Jokowi Sebut Penyerapan Beras Bulog di Sulsel Turun Drastis, Hanya 6 Ribu Ton

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyinggung soal penyerapan beras oleh Perum Bulog pada tahun ini yang menurun cukup drastis jika dibandingkan 2022, khususnya di Sulawesi Selatan (Sulsel).

oleh Lizsa Egeham diperbarui 30 Mar 2023, 14:50 WIB
Diterbitkan 30 Mar 2023, 14:50 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau ketersediaan stok beras di Gudang Bulog Batangase, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Kamis (30/3/2023).
Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau ketersediaan stok beras di Gudang Bulog Batangase, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Kamis (30/3/2023). (Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyinggung soal penyerapan beras oleh Perum Bulog pada tahun ini yang menurun cukup drastis jika dibandingkan 2022, khususnya di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Menurut dia, penurunan disebabkan karena penyerapan beras dari Provinsi Sulawesi Selatan ke provinsi lain meningkat tinggi.

“Memang ada penurunan yang lumayan drastis. Biasanya Maret itu sampai 40 ribu, 50 ribu, ini baru pada bulan yang sama baru 6 ribu ton," kata Jokowi usai meninjau ketersediaan stok beras di Gudang Bulog Batangase, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Kamis (30/3/2023).

Secara nasional, pemerintah menargetkan target penyerapan cadangan beras pemerintah (CBP) oleh Bulog pada tahun ini mencapai 2,4 juta ton. Jokowi mengatakan pemerintah akan terus berupaya untuk memastikan kembali ketersediaan beras di seluruh provinsi di Indonesia.

"Kita harapkan stok di semua provinsi, persediaan beras di semua provinsi itu pada kondisi yang normal," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga menyambut baik rencana pemerintah daerah untuk membangun pasar induk beras di Sulawesi Selatan. Keberadaan passt induk dinilai dapat mempermudah kontrol stok beras.

"Ya bagus, kalau ada pasar induk itu mengontrolnya mengontrol stok, mengontrol perputaran uang di perberasan menjadi lebih mudah. Seperti kita punya pasar induk di Cipinang stoknya harus berapa, bulan ini harus berapa menjadi jelas," jelas Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mudahkan Daerah untuk Mengontrol Ketersediaan Beras

Sulawesi Selatan Surplus 2 Juta Ton Beras, Jokowi Minta Kementan Distribusikan ke Wilayah Lain
Presiden Jokowi bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat meninjau panen raya padi di Kelurahan Baji Pamai, Kecamatan Maros Kota, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Kamis, 30 Maret 2023.

Menurut dia, adanya pasar tersebut akan memudahkan daerah untuk mengontrol ketersediaan beras di sana. Selain itu, pasar tersebut akan memudahkan para petani dalam menjual hasil pertaniannya.

"Di sini pun juga gitu kalau nanti ada pasar induk itu akan memudahkan petani untuk menjualnya di mana, memudahkan Sulawesi Selatan untuk menentukan ini bisa dijual keluar atau di stok untuk kebutuhan sendiri menjadi jelas," tutur Jokowi.

INFOGRAFIS JOURNAL Negara dengan Konsumsi dan Produksi Beras Jadi Nasi Terbanyak di Dunia
INFOGRAFIS JOURNAL Negara dengan Konsumsi dan Produksi Beras Jadi Nasi Terbanyak di Dunia (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya