya berselah sehari setelah Top Leader Meeting Aliansi Perguruan Tinggi berbasis BUMN atau APERTI BUMN dan Government Linked University atau GLU.

“Penandatanganan ini juga menjadi momen untuk memperkuat sinergi diantara kedua Perguruan Tinggi,” jelas dia.

Iwa percaya, UNITEN memiliki kemiripan dengan ITPLN, dimana UNITEN merupakan sebuah Perguruan Tinggi yang berada dalam naungan Tenaga Nasional Berhad (TNB) seperti PLN bila di Indonesia.

“Kerja sama ini juga merupakan salah satu bukti keseriusan ITPLN dalam mewujudkan visinya untuk menjadi perguruan tinggi yang modern, mandiri, internasional, dan unggul dalam bidang energi khususnya ketenagalistrikan,” bangga Iwa.


Kerjasama Lintas Negara

Diketahui, melalui MoU ini kedua perguruan tinggi sepakat untuk menjalin kerja sama lintas negara dalam lingkup riset bersama, pertukaran pelajar, visiting professor, guest lecture, double degree, workshop dan program kerja sama lainnya dalam bidang akademik maupun program lainnya yang dapat disepakati dikemudian hari.

“Semoga dengan adanya kerja sama antara ITPLN dengan UNITEN dapat membawa manfaat dan melahirkan kajian ilmu yang dapat bermanfaat bagi Indonesia dan Malaysia,” Iwa menutup.

Sebagai informasi, selain dihadiri oleh Rektor ITPLN Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa M K, MT, Wakil Rektor I ITPLN Bidang Akademik Dipl.-Ing. Iwan Tutuka Prambudi, MEng, PhD juga turut hadir.

Sementara itu dari pihak UNITEN dihadiri oleh Prof. Ir. Dr. Noor Azuan Bin Abu Osman selaku Rektor UNITEN dan Mohd. Arif Bin Abdulah selaku Special Officer to Vice Chancellor UNITEN.

Infografis Lika-Liku Pemimpin Oposisi Anwar Ibrahim Jadi PM Malaysia
Infografis Lika-Liku Pemimpin Oposisi Anwar Ibrahim Jadi PM Malaysia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya