Ditanya Soal Reshuffle Kabinet, Zulhas: Saya Urusi Beras, Itu Haknya Presiden

Zulkifli Hassan menanggapi kabar reshuffle kabinet yang kembali mencuat. Dia menegaskan bahwa dirinya tidak ikut campur soal reshuffle dan hanya mengurusi persoalan pangan.

oleh Liputan6.com diperbarui 31 Jan 2023, 14:21 WIB
Diterbitkan 31 Jan 2023, 14:21 WIB
Presiden Jokowi Resmi Lantik Zulkifli Hasan Jadi Mendag dan Hadi Tjahjanto Menteri ATR/BPN
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan memberikan keterangan usai dilantik di Kabinet Indonesia Maju, Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/6/2022). Jokowi merombak para menteri dengan tujuan untuk menghidupkan kembali pertumbuhan yang tersendat-sendat dan menstabilkan kekurangan minyak goreng nasional dan kenaikan harga. (AP Photo/Achmad Ibrahim)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hassan menanggapi kabar reshuffle kabinet yang kembali mencuat. Dia menegaskan bahwa dirinya tidak ikut campur soal reshuffle dan hanya mengurusi persoalan pangan.

"Saya urusi beras, urusi cabe, urusi telur, urusi daging ayam. Kalau reshuffle itu punya haknya bapak (presiden)," kata pria yang akrab disapa Zuhas usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Negara, Selasa (31/1/2023).

Zulhas menjelaskan hasil pertemuan rapat dengan Jokowi terkait pangan pada hari ini. Rapat tersebut dihadiri Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi dan Kepala Bulog Budi Waseso.

Zulhas menyebut, pihaknya akan berupaya membanjiri stok pangan dalam waktu dekatn. Sehingga harga pangan bisa kembali turun.

"Kemarin sekarang ada bapanas ada kabulog mudah-mudahan kabulog dan kita semua akan membanjiri dengan stok yang ada dengan demikian mudah-mudahan dalam waktu dekat ini harga sudah bisa kembali turun," tuturnya.

"Teknisnya agar cepat mengguyur pasar itu nanti Pak Buwas dan Pak Arif akan menyampaikan," tandasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kata Istana

Jokowi Pimpin Rapat Terbatas Penghapusan Penggunaan Merkuri
Presiden Jokowi berbincang dengan Sekretaris Kabinet Pramono Anung sebelum rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (9/3). Rapat itu membahas mengenai penghapusan penggunaan merkuri pada Pertambangan Emas Skala Kecil. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sekretaris Kabinet Pramono Anung akhirnya buka suara soal kabar reshuffle kabinet pada Rabu mendatang atau 1 Februari 2023. Diketahui, menurut hitungan kalender Jawa, Rabu Pon jatuh di tanggal tersebut.

Berdasarkan kebiasaan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, hari di mana perombakan kabinet diumumkan pada hari tersebut. Namun menurut Pramono, Jokowi di hari tersebut punya kegiatan kunjungan ke Bali.

"Rabu saya mendampingi presiden ke Bali, sore berangkat," singkat Pramono Anung di Istana Negara Jakarta, Senin 30 Januari 2023.

Saat dipertegas agenda presiden pada Rabu pagi dan siang, Pramono mengelak menjawab. Meski dia mengaku sudah tahu agenda presiden di hari tersebut.

"Walaupun tahu (tapi) mohon maaf ya," tutur dia merahasiakan.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

Infografis Kilas Balik Deretan Reshuffle Kabinet Pemerintahan Jokowi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Kilas Balik Deretan Reshuffle Kabinet Pemerintahan Jokowi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya