Ida Dayak, Wanita Asal Kalimantan yang Lakukan Pengobatan Alternatif Bisa Sembuhkan Berbagai Macam Penyakit

Belakangan ini nama Ida Dayak cukup viral di sosial media (sosmed). Viralnya Ida Dayak karena pengobatan alternatif yang dilakukannya. Pasalnya Ida Dayak mengaku bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 06 Apr 2023, 14:54 WIB
Diterbitkan 06 Apr 2023, 14:54 WIB
Belakangan ini nama Ida Dayak cukup viral di sosial media (sosmed). Viralnya Ida Dayak karena pengobatan alternatif yang dilakukannya. Pasalnya Ida Dayak mengaku bisa menyembuhkan berbagai penyakit.
Belakangan ini nama Ida Dayak cukup viral di sosial media (sosmed). Viralnya Ida Dayak karena pengobatan alternatif yang dilakukannya. Pasalnya Ida Dayak mengaku bisa menyembuhkan berbagai penyakit. (Foto: Tangkapan layar TikTok @idadayak7)

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini nama Ida Dayak cukup viral di sosial media (sosmed). Viralnya Ida Dayak karena pengobatan alternatif yang dilakukannya. Pasalnya, Ida Dayak mengaku bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Ida Dayak ini juga bahkan sempat mengaku jika ia pernah membuat pasien yang asalnya tuli dan bisa menjadi bisa mendengar dan berbicara. Penyakit lain yang biasa disembuhkannya mulai dari keseleo, salah urut, dan tulang bengkok.

Yang menarik perhatian banyak orang tidak hanya pengobatan alternatifnya saja, namun juga penampilan Ida Dayak yang cukup mencolok. Ia mengenakan pakaian serta aksesoris khas Dayak.

Ida Dayak sendiri dikenal oleh publik setelah mengaku bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Ia juga menyebutkan jika bisa melakukan pengobatan sesuai dengan agama Islam dengan mengucapkan kalimat tauhid sebelum melakukan pengobatan tersebut.

"Sesuai agama saya, saya Islam, saya muslim, saya mulai pengobatan ini dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim," ujar Ida Dayak dalam sebuah cuplikan video.

Selain itu, sosok Ida Dayak juga menuai simpati lantaran perempuan berusia 51 tahun itu tidak memungut biaya untuk jasa pengobatan yang dilakukannya.

Kian hari, kian banyak warga masyarakat yang berminat mengupayakan kesembuhan dengan berobat pada Ida Dayak. Namun rupanya ada saja oknum tidak bertanggung jawab, memungut biaya dengan kedok pendaftaran pengobatan alternatif Ida Dayak.

Berikut mengenal secara singkat Ida Dayak, wanita asal Kalimaantan yang memberikan pengobatan alternatif dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Kenakan Pakaian Dayak dan Metode Pengobatan yang Digunakan

5 Fakta Ibu Ida Dayak, Viral Karena Pengobatan Alternatif Hingga Bikin Macet Jalan
Pengobatan Ibu Ida Dayak. (Sumber: Instagram/ibu_ida_dayak)

Ida Dayak merupakan wanita kelahiran Pasir Belengkong, Kabupaten Pase, Kalimantan Timur pada 3 Juli 1972.

Ia memiliki nama asli Ida Andriyani. Saat melakukan pengobatan, Ida selalu mengenakan pakaian adat dan aksesoris khas suku Dayak.

Ida Dayak melakukan pengobatan sesuai dengan Agama Islam. Ia memulai pengobatan dengan melafalkan kalimat tauhid. Ida Dayak mengaku dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

"Sesuai agama saya, saya Islam, saya muslim, saya mulai pengobatan ini dengan mengucapkan Bismillahirohmanirohim," ucap Ida Dayak dalam sebuah tayangan video.

"Kalau ada ibu-bapak yang punya gondok besar di leher, yang lumpuh-lumpuh di rumah, tetangga bawah ke sini, lumpuh satu tahun, stroke dua tahun nggak bisa jalan bawah ke sini," imbuhnya.

Metode penyembuhan Ibu Ida Dayak terbilang simpel dan cepat. Dia hanya melakukan ritual menari dan diurut dengan dioleskan minyak berwarna merah yang diberi nama Ida Dayak Minyak Bintang.

Minyak ini sudah lama dikenal masyarakat suku Dayak Kalimantan sebagai salah satu obat tradisional yang digunakan turun-temurun. Namun, perlu hati-hati jika ingin membali minyak ini lantaran banyak penipuan.

 


2. Dikenal dari Video Viral, Mulanya Melakukan Pengobatan Keliling

Pengobatan Ida Dayak
Pengobatan alternatif Ida Dayak di area Kostrad Cilodong, Depok, Senin (3/4/2023), dipadati warga yang ingin mendapatkan kesembuhan. (Liputan6.com/ Dok Ist @Mas_p4rjo)

Sosok Ida Dayak mulai dikenal karena videonya di TikTok yang tengah menyembuhkan pasien. Ia mengaku dapat membuat pasien yang tadinya tuli dan bisu bisa kembali mendengar dan berbicara.

Ida Dayak juga mengaku dapat menyembuhkan berbagai keluhan penyakit, seperti stroke dan meluruskan tulang bengkok, keseleo, dan sarah urut.

Ida Dayak awalnya melakukan pengobatan dengan cara berkeliling. Ia berkeliling dari pasar ke pasar untuk menjalankan praktik pengobatannya. Ida Dayak pernah keliling hingga Papua, Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera.

Sebelum terkenal, Ida Dayak berkeliling dari pasar ke pasar dalam menjalankan praktik pengobatannya.Perempuan berusia 51 tahun ini bahkan mengaku pernah keliling hingga Papua, Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera.

Senin, 3 April 2023, Ibu Ida Dayak menggelar pengobatan alternatif di GOR Divif 1 Kostrad, Jalan Raya Bogor-Jakarta Km 39 Cilodong, Depok, Jawa Barat. Pengobatan akan berlangsung hingga Selasa 4 April 2023. Pengobatan ini dihadiri ratusan orang. Banyaknya orang yang ingin berobat menimbulkan kemacetan di Cilodong.

 


3. Mulai Banjir Pasien hingga Diundang Pejabat

5 Fakta Ibu Ida Dayak, Viral Karena Pengobatan Alternatif Hingga Bikin Macet Jalan
Pengobatan Ibu Ida Dayak. (Sumber: Instagram/ibu_ida_dayak)

Nama Ida Dayak semakin dikenal luas. Ia pun melakukan pengobatan alternatif di Depok, Jawa Barat. Lokasi pengobatan tersebut pun dipadati ratusan orang. Hal ini membuat kemacetan di tempat pengobatan.

Terlebih pengobatan Ida Dayak tak memungut biaya. Ia hanya menjual minyak racikannya dengan harga Rp50 ribu per botol.

Pengobatan Ida Dayak begitu dikenal oleh masyarakat. Ida Dayak bahkan pernah diundang beberapa instansi pemerintah dan pejabat.

Ia mengaku pernah diundang ke kediaman Letjen (Purn) AM Hendropriyono. Pengobatan tersebut juga dihadiri oleh Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa dan istri.

 


4. Andika Perkasa Sempat Takjub dengan Pengobatan Alternatif Ida Dayak

5 Fakta Ibu Ida Dayak, Viral Karena Pengobatan Alternatif Hingga Bikin Macet Jalan
Pengobatan Ibu Ida Dayak. (Sumber: Instagram/ibu_ida_dayak)

Dari tayangan video TikTok @belinya_disini38, yang beredar luas, Andika Perkasa dan keluarganya sempat menyaksikan pengobatan Ida Dayak. Dalam video tersebut, Ida tampak sedang melakukan pengobatan terhadap seorang pria.

Andika merasa takjub dengan perempuan asal Pasir Belengkong, Kabupaten Paser itu, saat dirinya membacakan mantra dan melakukan penyembuhan.

"Alhamdulillah, terima kasih Bapak Andika Perkasa dan Ibu Hetty yang telah mendatangkan Ibu Ida Dayak," tulis keterangan di video yang beredar tersebut.

Video itu pun mengundang reaksi warganet, tak jarang dari mereka memuji aksi Ida Dayak dan menyebutnya sebagai 'the real' pahlawan bagi masyarakat. Warganet juga berkeinginan bisa bertemu langsung dengan Ida Dayak dan melakukan pengobatan.

Andika yang melihat langsung proses pengobatan itu menyebut, Ida Dayak punya jam terbang tinggi sehingga dengan cepat mampu mengidentifikasi penyakit pasien.

"Kita lihat sendiri, dia punya skill, kalau dilihat dari jam terbang sudah banyak sekali. Identifikasi masalah cepat sekali, langsung memutuskan ini 2 menit atau 7 menit, begitu banyak jam terbang yang beliau lakukan," kata Andika.

Tak hanya Andika Perkasa, sebelumnya Jenderal TNI (Purn) AM Hendropriyono juga mengakui kehebatan Ida Dayak. Bahkan dirinya proses penyembuhan yang dilakukan Ida Dayak sangat ajaib.

"Terbukti semua, bahwa bisa menyembuhkan, sesuatu yang ajaib. Yang merupakan kearifan lokal yang harus kita angkat sebagai tradisi yang unggul," katanya.

 


5. Sebut Pengobatan Alternatif Ida Dayak Gratis, Tak Dipungut Biaya Sama Sekali

Sosok Ida Dayak, perempuan yang menggelar alternatif dengan pakaian Dayak lengkap dan berbekal minyak oles yang ia beri nama minyak bintang.
Sosok Ida Dayak, perempuan yang menggelar alternatif dengan pakaian Dayak lengkap dan berbekal minyak oles yang ia beri nama minyak bintang. (Foto: Screenshot YouTube Merdeka.com).

Meski selalu diserbu oleh warga, wanita yang sejak 2021 tinggal Ciwalen, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, ini tidak memungut biaya dalam mengobati pasiennya alias gratis. Dia hanya hanya menjual minyak racikannya sendiri dengan harga wajar, Rp50.000 per botol.

Melalui akun TikTok @idadayak7, Ida Dayak memberi klarifikasi mengenai hal tersebut.

"Banyak penipuan, jangan percaya untuk daftar-daftar uang untuk ketemu Ibu Ida, itu enggak ada. Itu hanya penipuan aja. Jangan mau, sebab ketemu Ibu Ida langsung ketemu, tidak pakai uang. Tidak ada pakai pendaftaran-pendaftaran," tuturnya dalam sebuah video TikTok yang diunggahnya sekitar 4 hari lalu.

"Ketemu Ibu Ida tuh gratis aja. Pengobatannya juga gratis," Ida Dayak menekankan. "Jangan mau ditipu lah."

Anggota tim Ida Dayak juga turut menguatkan klarifikasi perempuan tersebut. Menurutnya, Ida Dayak tidak pernah meminta biaya transfer terkait pengobatannya. Demikian pula dengan obat atau minyak obat yang dijual oleh Ida Dayak tidak lebih dari Rp50 ribu.

Dalam unggahan yang sama, Ida Dayak dan tim mengimbau pada warga yang hendak mencoba pengobatan alternatif Ida Dayak namun datang dari jauh atau luar kota untuk mengurungkan niat sementara waktu ini.

Pasalnya, Ida Dayak khawatir tidak mampu mengobati karena saat ini telah begitu banyak pasien yang tengah ditanganinya.

"Jangan dulu datang, karena ini banyak yang tidak mampu ditangani, karena--aduh--terlalu banyak jadi tenaga itu ndak sanggup. Jadi jangan dulu datang. Nanti lah, lain kali, kapan-kapan, kalau ini sudah selesai dulu ditangani," Ida Dayak menjelaskan.

Infografis STOP! Jangan Minum Obat Sirup Dulu, Termasuk Parasetamol Cair
Infografis STOP! Jangan Minum Obat Sirup Dulu, Termasuk Parasetamol Cair (Liputan6/com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya