Tingkatkan Kompetensi, Kemensos Gelar Pelatihan Operator SIKS-NG di Padang

Kredibilitas dan profesionalitas dari petugas pengelola data kemiskinan terus ditingkatkan oleh Kementerian Sosial.

oleh Fachri pada 27 Feb 2023, 15:10 WIB
Diperbarui 27 Feb 2023, 15:10 WIB
Pelatihan Kemensos.
Pelatihan bagi operator Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial New Generation (SIKS-NG). (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Padang Kredibilitas dan profesionalitas dari petugas pengelola data kemiskinan terus ditingkatkan oleh Kementerian Sosial. Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan menggelar pelatihan bagi operator Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial New Generation (SIKS-NG).

Pelatihan tersebut digelar selama tiga hari, tepatnya mulai dari 22 hingga 25 Februari 2023 di Kampus II BBPPKS Padang, Padang, Sumatera Barat.

Kepala Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Padang, Hasim berharap melalui pelatihan yang diselenggarakan ini kompetensi para peserta meningkat.

"Harapannya melalui pelatihan ini para peserta yang merupakan petugas atau operator pengelola DTKS dapat meningkatkan kompetensinya dalam mengolah dan menyajikan data yang valid untuk instansi yang membutuhkan dalam upaya pengentasan angka kemiskinan," jelasnya.

Selain terampil dalam penggunaan aplikasi SIKS-NG untuk pengelolaan DTKS, Hasim juga berharap peserta memahami kebijakan dan mekanisme pengelolaan DTKS di Dinas Sosial menggunakan SIKS-NG.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dua Materi Inti

Pelatihan Kemensos.
Pelatihan bagi operator Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial New Generation (SIKS-NG). (Foto: Istimewa)

Dalam pelatihan ini, Kepala Bagian TU Pusdatin Kesos, Mardi Brilian Saleh, mewakili Kepala Pusdatin menyampaikan materi inti tentang kebijakan atau regulasi terkait SIKS-NG dan Pengelolaan DTKS.

Selain dibekali secara teori, para peserta juga mendapatkan praktek secara langsung yang diberikan oleh Tim Teknis Aplikasi SIKS-NG dari Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial (Pusdatin Kesos).

Melalui pelatihan yang diberikan, peserta diharapkan bisa menindaklanjuti hasil pelatihan ketika kembali di tempat tugas masing-masing.

 

(*) 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya