Konser Blackpink Tinggalkan Sampah di GBK, Dinas LH Jakarta: Tanggung Jawab EO dan Pengelola

Konser girl group asal Korea Selatan Blackpink di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu 11 Maret 2023 malam meninggalkan banyak sampah.

oleh Winda Nelfira diperbarui 12 Mar 2023, 16:01 WIB
Diterbitkan 12 Mar 2023, 16:01 WIB
Konser girl group asal Korea Selatan Blackpink di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu (11/3/2023) malam meninggalkan banyak sampah.
Konser girl group asal Korea Selatan Blackpink di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu (11/3/2023) malam meninggalkan banyak sampah. (Merdeka)

Liputan6.com, Jakarta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta menyatakan bahwa kebersihan stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat dari sampah imbas konser girl band asal Korea Selatan Blackpink bukan tanggung jawab DLH DKI Jakarta.

Kepala Seksi Penyuluhan dan Hubungan Masyarakat Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Yogi Ikhwan mengatakan, selama konser Blackpink berlangsung, kebersihan kawasan GBK menjadi tanggung jawab Event Organizer atau operator konser. Dalam hal ini, kata Yogi, EO juga bekerja sama dengan pengelola GBK untuk membersihkan sampah sisa konser.

"Jadi, itu tanggung jawabnya EO-nya kerja sama dengan pengelola GBK nya. Sama saja kaya di mal tanggung jawab sampah mal-nya kan pengelola mal, sama kaya gitu. Venue punya GBK bekerja sama dengan panitia konsernya," kata Yogi kepada Liputan6.com, Minggu (12/3/2023).

Yogi menerangkan, hal itu sesuai dengan ketentuan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah Pasal 12 ayat (2). Di mana Penanggung jawab dan/atau pengelola kawasan permukiman, kawasan komersial, kawasan industri, kawasan khusus, fasilitas umum, fasilitas sosial, fasilitas lainnya dan kegiatan keramaian sesaat wajib melaksanakan pengelolaan sampah.

"Nggak (tanggung jawab Pemprov DKI) itu event keramaian sesaatnya swasta ya. Cuma kita punya panduan pengelolaan sampah sesaat. Apa saja yang mereka lakukan itu. Itu kita punya panduannya. Kita supervisi saja," jelas Yogi.

Yogi menyampaikan bahwa peraturan ini juga berlaku bagi kegiatan keramaian sesaat dalam negeri. Panitia atau promotor acara bertanggung jawab untuk menerapkan pengelolaan sampah saat keramaian sesaat seperti konser itu dihelat.

"Jadi tanggung jawab pengelolanya ya, cuma kita memang supervisi karena kita punya panduannya pengelolaan sampah keramaian sesaat. Jadi kayak konser, kayak event, misalkan kayak Java Jazz tuh mereka dikumpulkan tuh sampahnya, mereka pilah gitu," ungkapnya.

"Jadi harapannya sih semua pelaksana keramaian sesaat, konser, event, dan segala macam itu juga mengelola sampahnya dengan baik, sampahnya dikumpulin, dipilah gitu," lanjut Yogi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sampah Sisa Konser

Konser BLACKPINK Jakarta, Ribuan Fans Padati Kawasan GBK
Fans tiba untuk menyaksikan Konser BLACKPINK di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Sabtu (11/3/2023). Tak hanya berasal dari Jabodetabek, fans dari luar pulau pun rela terbang ke Jakarta demi melihat penampilan Lisa, Rose, Jennie, dan Jisoo. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Konser girl group asal Korea Selatan Blackpink di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu 11 Maret 2023 malam meninggalkan banyak sampah. Berdasarkan pantauan, nampak puluhan kantong plastik sampah hitam besar di berbagai sudut stadion.

Sampah tersebut didominasi botol plastik air minum kemasan. Tak hanya itu, terlihat juga satu mobil bak dan dua petugas yang sedang membersihkan botol kemasan tersebut.

Salah satu petugas tersebut mengungkapkan bahwa sampah yang sedang ia olah merupakan sampah dari konser Blackpink. Ia merasa heran dengan banyaknya sampah yang tersisa dari pagelaran konser musik tersebut.

"Banyak banget (sampahnya). Tadi malam udah diangkut pakai mobil di ring road satu. Itu di dalam ya. Pagi ini udah dari luar-luar pintu sini (bagian pemeriksaan tas sebelum masuk ke area konser), di ring road dua," ujar petugas kebersihan di GBK, Minggu (12/3/2023).

Ia juga mengatakan, banyak botol yang masih berisi air. Akibatnya, butuh waktu lama untuk mengangkut sampah-sampah tersebut.

"Banyak isinya itu. Tapi kan malam sudah diangkut, pagi masih ada (sampahnya)," tambah

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya