Akal Bulus Wowon Cs Yakinkan 11 TKW Bila Bisa Gandakan Uang

Wowon Erawan alias Aki Cs dapat menjaring dan meyakinkan 11 korban yang merupakan TKW yang bekerja di luar negeri hingga akhirnya percaya dengan penggandaan uang.

oleh Liputan6.com diperbarui 25 Jan 2023, 06:51 WIB
Diterbitkan 25 Jan 2023, 06:51 WIB
Wowon Erawan (Istimewa)
Wowon Erawan (Istimewa)

 

Liputan6.com, Jakarta - Wowon Erawan alias Aki Cs dapat menjaring dan meyakinkan 11 korban yang merupakan Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang bekerja di luar negeri hingga akhirnya percaya dengan penggandaan uang.

Dirkrimum Polda Metro Jaya, Kombes Hengki Haryadi membeberkan para korban diperlihatkan secara langsung bahwa tersangka Wowon dapat menggandakan uang dalam amplop.

"Mereka ini pola penipuannya kepada para korban awalnya bertemu dengan tersangka Wowon. Kemudian tersangka Wowon ini bisa seolah-olah mengubah jumlah uang yang ada dalam amplop," ungkap Hengki dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (24/1/2023).

"Misalnya seribu, tiba-tiba dibuat sedemikian rupa isinya bisa menjadi sepuluh ribu," sambung Hengki.

Terlebih Hengki menyebut, 11 korban TKW turut diyakinkan dengan berbagai harta Wowon yang ditunjukannya. Seperti menunjukan mobil hingga rumah meskipun hartanya itu bukan milik dia.

Dengan bermodalkan hal tersebut, para korbannya dapat percaya akan kesaktian dengan penggandaan uang dan cepat menjadi kaya.

"Ada salah satu yang datang kepada Wowon ditunjukkan ini rumahnya, ini mobilnya. Setelah ditelusuri itu adalah mobil dan rumah milik orang lain. Tapi untuk meyakinkan supaya korban tetap mengirimkan," ungkapnya.

Sebelumnya, Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Metro Jaya, Kombes Hengki Haryadi menyebut sebanyak 11 orang Tenaga Kerja Wanita (TKW) menjadi korban penipuan bermoduskan penggandaan kekayaan oleh tersangka pembunuhan berantai Dukun Aki alias Wowon.

"Ternyata hasil pemeriksaan kami, sementara ada 11 orang TKW yang menjadi korban penipuan," kata Hengki melalui konferensi pers di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (24/1).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


TKW Kirimkan Uang

para TKW itu mengirimkan sejumlah uang kepada tersangka lain yakni Dede Solehudin sebagai pengepul uang. Adapun jenis pengiriman sejumlah uang terhadap pelaku terdapat dua jenis.

"Melalui rekening maupun melalui western union sejenis wesel yang bisa diambil dikantor pos, dikantor pegadaian, dan sebagainya," ujar Hengki.

Sekedar informasi, Dukun Aki Cs telah melancarkan aksi pembunuhan berantai yang menyebabkan sembilan orang tewas. Ketiga tersangka yakni Wowon Erawan alias Aki, Solihin alias Duloh, dan M. Dede Solehudin.

Modus yang dilakukan Wowon Cs dengan menjanjikan penggandaan kekayaan dengan cara supranatural. hingga saat ini sudah ada dua TKW yang turut menjadi korban penipuan sekaligus korban jiwa.

Sementara itu, untuk tujuh korban tewas yang dibunuh oleh tersangka diketahui karena mereka dianggap berbahaya lantaran mengetahui tindak kejahatan penipuan yang dilakukan.

 

Reporter: Rahmat Baihaqi/Merdeka.com

Infografis Geger Pembunuhan Berantai Tersangka Wowon Cs. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Geger Pembunuhan Berantai Tersangka Wowon Cs. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya