Viral Rumah DP Rp 0 Dijadikan Indekos, Pemprov DKI Bakal Panggil Pemilik Unit

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menjadwalkan pemanggilan terhadap pemilik hunian Rumah DP Rp 0 yang kedapatan memasarkan huniannya Rumah DP Rp 0 Menara Samawa, di Pondok Kelapa, Jakarta Timur untuk indekos.

oleh Winda Nelfira diperbarui 22 Jun 2023, 18:20 WIB
Diterbitkan 22 Jun 2023, 18:20 WIB
FOTO: Melihat Lebih Dekat Rusun DP 0 Rupiah
Suasana di Menara Samawa, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Selasa (27/10/2020). Menurut Plt Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Sarjoko, 470 dari 780 unit hunian di Menara Samawa yang terdiri atas tiga tipe itu telah terjual. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menjadwalkan pemanggilan terhadap pemilik hunian Rumah DP Rp 0 yang kedapatan memasarkan huniannya Rumah DP Rp 0 Menara Samawa, di Pondok Kelapa, Jakarta Timur untuk indekos.

"Kepada pemiliknya akan dijadwalkan Pemanggilan klarifikasi tanggal 4 Juli 2023 hari Selasa pukul 09.00 WIB di kantor UPDP (Unit Pengelola Dana Perumahan)," kata pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Retno Sulistyaningrum saat dikonfirmasi, Kamis (22/6/2023).

Retno menjelaskan, keputusan untuk memanggil pemilik unit hunian diambil pihaknya, usai dilakukan investasi langsung di lokasi. Diketahui, unit Rumah DP Rp 0 Menara Samawa yang viral dipasarkan itu dalam keadaan kosong.

"Ini terkait rumah DP Rp 0 langsung saja ya. Jadi gini tim saya kemaren sudah investigasi ke lapangan ya gitu. Memang ditemukan di lapangan, unitnya kosong," ungkap Retno.

Pemilik unit hunian, lanjut Retno bakal dimintai keterangan lebih lanjut perihal kebenaran video viral. Menurut dia, apabila terbukti hunian memang disewakan pemilik akan ditindak dan diberi peringatan.

"Jika nanti terbukti. Tapi kan nggak bisa langsung (Ditindak) begitu ya, harus ada peringatan, 1, 2, 3," kata dia.

Diketahui, viral rekaman video yang diunggah pemilik akun Instagram @nafishalydia. Dalam video berdurasi 1 menit 6 detik itu, tarif sewa mencapai Rp 1 juta per bulan tanpa biaya iuran pengelolaan lingkungan (IPL).

"Kalian yang lagi cari kosan yang nyaman dan harganya murah, sini aku kasih tau rekomendasi kos murah di Jakarta Timur," tutur wanita dalam rekaman video saat mendeskripsikan hunian, dikutip Rabu 21 Juni 2023.

Rekaman video, memperlihatkan seisi ruang, mulai dari toilet, kamar, hingga beberapa fasilitas elektronik yang bakal didapat pihak yang menyewa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ada Stiker Program DP 0 Rupiah

FOTO: Melihat Lebih Dekat Rusun DP 0 Rupiah
Calon konsumen mendaftar unit di kantor marketing Menara Samawa, Pondok Kelapa, Jakarta, Selasa (27/10/2020). Sebanyak 470 dari 780 unit hunian di Menara Samawa yang terdiri atas tiga tipe itu telah terjual. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Keberadaan stiker putih bertuliskan 'Program DP Nol Rupiah Fasilitas Pemilikan Rumah Sejahtera Pemerintah Provinsi DKI Jakarta' yang tertempel di pintu masuk hunian yang ada dalam video lah yang kemudian memperkuat dugaan hunian tersebut benar merupakan rumah DP Rp 0.

Sayangnya, usai viral kini unggahan video itu tak lagi ditemukan di akun Instagram @nafishalydia. Video diduga telah dihapus atau diarsipkan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya